• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jenis-Jenis Penyakit yang Terjadi Akibat Gangguan Metabolik

Jenis-Jenis Penyakit yang Terjadi Akibat Gangguan Metabolik

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Semua orang diwajibkan untuk mengonsumsi makanan apabila ingin tetap beraktivitas. Pasalnya, makanan yang masuk ke tubuh akan diubah menjadi tenaga melalui proses yang disebut dengan metabolisme. Dengan begitu, seluruh bagian tubuh kamu dapat bergerak.

Walau begitu, kamu mungkin mengalami gangguan yang berhubungan dengan proses kimia yang terjadi pada tubuh tersebut. Gangguan ini dapat menyebabkan kamu memiliki nutrisi yang berlebihan atau bahkan kekurangan. Ketika terjadi, kamu mungkin mengalami beberapa penyakit lainnya. Berikut bahasan lengkapnya!

Baca juga: Waspada Gangguan Metabolik pada Orang Dewasa

Beberapa Penyakit yang Disebabkan oleh Gangguan Metabolik

Gangguan metabolik adalah suatu kejadian yang terjadi karena proses metabolisme yang gagal dan menyebabkan tubuh memiliki terlalu banyak atau terlalu sedikit zat yang penting agar tetap sehat. Dengan begitu, beberapa penyakit dapat terjadi ketika beberapa zat penting tersebut kurang atau lebih.

Perlu diketahui, tubuh terbilang sensitif terhadap kesalahan metabolisme. Tubuh manusia harus memiliki asam amino dan beberapa jenis protein yang digunakan agar dapat memaksimalkan fungsinya. Jika tidak terpenuhi, kamu mungkin akan mengalami gangguan yang membuat kesulitan untuk beraktivitas.

Gangguan ini dapat terjadi dalam berbagai macam bentuk. Berikut beberapa kelainan yang dapat terjadi:

  • Enzim atau vitamin yang menghilang ketika diperlukan untuk reaksi kimia penting pada tubuh.

  • Reaksi kimia abnormal yang dapat menghambat proses metabolisme.

  • Terjadinya penyakit di hati, pankreas, kelenjar endokrin, serta organ lainnya yang berhubungan dengan metabolisme.

  • Mengalami kekurangan gizi.

Dikarenakan banyak kemungkinan kelainan yang dapat terjadi disebabkan oleh gangguan metabolik. Maka dari itu, penyakit yang dapat timbul juga banyak jenisnya. Ratusan gangguan yang berhubungan dengan metabolisme telah diidentifikasi dan terus ditemukan yang baru. Beberapa jenis penyakit yang dapat terjadi adalah:

  1. Gangguan Penyimpanan Lisosom

Salah satu penyakit yang disebabkan oleh gangguan metabolik adalah kelainan pada penyimpanan lisosom. Bagian tersebut adalah tempat untuk memecah produk limbah dari metabolisme. Jika seseorang kekurangan enzim pada lisosom, penumpukan zat beracun dapat menyebabkan gangguan metabolisme.

  1. Galaktosemia

Kamu juga mungkin saja mengalami galaktosemia yang disebabkan oleh kelainan pada metabolisme. Gangguan yang terjadi karena kerusakan untuk memecah galaktosa tersebut dapat menyebabkan kamu mengalami penyakit kuning, muntah, hingga pembesaran hati. Hal ini umumnya terjadi pada bayi baru lahir setelah diberikan ASI atau susu formula.

Baca juga: Ini Cara Mengobati Gangguan Metabolik

  1. Penyakit Urine Sirup Maple

Kamu mungkin mengalami kekurangan enzim yang disebut dengan BCKD, sehingga mengalami penyakit ini. Kekurangan enzim tersebut menyebabkan penumpukan asam amino pada tubuh. Akhirnya, kamu dapat mengalami kerusakan saraf dan urine yang berbau seperti sirup.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait gangguan metabolik, dokter yang bekerja di Halodoc siap membantu untuk menjawab semua pertanyaanmu. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan! Selain itu, kamu juga dapat melakukan pemesanan online untuk pemeriksaan fisik di beberapa rumah sakit yang bekerjasama dengan Halodoc.

  1. Fenilketonuria

Fenilketonuria juga dapat terjadi sebagai dampak dari gangguan metabolik. Hal ini terjadi ketika kamu kekurangan enzim PAH yang menyebabkan kadar fenilalanin yang tinggi di dalam darah. Kecacatan intelektual dapat terjadi jika kondisinya tidak dideteksi secara dini.

  1. Friedreich Ataxia

Kamu juga dapat mengidap masalah yang disebabkan oleh gangguan terkait metabolisme, yaitu friedreich ataxia. Gangguan ini terkait dengan protein yang disebut frataxin yang menyebabkan kerusakan saraf dan juga terkadang pada jantung. Seseorang yang mengidap gangguan ini saat usia dewasa muda akan mengalami gangguan kesulitan berjalan.

Baca juga: Gangguan Metabolik pada Anak, Ketahui 4 Hal Ini

  1. Gangguan Peroxisomal

Kelainan ini mirip dengan lisosom dan juga terjadi karena kelainan yang sama. Peroxisomal adalah gangguan yang terjadi pada ruang kecil yang diisi oleh enzim di dalam sel. Fungsi enzim yang terganggu dapat menyebabkan penumpukan produk beracun dari metabolisme.

Referensi:
Health Line. Diakses pada 2019. Nutrition and Metabolism Disorders
Web MD. Diakses pada 2019. Inherited Metabolic Disorders