Demam Menyerang, Konsumsi 4 Jenis Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Demam Menyerang, Konsumsi 4 Jenis Makanan Ini

Halodoc, Jakarta – Saat demam menyerang, rasa khawatir sering muncul dan membuat seseorang akan melakukan apa saja untuk meredakannya. Ada banyak cara yang sering dilakukan untuk menurunkan demam, mulai dari pergi ke rumah sakit, minum obat, kompres, hingga mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. 

Nyatanya, ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu mengatasi demam yang menyerang. Demam adalah kondisi yang menyebabkan suhu tubuh meningkat. Untuk mengetahui hal ini, bisa dilakukan dengan mengukur suhu tubuh menggunakan alat bernama termometer.

Seseorang dikatakan demam bila suhu tubuh melebihi 37,5 derajat Celsius. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan demam terjadi, dua di antaranya adalah infeksi virus dan bakteri.

Baca juga: Ini yang Harus Dilakukan saat Demam pada Anak

Virus dan bakteri penyebab demam lebih rentan menyerang seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah. Meski harus diwaspadai, demam sebenarnya merupakan tanda bahwa tubuh sedang melawan virus penyebab penyakit, misalnya virus pilek, flu, ataupun jenis penyakit lainnya. Demam juga bisa dipicu oleh infeksi telinga, pneumonia, dan infeksi saluran kencing. Kalau demam yang terjadi tidak kunjung membaik, dan malah semakin memburuk, segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit untuk mengetahui penyebabnya.

Demam yang masih bersifat ringan bisa diatasi dengan pengobatan mandiri di rumah, salah satunya dengan konsumsi jenis makanan tertentu. Apa saja makanan yang baik dikonsumsi saat mengalami demam?

1. Buah Segar

Saat demam, tubuh kehilangan lebih banyak cairan, sehingga rentan memicu dehidrasi alias kekurangan cairan. Nah, salah satu jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi dalam kondisi ini adalah buah segar.

Selain mengandung banyak cairan yang bisa membantu menghidrasi tubuh, beberapa jenis buah juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat demam. Kamu bisa memilih jenis buah yang banyak mengandung vitamin C, vitamin E, dan Vitamin A (betakaroten).

Nutrisi-nutrisi tersebut mengandung antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan serangan penyakit. Beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi saat demam adalah pisang, jeruk, stroberi, nanas, kiwi, semangka, serta blewah.

Baca juga: Demam Pertanda Tumbuh Gigi, Mitos atau Fakta?

2. Makanan Sumber Protein

Tubuh membutuhkan asupan protein saat demam, sebab nutrisi ini bisa menyuplai energi yang berperan dalam membantu kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Maka dari itu, mengonsumsi makanan sumber protein saat demam bisa membantu mempercepat pemulihan dan menurunkan suhu tubuh yang meningkat. Beberapa jenis makanan yang merupakan sumber protein adalah ayam, ikan, tahu, daging, tempe, susu, telur, dan keju.

3. Probiotik

Makanan yang mengandung bakteri baik probiotik juga bagus untuk dikonsumsi saat demam. Probiotik adalah jenis bakteri baik yang bisa membantu menjaga keseimbangan bakteri di usus. Konsumsi makanan yang mengandung probiotik bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa jenis makanan yang mengandung probiotik adalah yoghurt dan tempe.

4. Air Putih

Jangan lupa untuk mencukupi asupan cairan dalam tubuh dengan mengonsumsi air putih. Asupan air sangat penting untuk mempercepat penurunan demam. Selain itu, banyak minum air putih juga bisa membantu menghidrasi tubuh, sehingga terhindar dari dehidrasi.

Baca juga: Sering Demam Tinggi dan Menggigil? Hati-Hati Gejala ISPA

Kalau demam tak kunjung mereda, segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Sebab, bisa jadi demam merupakan tanda dari penyakit tertentu. Kamu bisa memilih rumah sakit terdekat yang dibutuhkan melalui aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa membuat janji temu dengan dokter melalui aplikasi yang sama. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!