• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Bunga Melati bagi Kecantikan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Bunga Melati bagi Kecantikan

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Bunga Melati bagi Kecantikan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 18 Agustus 2022

“Ada banyak manfaat bunga melati bagi kecantikan kulit dan rambut. Salah satunya adalah membuat kulit jadi awet muda.”

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Bunga Melati bagi KecantikanJarang Disadari, Ini 5 Manfaat Bunga Melati bagi Kecantikan

Halodoc, Jakarta – Selain digunakan sebagai hiasan rambut saat acara pernikahan, manfaat bunga melati bagi kecantikan cukup banyak. Ketika bunga ini diolah menjadi minyak esensial, kamu bisa menggunakannya untuk berbagai tujuan. 

Ia bisa bermanfaat, mulai dari melembapkan kulit, hingga menjaga kecantikan rambut. Mau tahu apa saja manfaat dari bunga cantik yang satu ini? Simak pembahasan berikut ini!

Berbagai Manfaat Bunga Melati bagi Kecantikan

Minyak esensial bunga melati berasal dari bunga tanaman Jasminum officinale dengan proses destilasi uap. Ekstraknya memiliki warna kuning keemasan hingga coklat muda dengan tekstur yang sedikit kental. 

Minyak esensial melati banyak digemari karena wanginya yang manis dan intens, dengan kesan eksotis. Selain itu, minyak ini juga mengandung beberapa senyawa seperti ester, tiol, asam organik dan komponen fenolik yang memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, antimikroba, dan antiseptik.

Tidak heran jika minyak esensial melati dimasukkan ke dalam berbagai produk perawatan kulit dan rambut saat ini, untuk mendapatkan kulit yang bercahaya dan rambut yang lebat dan halus. 

Lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat minyak bunga melati bagi kecantikan:

  1. Mengurangi Kerutan

Kekayaan komponen bioaktif dalam minyak bunga melati memberikan manfaat yang sangat baik untuk memperlambat penuaan kulit. Dengan aldehida dan ester organik, minyak ini secara signifikan meminimalkan kerutan, garis-garis halus, serta meningkatkan sintesis kolagen. Pada akhirnya, ia pu mampu meremajakan tekstur kulit dan membuat kulit awet muda.

  1. Melembapkan Kulit

Manfaat lain dari minyak bunga melati adalah melembapkan kulit. Ini karena kandungan emolien dengan konsistensi yang seperti gel tapi ringan. Kandungan ini akan bekerja sangat baik dalam mengatasi kulit kering dengan meregenerasi tambalan jaringan kasar, terkelupas, terkelupas. 

Minyak ini juga merupakan solusi yang terbukti efektif untuk memperbaiki kulit yang rusak dalam kondisi peradangan seperti psoriasis, eksim dan rosacea.

  1. Menyembuhkan Bekas Jerawat

Sarat akan kandungan asam benzoat alami dan turunan asam ftalat, minyak esensial bunga melati memiliki sifat antiseptik dan cicatrizing yang kuat yaitu sifat penyembuhan luka. 

Oleh karena itu, minyak ini bisa membantu memperbaiki bekas luka merah yang membesar, benjolan bengkak dan bopeng-bopeng akibat jerawat. Mencampurkan hanya 2 -3 tetes minyak esensial melati ke dalam sabun wajah yang lembut dan menggunakannya secara teratur bisa menenangkan kulit sensitif.

  1. Sebagai Kondisioner

Minyak esensial bunga melati menawarkan manfaat untuk rambut panjang dan berkilau. Sebab, minyak ini penuh dengan antioksidan dan elemen penghidrasi. 

Memijat kulit kepala dan rambut dengan campuran minyak esensial melati dan minyak kelapa setiap hari dapat merangsang folikel, meningkatkan pertumbuhan rambut dari akar, dan memelihara helai rambut kering. Ia juga dinilai mampu mencegah kusut sehingga menahan rambut rontok dan memberikan surai yang kuat, tebal dan halus.

  1. Menghilangkan Kutu Rambut

Kamu mungkin tak menyangka, tapi manfaat lain yang bisa didapatkan dari bunga melati adalah menghilangkan kutu rambut. Ini karena minyak esensialnya mengandung sejumlah besar konstituen antimikroba.

Mengoleskan minyak ini secara rutin ke rambut bisa bantu hilangkan kutu. Setelah dioleskan merata ke rambut dan kulit kepala, diamkan selama 20 – 30 menit dan sisir rambut secara menyeluruh. Selain menghilangkan kutu, minyak ini juga bisa menenangkan gatal dan iritasi pada kulit kepala.

Itulah pembahasan mengenai manfaat bunga melati bagi kecantikan kulit dan rambut. Jika kamu mengalami masalah kesehatan kulit dan rambut, download Halodoc saja untuk membuat janji rumah sakit dengan dokter, ya.

Referensi:
The Health Site. Diakses pada 2022. Beauty Benefits Of Jasmine For Your Hair, Skin And Body.
NetMeds. Diakses pada 2022. Jasmine Essential Oil: Superb Beauty Benefits Of This Floral Potion For Healthy Skin And Hair.
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know About Jasmine Essential Oil.