• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Diketahui, Ini Manfaat 7 Daun Bangun Bangun
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Diketahui, Ini Manfaat 7 Daun Bangun Bangun

Jarang Diketahui, Ini Manfaat 7 Daun Bangun Bangun

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 10 Agustus 2022

“Daun bangun bangun mengandung berbagai zat gizi yang baik untuk kesehatan, dan dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Contohnya, melancarkan ASI, meredakan demam, dan merawat kulit.”

Jarang Diketahui, Ini Manfaat 7 Daun Bangun BangunJarang Diketahui, Ini Manfaat 7 Daun Bangun Bangun

Halodoc, Jakarta – Daun bangun bangun (Coleus amboinicus Lour) merupakan salah satu tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat alami atau herbal. Tanaman yang tumbuh liar ini mengandung berbagai zat gizi dan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Bahkan, tanaman ini juga  bisa mengatasi berbagai macam penyakit. Misalnya untuk mengobati sakit kepala, demam, dan sariawan.

Manfaat lainnya dapat dirasakan oleh ibu yang baru melahirkan. Jika air rebusan daun bangun bangun diminum setelah persalinan, maka ASI dapat keluar dengan lancar. Sementara itu di Sumatera Utara, daun yang bentuknya mirip dengan daun mint ini digunakan sebagai bahan masakan. Salah satunya sebagai bumbu untuk memasak gulai, sup, atau masakan yang dicampur dengan santan.

Manfaat Daun Bangun Bangun untuk Kesehatan

Mengingat tanaman bangun bangun tumbuh liar dan mungkin pernah kamu temui, akan sangat disayangkan jika kamu melewatkan manfaatnya. Berikut ini manfaat daun bangun bangun yang dapat dirasakan:

  1. Melancarkan ASI

Ibu menyusui tentu perlu mencukupi asupan nutrisi dan cairan tubuh supaya produksi ASI bisa lancar dan banyak. Untuk memperlancar ASI, ibu menyusui bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan atau tanaman herbal, termasuk daun bangun-bangun.

Tanaman ini telah lama dimanfaatkan secara turun-temurun sebagai obat alami untuk memperlancar ASI. Sebab daun bangun bangun mengandung senyawa galaktagog yang mampu meningkatkan suplai ASI.

  1. Mengatasi Masalah Pernapasan

Jika kamu mengalami pilek, sakit tenggorokan hidung tersumbat, atau sinus, kamu bisa mengunyah daun bangun-baung atau menyeduh teh dari daunnya. Senyawa yang terkandung dalam daun ini dapat berfungsi sebagai ekspektoran untuk menghilangkan lendir dan dahak dari saluran pernapasan. Selain itu daun ini juga dapat membersihkan sinus, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Meredakan Demam

Jika kamu mengidap pilek atau flu, gejala yang umum terasa adalah demam. Nah, daun bangun bangun bisa kamu manfaatkan sebagai obat. Daun ini dianggap sebagai sudorific, artinya dapat merangsang keringat dan membersihkan racun melalui kulit, serta mempercepat proses pemulihan.

  1. Mencegah Sindrom Iritasi Usus

Dalam pengobatan tradisional, daun bangun bangun juga biasa digunakan untuk meredakan sakit perut dan sindrom iritasi usus besar. Selain itu daun ini juga dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan meredakan peradangan perut. Untuk mendapatkan manfaat ini kamu perlu menyeduh daun bangun bangun sebagai teh.

  1. Merawat Kulit

Manfaat daun bangun bangun yang paling populer yaitu efektif dalam merawat kulit. Terutama akibat gigitan serangga, eksim, hingga psoriasis. Daun bangun bangun memiliki senyawa antiinflamasi yang dapat dengan cepat mengurangi kemerahan dan pembengkakan, sekaligus menghilangkan gatal dan iritasi.

  1. Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Daun bangun bangun juga memiliki sifat diuretik yang sangat efektif untuk membersihkan tubuh dari racun. Caranya yaitu dengan merangsang buang air kecil. Saat daun bangun bangun bekerja di tubuh, ia akan mengurangi jumlah kelebihan garam, lemak, dan air dalam tubuh. Hal ini tentu akan menjaga ginjal dan sistem limfatik berfungsi dengan lancar.

  1. Mengandung Vitamin C dan A yang Baik untuk Tubuh

Di dalam daun bangun bangun terkandung asam askorbat yang dapat dimanfaatkan sebagai penguat sistem kekebalan tubuh. Sementara itu, kandungan karotenoid dan vitamin A di dalamnya dapat membantu meningkatkan penglihatan, mengurangi stres oksidatif pada mata, dan mencegah degenerasi makula.

Itulah yang perlu diketahui tentang manfaat daun bangun bangun. Jika kamu ingin memanfaatkan daun bangun bangun, tidak ada salahnya juga untuk bertanya pada dokter di Halodoc tentang dosis dan aturan konsumsinya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Organic Facts. Diakses pada 2022. 8 Health Benefits Of Indian Borage (Mexican Mint)
RRI. Diakses pada 2022. Tak Hanya Meredakan Batuk, Inilah 6 Manfaat Daun Bangun-bangun bagi Kesehatan Tubuh
Tabloid Sinartani. Diakses pada 2022. Kurang Populer, Daun Bangun-Bangun Simpan Manfaat Berlipat