• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Terjadi, Waspada 4 Penyebab Bau Mulut pada Bayi

Jarang Terjadi, Waspada 4 Penyebab Bau Mulut pada Bayi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Jarang Terjadi, Waspada 4 Penyebab Bau Mulut pada Bayi

Halodoc, Jakarta - Bau mulut pada bayi merupakan kondisi yang sangat jarang terjadi. Jika dialami, salah satu penyebab utamanya adalah tertinggalnya artikel makanan di area mulut dan membusuk. Bayi yang baru tumbuh gigi pun perlu dibersihkan secara berkala, karena jika tidak, akan terbentuk lapisan lengket yang disebut dengan plak.

Plak sendiri terbentuk dari sisa makanan yang tidak dibersihkan, dan menjadi tempat paling disukai bakteri hidup untuk berkembang biak. Nah, kondisi tersebut juga menjadi salah satu penyebab bau mulut pada bayi. Lantas, ini beberapa penyebab bau mulut pada bayi lainnya yang perlu ibu ketahui:

Baca juga: Ini Pertumbuhan Bayi Baru Lahir di 5 Minggu Pertama

1. Konsumsi Makanan Tertentu

Tertinggalnya bakteri di dalam mulut dalam waktu yang lama menjadi penyebab utama bau mulut pada bayi. Bayi belum bisa membersihkan mulut dan giginya sendiri. Untuk melakukannya, dibutuhkan peran ibu dalam membantu. Jika tidak, kotoran sisa makanan akan menempel di antara gigi, gusi, dan permukaan lidah. 

Jangan disepelekan ya, bu. Bahkan, jika Si Kecil hanya memiliki satu gigi saja, menyikat gigi menjadi bagian yang tidak boleh dilewatkan. Lakukan sebanyak dua kali dalam sehari, terutama sebelum tidur. Biasanya, makanan yang menjadi pemicu bau mulut adalah bawang putih dan makanan yang mengandung tinggi gula.

2. Kondisi Mulut Kering

Kondisi hidung tersumbat, atau terbiasa tidur dengan mulut terbuka akan memicu bau mulut pada bayi. Hal tersebut dikarenakan mulut menjadi kering, sehingga tidak ada air liur yang dapat membantu melawan bakteri penyebab bau mulut. 

Baca juga: 7 Tips Dasar Merawat Bayi Baru Lahir

3. Indikasi Penyakit Tertentu

Penyebab bau mulut pada bayi selanjutnya bisa dikaitkan dengan infeksi yang dialami. Bau mulut tersebut dapat disebabkan oleh bakteri akibat sinus atau infeksi yang ditemukan di saluran pernapasan atas dan bawah yang masuk ke dalam mulut. Bahkan, bakteri dari lambung saat Si Kecil buang air besar tidak teratur dapat menyebabkan bau mulut. Ketika penyakit sudah sembuh, bau mulut pun akan menghilang.

4. Kerusakan Gigi dan Adanya Benda Asing

Terakhir, penyebab bau mulut pada bayi juga bisa disebabkan karena adanya kerusakan gigi atau benda asing yang tertinggal dalam mulut. Menyikat gigi secara rutin tidak akan mampu menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh karies gigi, penumpukan karang gigi, dan abses gigi. Untuk mengatasinya, ibu perlu membawa Si Kecil mengunjungi dokter gigi di rumah sakit untuk melakukan evaluasi, serta pemeriksaan.

Bukan itu saja, kebiasaan mengisap jari juga dapat membuat mulut menjadi kering, sehingga muncul bau mulut. Berbeda dengan mengisap dot atau teether, air liur dan bakteri akan berpindah pada benda tersebut, sehingga yang menimbulkan bau tidak sedap adalah benda tersebut. Oleh karena itu, sebelum dipakai, disarankan untuk dicuci bersih, sehingga bau dari benda tersebut tidak kembali pada mulut bayi.

Baca juga: 7 Fakta tentang Bayi Baru Lahir yang Jarang Diketahui

Itulah beberapa penyebab bau mulut pada bayi. Jika Si Kecil mengalaminya, silahkan untuk melakukan pembersihan secara berkala ya, bu. Jika Si Kecil mengalami gangguan kesehatan tertentu, dan membutuhkan obat dengan segera, ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc dengan fitur “beli obat” di dalamnya.

Referensi:
Kids Health. Diakses pada 2021. Bad Breath.
Healthline. Diakses pada 2021. Why Does My Toddler Have Bad Breath?