• Home
  • /
  • Jelang Lebaran, 7 Tips Merawat Kecantikan Kulit

Jelang Lebaran, 7 Tips Merawat Kecantikan Kulit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Jelang Lebaran, 7 Tips Merawat Kecantikan Kulit

Halodoc, Jakarta – Memiliki kulit yang bersih dan bersinar adalah dambaan setiap wanita. Terlebih saat Lebaran tiba, semua wanita pasti ingin terlihat bersih dan bersinar di hari raya. Namun, aktivitas puasa yang dilakukan sebulan penuh terkadang membuat kulit menjadi lebih kering dan kusam. Jangan khawatir, kamu bisa memiliki kulit yang lebih bercahaya di hari Lebaran.

Melansir dari Healthline, ada sejumlah perawatan yang bisa dicoba untuk membuat kulit lebih glowing. Sebagian besar perawatan berikut hanya memerlukan bahan-bahan alami yang mudah kamu temukan. Nah, ini beberapa tips untuk merawat kecantikan kulit di hari Lebaran:

Baca juga: Cuci Wajah dengan Air Dingin Bisa Mengecilkan Pori-Pori?

  1. Minyak Kelapa untuk Menenangkan Kulit

Minyak kelapa punya sifat antiinflamasi, antioksidan dan penyembuhan secara alami. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa untuk menghapus riasan make up sambil melembapkannya. Saat menggunakannya, pijat wajah perlahan-lahan. Lalu, biarkan minyak meresap selama beberapa menit sebelum dicuci dengan sabun wajah.

  1. Lidah Buaya untuk Kulit yang Kuat dan Sehat

Lidah buaya memiliki sifat penyembuhan dan dapat merangsang pertumbuhan sel baru. Bahan ini  juga menenangkan dan melembabkan tanpa menyumbat pori-pori kulit. Menggunakan lidah buaya setelah mencuci muka setiap hari dapat membuat kulit tampak bersinar sehat.

  1. Gunakan Pelembap

Produk pelembap bertujuan untuk mengunci kelembapan, meningkatkan penyembuhan dan memiliki sifat antioksidan agar kulit tampak lebih muda dan bercahaya. Sebaiknya, gunakan pelembap setelah mandi atau setelah mencuci wajah. 

  1. Wajib Kenakan Tabir Surya

Selalu kenakan tabir surya minimal SPF 15 atau lebih ketika kamu berencana beraktivitas di luar ruangan. Melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya berfungsi untuk melindungi kulit dari fotoaging, yang merupakan proses penuaan kulit.

Hindari paparan sinar matahari untuk jangka waktu lama. Cari tempat yang teduh jika memungkinkan. Pastikan untuk mengoleskan tabir surya kembali setiap 2 jam. Selain mengenakan tabir surya, kamu juga perlu menutupi kulit dengan pakaian pelindung seperti topi, kacamata hitam, dan lengan panjang.

Baca juga: 4 Perawatan Kulit untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

  1. Banyak Minum Air

Kulit terdiri dari sel-sel yang membutuhkan air agar berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, usahakan untuk minum setidaknya delapan gelas 8 air per hari.

  1. Konsumsi Makanan yang Menyehatkan Kulit

Selain menggunakan produk-produk kulit dan mengoleskan bahan alami, kamu juga perlu meningkatkan kesehatan kulit dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Perbanyak konsumsi  buah-buahan dan sayuran untuk meningkatkan vitamin dan antioksidan dalam tubuh. Menurut Mayo Clinic, mengonsumsi lemak sehat, seperti minyak ikan, dan menjauhi makanan olahan dengan banyak pengawet dapat membuat kulit yang tampak lebih sehat.

  1. Jangan Mandi Terlalu Lama

Mandi air hangat memang membantu tubuh untuk membuang racun. Namun, jika dilakukan terlalu lama, suhu panas menghilangkan minyak dari kulit. Bukannya mendapatkan kulit yang lebih sehat, mandi terlalu lama justru bisa membuat kulit tampak kusam.

Jadi, pastikan untuk tidak mandi air hangat terlalu lama. Akan lebih baik, gunakan air dengan suhu normal untuk meningkatkan sirkulasi yang dapat membuat wajah terlihat lebih kencang dan awet muda.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Harus Dihindari agar Wajah Mulus dan Cerah

Itulah sejumlah tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapat kulit yang lebih glowing di hari Lebaran. Jika kamu punya permasalahan kulit, bicarakan dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat aplikasi, kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi :
Healthline. Diakses pada 2020. 10 Home Remedies for Glowing Skin.
Emedihealth. Diakses pada 2020. 9 Home Remedies to Lighten Your Skin.