• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Diketahui, Ini Fungsi Colostomy Bag dan Jenisnya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Diketahui, Ini Fungsi Colostomy Bag dan Jenisnya

Jarang Diketahui, Ini Fungsi Colostomy Bag dan Jenisnya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 10 Agustus 2022

“Pada dasarnya kantong kolostomi dipergunakan untuk mengumpulkan kotoran dari stoma. Di sisi lain, kantong kolostomi diketahui terbagi menjadi beberapa jenis, berdasarkan cara pemasangan dan durasi penggunaannya.”

Jarang Diketahui, Ini Fungsi Colostomy Bag dan JenisnyaJarang Diketahui, Ini Fungsi Colostomy Bag dan Jenisnya

Halodoc, Jakarta – Mengidap penyakit atau kondisi tertentu dapat memengaruhi dan menghambat fungsi organ dalam tubuh Misalnya seperti usus besar, rektum, atau anus yang tidak mampu berfungsi secara normal sehingga menimbulkan gangguan pencernaan. Alhasil, mereka yang mengalami masalah pada beberapa organ pencernaan tersebut, akan menjalani prosedur pembedahan kolostomi. 

Perlu diketahui bahwa kolostomi merupakan tindakan pembuatan lubang di bagian perut sebagai saluran pengganti pembuangan feses atau tinja. Nantinya, orang tersebut akan menggunakan kantong kolostomi atau colostomy bag pasca menjalani prosedur operasi. Namun, kira-kira apa saja fungsi kantong kolostomi? Yuk, simak informasinya di sini! 

Inilah Fungsi Kantong Kolostomi 

Selama operasi kolostomi, ujung usus besar akan dibawa melalui lubang di perut untuk membentuk perlubangan sementara atau permanen, yang biasa disebut stoma. 

Stoma sendiri berfungsi untuk mengalihkan aliran feses atau urine dari usus atau kandung kemih. Tidak seperti anus, stoma yang dibuat pasca kolostomi tidak memiliki otot atau ujung saraf.  Akibatnya, seseorang tidak dapat mengontrol laju pembuangan kotoran baik saat buang air kecil atau besar. 

Sebagai gantinya, sebuah kantong, yang disebut kantong kolostomi, dipergunakan melewati stoma untuk mengumpulkan kotoran tersebut.

Jenis-Jenis Kantong Kolostomi 

Colostomy bag diketahui terbagi menjadi beberapa jenis, seperti: 

  • Sistem one piece. Kantong ini akan dilekatkan dengan perekat lembut di sekitar stoma. Saat kamu membutuhkan tas baru yang kosong, kamu hanya perlu melepas semuanya dan menggantinya dengan tas yang baru. Beberapa dari sistem ini menggunakan liner flushable.
  • Sistem dua bagian. Colostomy bag yang satu ini akan menggunakan pelat dasar yang akan terpasang dengan erat di sekitar stoma. Nantinya, kantong kolostomi akan disangkutkan pada pelat dasar tersebut. Jenis colostomy bag ini biasanya perlu diganti setiap dua hingga tiga hari. 
  • Kantong tertutup. Jenis colostomy bag ini paling baik dipergunakan untuk tinja yang keras. Perlu diketahui bahwa jenis colostomy bag ini perlu diubah selama dua kali sehari. 
  • Kantong yang dapat dikeringkan. Merupakan jenis kantong yang paling baik digunakan jika tinja bertekstur sangat cair. Jenis kantong ini perlu diganti setiap dua atau tiga hari sekali. 
  • Kantong ukuran mini. Kantong kolostomi mini adalah tas kecil yang hanya dapat dipakai dalam waktu singkat. 

Tips Menggunakan Kantong Kolostomi 

Baik yang bersifat permanen atau temporer, penggunaan kantong kolostomi membutuhkan pembiasaan diri. Agar dapat terbiasa, berikut adalah tips penggunaan colostomy bag

1. Beritahu Orang-Orang Terdekat

Kamu mungkin merasa kurang percaya diri untuk menunjukkan kantong kolostomi kepada orang-orang terdekat. Namun, hal ini penting dilakukan agar orang-orang di sekitar mengerti akan kondisimu, dan dapat membantumu ketika kamu membutuhkan bantuan. 

2. Perhatikan Cara Menyimpannya 

Kamu dapat mengosongkan kantong kolostomi setelah sepertiga penuh, sehingga tidak akan menempel di bawah pakaian. Selain itu, kantong yang aman tidak boleh bocor dan harus tahan bau.

3. Tetap Aktif

Jika masih bisa berolahraga, diskusikanlah dengan dokter tentang kapan harus mengenakan pakaian pendukung atau pelindung stoma saat olahraga.

Itulah penjelasan mengenai fungsi kantong stoma dan beberapa jenisnya yang jarang diketahui. Pada dasarnya kantong kolostomi dipergunakan untuk mengumpulkan kotoran. 

Kantong kolostomi diketahui terbagi menjadi beberapa jenis. Mulai dari jenis sistem one piece, sistem dua bagian, jenis kantong tertutup, hingga kantong berukuran mini. Baik yang bersifat permanen atau temporer, penggunaan colostomy bag membutuhkan pembiasaan diri. Oleh karena itu, pastikan untuk benar-benar mengikuti arahan dokter dalam penggunaannya. 

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar kantong kolostomi, segeralah hubungi dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter terpercaya untuk mendapatkan informasi medis yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

WebMD. Diakses pada 2022. Guide to Colostomy Bags. 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Colostomy.