• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Diketahui, Ini Khasiat Buah Mengkudu untuk Pria
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Diketahui, Ini Khasiat Buah Mengkudu untuk Pria

Jarang Diketahui, Ini Khasiat Buah Mengkudu untuk Pria

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 07 Desember 2021
Jarang Diketahui, Ini Khasiat Buah Mengkudu untuk Pria

“Khasiat buah mengkudu memang sudah terkenal sejak lama. Namun ternyata, buah ini juga punya banyak manfaat untuk kesehatan pria, seperti membantu mencegah kanker prostat, hingga mencegah kerusakan sel tubuh akibat kebiasaan merokok. Buah ini pun bisa diolah menjadi berbagai olahan lezat dan kaya nutrisi.”

Halodoc, Jakarta – Buah mengkudu merupakan salah satu buah yang sebenarnya membawa banyak manfaat kesehatan. Namun, karena aromanya yang kurang sedap dan rasanya yang sangat pahit, membuat orang enggan mengonsumsinya secara rutin. Tidak hanya untuk kesehatan secara rutin, khasiat buah mengkudu untuk kesehatan pria juga banyak dan sayang untuk dilewatkan.

Seperti untuk perokok, konsumsi buah ini dengan cara dijus atau dibuat makanan sehat lainnya diduga mampu mengurangi kerusakan sel akibat tembakau. Buah ini juga bisa menurunkan kolesterol yang sering naik akibat kebiasaan buruk ini. 

Masih ingin tahu khasiat buah mengkudu untuk pria? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Khasiat Buah Mengkudu untuk Pria

Berikut ini adalah khasiat buah mengkudu untuk kesehatan pria yang sayang untuk dilewatkan! 

  • Menambah Stamina

Khasiat buah mengkudu untuk pria pertama yang sayang untuk dilewatkan adalah kemampuannya dalam meningkatkan stamina. Buah ini bisa mengurangi rasa lelah dan akan meningkatkan daya tahan pria saat sedang berolahraga. Khasiat ini diduga datang berkat kandungan antioksidannya yang tinggi sehingga ia akan mengurangi kerusakan jaringan otot yang biasa terjadi saat berolahraga.

  • Mencegah Kanker Prostat

Tidak hanya buah, daun mengkudu juga punya manfaat untuk pria yang sangat besar, yakni mencegah terjadinya kanker prostat. Manfaat ini diduga karena kandungan beta karoten di dalamnya yang sudah terbukti mampu menyehatkan tubuh. 

Selain itu, jika kamu konsumsi daun mengkudu secara teratur, maka kandungan beta karotennya ini akan dapat mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh paparan radikal bebas. Hebatnya lagi, konsumsi beta karoten dalam jangka panjang dalam dosis tertentu juga dinilai mampu mengurangi risiko munculnya kanker prostat pada pria yang merokok.

  • Mengurangi Kerusakan di Sel Tubuh

Seperti yang sudah dibahas singkat sebelumnya, khasiat buah mengkudu salah satunya adalah mengurangi kerusakan sel yang terjadi akibat kebiasaan merokok. Pada perokok, kerusakan sel ini dapat dengan mudah terjadi yang menyebabkan terjadinya stres oksidatif di dalam tubuh.

Stres oksidatif ini yang kemudian akan meningkatkan risiko seorang pria terkena berbagai penyakit. Misalnya, penyakit jantung, diabetes, hingga kanker. Namun, tetap perlu diingat bahwa bukan berarti mengonsumsi buah mengkudu bisa membuat para perokok terhindar dari berbagai efek negatif. Hal yang paling tepat adalah berhenti merokok dan menerapkan gaya hidup sehat lainnya. 

  • Menurunkan Kolesterol 

Konsumsi jus mengkudu setiap hari selama satu bulan diduga mampu mengurangi kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh secara drastis. Namun, objek penelitian pada uji coba ini adalah para perokok berat, seperti kebanyakan pria. Jadi sayangnya hasil ini tidak bisa diaplikasikan untuk semua orang.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kebanyakan pria dituntut untuk selalu aktif, oleh karena itu penting bagi mereka untuk memiliki daya tahan tubuh yang baik. Untungnya, khasiat buah mengkudu juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Ini karena buah mengkudu mengandung vitamin C yang memang diketahui dapat meningkatkan sistem imun dengan melindungi sel-sel dari paparan radikal bebas. 

Itulah beberapa manfaat buah mengkudu untuk kesehatan pria. Namun, jika kamu mengalami gejala kesehatan yang mengkhawatirkan, kamu perlu melakukan pemeriksaan di rumah sakit. Untungnya kini kamu bisa buat janji dengan dokter di rumah sakit pakai Halodoc. Praktis bukan? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang! 

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What Is Noni Juice? Everything You Need to Know.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What is Noni Juice, and Is It Beneficial?