• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Diketahui, Ini Manfaat Buah Jamblang Bagi Ibu Hamil

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Buah Jamblang Bagi Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Jarang Diketahui, Ini Manfaat Buah Jamblang Bagi Ibu Hamil

“Buah jamblang kaya akan nutrisi penting, misalnya seperti kalsium, vitamin C, zat besi, kalium, dan juga antioksidan. Berkat kandungan nutrisinya, buah jamblang tentunya dapat memberikan banyak manfaat bagi ibu selama masa kehamilan. Salah satu manfaat yang bisa diperoleh adalah memperkuat tulang, sehingga dapat membantu menopang berat tubuh yang meningkat selama hamil.”

Halodoc, Jakarta – Selama masa kehamilan, asupan yang akan dikonsumsi tentu harus diperhatikan dengan baik. Pasalnya, makanan tertentu dapat membahayakan kehamilan, tetapi beberapa makanan juga mengandung nutrisi tinggi dan bagus bila dikonsumsi saat hamil. Salah satu makanan yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil adalah buah-buahan. 

Nah, salah satu buah yang dapat dikonsumsi selama kehamilan adalah buah jamblang. Buah yang berwarna hitam dan berbentuk seperti anggur ini kaya akan manfaat bagi ibu hamil. Apa saja ya manfaatnya? Simak penjelasannya di sini!

Manfaat Buah Jamblang Selama Kehamilan

Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, buah jamblang memiliki beberapa manfaat yang penting untuk masa kehamilan, antara lain:

  1. Memperkuat Tulang

Buah jamblang kaya akan nutrisi penting, misalnya seperti kalsium, vitamin C, zat besi, kalium, dan juga antioksidan. Kandungan vitamin dan mineral tersebut dapat memperkuat tulang dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Sementara itu, tulang yang kuat sangatlah dibutuhkan oleh ibu selama masa kehamilan. Sebab, tubuh menjadi lebih berat saat hamil, sehingga tulang yang kuat berperan penting dalam menopang beban tubuh.

  1. Melancarkan Pencernaan

Mengonsumsi buah jamblang secara teratur dapat membantu mengatasi diare dan maag. Selain itu, kandungan nutrisi pada buah jamblang yang baik untuk pencernaan juga dapat membantu menangani sindrom iritasi usus. Penyakit tersebut dapat membaik secara alami, sehingga ibu dapat merasakan manfaat memiliki perut yang sehat.

Baca juga: 4 Sayuran Ini Penting untuk Nutrisi Ibu Hamil

  1. Mengurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi

Dilansir dari Parenting First Cry, buah jamblang mengandung potasium dan antioksidan yang tinggi. Kandungan tersebut dapat meningkatkan energi ibu selama kehamilan. Selain itu, berkat kandungan antioksidan dan potasium tersebut juga dapat membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Perlu diketahui bahwa di dari 100 gram buah jamblang, ibu dapat memperoleh 50 miligram potasium.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah jamun atau jamblang kaya akan antioksidan, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal tersebut dapat melindungi ibu dari risiko infeksi berbagai penyakit. Selain itu, buah jamblang juga dapat meningkatkan jumlah sel darah merah pada tubuh, sehingga dapat mencegah penyakit seperti anemia. 

  1. Mendorong Perkembangan Penglihatan Bayi

Selain kaya akan antioksidan, buah jamblang juga tinggi akan kandungan vitamin A. Vitamin A sendiri adalah nutrisi penting yang dibutuhkan dalam mendorong perkembangan penglihatan bayi. 

Baca juga: 4 Tips Mengolah Wortel Menjadi Makanan yang Lezat

  1. Menjaga Kesehatan Mulut

Buah jamblang dikenal dengan sifat antibakterinya dan efektif dalam mencegah berbagai masalah pada gigi. Mengonsumsi buah jamblang selama kehamilan tentu dapat membantu menjaga kesehatan mulut ibu.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ibu perlu tahu akan manfaat dari mengonsumsi buah jamblang untuk kesehatan jantung. Buah jamblang dapat mengatur tingkat tekanan darah yang secara substansial dapat menurunkan risiko serangan jantung. Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah jamblang dapat mengurangi dan mengatasi peradangan. Hal tersebut juga dapat melindungi pembuluh jantung dari kerusakan.

Selain itu, buah jamblang juga diperkaya oleh kalium yang berfungsi untuk mengatur detak jantung pada tubuh. Apabila ibu mengonsumsi buah ini, maka aliran darah dalam tubuh akan menjadi lebih lancar, sehingga kondisi jantung pun dapat menjadi lebih sehat.

  1. Menurunkan Risiko Kelahiran Prematur

Kandungan magnesium yang tinggi pada buah jamblang sangatlah penting untuk ibu hamil. Sebab, magnesium berperan dalam menghindari dan menurunkan risiko kelahiran bayi secara prematur.

Batas Konsumsi Buah Jamblang yang Aman Bagi Ibu Hamil

Dilansir dari Mom Junction, konsumsi buah jamblang satu porsi (enam sampai tujuh buah sehari) dianggap aman dan tidak diketahui dapat menyebabkan masalah bagi ibu hamil dan bayinya. Namun, ada baiknya untuk mendiskusikannya dengan dokter kandungan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar Ibu mengetahui berapa banyak buah jamblang yang aman untuk dikonsumsi setiap harinya.

Baca juga: Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Selama Kehamilan Muda

Nah, itulah beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari konsumsi buah jamblang selama kehamilan. Namun, jangan sampai Ibu mengonsumsinya secara berlebihan ya, meski belum diketahui apa bahayanya. 

Memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh selama kehamilan sangatlah penting bagi kesehatan ibu dan perkembangan janin. Selain dari konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang dan buah-buahan, ibu juga dapat memenuhi asupan nutrisi penting melalui konsumsi vitamin dan suplemen.

Melalui aplikasi Halodoc, ibu dapat membeli vitamin atau suplemen sesuai kebutuhan. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantri berlama-lama di apotek. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Mom Junction. Diakses pada 2021. Is It Safe To Eat Jamun During Pregnancy?
Parenting First Cry. Diakses pada 2021. Eating Jamun During Pregnancy