• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jenis Anjing yang Tepat untuk Orang Sibuk

Jenis Anjing yang Tepat untuk Orang Sibuk

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Ingin memelihara anjing, tapi punya banyak kesibukan? Tenang saja, kamu hanya perlu cermat memilih jenis anjing yang tepat. Semua anjing memiliki kebutuhan fisik dan emosional seumur hidup, namun beberapa ras memiliki sifat genetik yang kuat yang harus dipertimbangkan saat memilih jenis anjing yang sesuai dengan gaya hidup kamu.

Misalnya, Border Collie, adalah jenis anjing yang energik dan sangat cerdas. Dibutuhkan banyak latihan mental dan fisik setiap hari untuk berkembang dan bahagia. Jadi, jika kamu tidak punya banyak waktu luang, anjing yang menggemaskan ini mungkin tidak tepat untuk kamu.

Baca juga: Panduan untuk Membuat Makanan Anjing di Rumah

Pilih Jenis Anjing yang Lebih “Mandiri”

Ada beberapa jenis anjing yang tidak membutuhkan banyak latihan atau perawatan, serta anjing yang lebih “mandiri” daripada ras lain. Berikut ini jenis anjing terbaik yang cocok untuk orang sibuk:

1.Newfoundland

Sering disebut anjing pengasuh, anjing jenis ini sangat sabar dan waspada terhadap anak-anak. Selain itu, anjing yang menggemaskan ini sangat cerdas dan mudah dilatih. Bahkan, sangat cocok untuk orang sibuk, karena tidak perlu olahraga dengan intensitas tinggi. Cukup mengajaknya jalan kaki setiap hari sekitar 30 menit, untuk mencegah kebosanan dan menjaga berat badan. 

2.Greyhound

Greyhound bisa dibilang versi anjing dari kucing, karena mereka cenderung suka menyendiri dan mandiri. Mereka juga tidak membutuhkan banyak olahraga, cukup ajak jalan santai atau jogging setiap hari. Anjing jenis ini jarang menggonggong, dan memiliki indra tubuh yang baik, sehingga cenderung tidak membuat rumah berantakan dengan menjatuhkan barang-barang.

Baca juga: Tips Melakukan Grooming Anjing di Rumah

3.Spaniel

Anjing jenis ini juga cukup sempurna bagi orang-orang sibuk, baik itu Cavalier King Charles, English Springer Spaniel, atau Cocker. Mereka semua memiliki mata yang penuh perasaan dan ekspresi lembut yang meluluhkan hati. Mereka mudah bergaul dengan anak-anak, hewan peliharaan lain, dan orang asing.

Selain itu, mereka senang bermain-main di halaman atau berjalan-jalan santai. Namun, bulu mereka cukup panjang dan perlu disikat dan sesekali dibawa ke penata rambut. Kamu juga harus mengawasi telinganya yang berbulu dan panjang, karena anjing jenis ini rentan terhadap infeksi telinga. 

4.Anjing Pelacak

Lembut, ramah, setia, lamban, dan santai adalah kata-kata yang dengan tepat menggambarkan anjing pelacak atau bloodhound. Pada dasarnya, jenis anjing ini cukup mandiri, dan energi mereka yang rendah (kecuali mereka mencium aroma). Anjing pelacak suka mengendus dan menjelajah saat berjalan, jadi mereka cocok untuk keluarga yang suka bersantai dengan jalan santai alih-alih meningkatkan detak jantung. 

Baca juga: Kenali Tanda Awal Anjing Peliharaan yang Sedang Hamil

5.Anjing Maltese

Bicara soal anjing yang biaya pemeliharaan rendah, anjing maltese bisa jadi salah satu yang direkomendasikan. Mereka senang meringkuk di pangkuan, tetapi jika kamu sedang ingin berjalan-jalan atau bermain, mereka akan sigap menemani. Bulu anjing maltese tidak banyak rontok, tetapi menyikat setiap hari sangat penting untuk menjaga bulu halus mereka agar tidak kusut. 

6.Pomeranian

Pomeranian adalah jenis anjing yang lincah, ingin tahu, dan dikenal sebagai teman yang ideal. Anjing dengan pemeliharaan rendah ini mudah untuk dilatih, dan bisa jadi pengawas yang selalu waspada. Pom memang membutuhkan sedikit perawatan untuk menjaga tampilan, tetapi penting untuk sering menyikatnya.

7.Chihuahua

Chihuahua adalah ras anjing terkecil, tetapi mereka memiliki kepribadian yang besar. Mereka dikenal karena karakteristiknya yang lucu, rendah pemeliharaan, mudah beradaptasi, dan mandiri. Mereka juga tidak perlu banyak olahraga, dan bulunya mudah dirawat.

Itulah beberapa jenis anjing yang cocok untuk orang sibuk. Jika kamu memiliki pertanyaan lain seputar perawatan dan kesehatan anjing, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter hewan, kapan dan di mana saja.

Referensi:
Reader’s Digest. Diakses pada 2020. The Best Low-Maintenance Dogs for Busy People.
The Spruce Pets. Diakses pada 2020. Low-Maintenance Dogs for Busy People.