• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jenis Makanan yang Direkomendasikan untuk Pengidap Hernia

Jenis Makanan yang Direkomendasikan untuk Pengidap Hernia

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Jenis Makanan yang Direkomendasikan untuk Pengidap Hernia

Halodoc, Jakarta – Hernia merupakan salah satu kondisi ketika ada organ yang terdorong akibat munculnya lubang atau celah pada otot maupun jaringan yang menahannya. Kondisi ini umum terjadi pada bagian perut di antara dada hingga pinggul. Selain itu, hernia juga dapat terjadi pada bagian paha atas serta selangkangan.

Baca juga: Ini yang Perlu Diketahui Tentang Penyakit Hernia

Hernia merupakan kondisi yang tidak membahayakan. Namun, kondisi ini perlu diatasi agar kondisi kesehatan tidak semakin memburuk. Selain melalui obat-obatan medis, penyakit hernia juga dapat dicegah dan diatasi dengan pola makan yang tepat. Untuk itu, simak mengenai jenis makanan yang direkomendasikan bagi pengidap hernia!

Penyakit hernia memiliki jenis berbeda yang disesuaikan dengan lokasi terjadinya hernia. Berikut ini jenis hernia:

  1. Hernia Inguinal. Kondisi ini terjadi ketika bagian lemak atau usus menusuk ke selangkangan di bagian paha atas dalam.
  2. Hernia Femoralis. Hernia jenis ini terjadi ketika bagian lemak menembus keluar dinding perut dan melewati paha, tepatnya di kanalis femoralis.
  3. Hernia Umbilikalis. Kondisi ini terjadi ketika bagian usus atau lemak terdorong keluar ke arah pusar atau umbilikalis.
  4. Hernia Hiatal. Penyakit ini terjadi ketika bagian dari perut terdorong ke dalam rongga dada melalui lubang pada diafragma.

Lalu, apa yang menjadi gejala utama dari penyakit ini? Biasanya, pengidap hernia akan memiliki tonjolan atau benjolan pada beberapa bagian tubuh yang mengalami hernia. Namun, benjolan akan menghilang saat kondisi tertentu, misalnya saat pengidap berbaring.

Biasanya, benjolan yang disebabkan hernia akan terasa oleh sentuhan saat pengidap hernia sedang berdiri, membungkuk, atau batuk. Selain itu, rasa tidak nyaman atau nyeri akan muncul pada bagian yang mengalami hernia.

Baca juga: Hernia Tidak Ditangani, Waspada Komplikasi Ini

Gejala juga akan dialami bervariasi tergantung dari jenis hernia yang dialami. Hernia hiatal biasanya dapat menyebabkan pengidapnya merasa nyeri dada, hingga kesulitan menelan.

Tidak ada salahnya untuk bertanya langsung pada dokter melalui Halodoc untuk mengetahui kondisi kesehatan yang dialami. Yuk, download Halodoc melalui App Store atau Google Play, jika kamu mengalami gejala kesehatan yang berkaitan dengan kondisi hernia.

Makanan Terbaik bagi Pengidap Hernia

Selain pengobatan menggunakan obat-obatan atau tindakan bedah, kamu juga perlu melakukan perawatan di rumah agar kondisi ini dapat segera membaik. Perhatikan pola makan agar pengobatan dan pemulihan dapat berjalan optimal. Berikut ini jenis makanan yang direkomendasikan bagi pengidap hernia:

  1. Buah

Tentunya buah menjadi jenis makanan yang direkomendasikan untuk pengidap hernia. Hal ini disebabkan buah memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga dinilai baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah konstipasi agar pengidap hernia tidak mengejan terlalu kuat.

  1. Sayuran Hijau

Jenis makanan ini juga direkomendasikan untuk pengidap hernia karena memiliki kandungan serat yang sama dengan buah. Selain bisa membantu mencegah konstipasi, sayuran hijau juga dinilai sehat dan bisa membantu untuk mengontrol berat badan. Obesitas menjadi salah satu penyebab penyakit hernia.

  1. Gandum

Selain sayuran hijau dan buah, kamu juga bisa mengonsumsi gandum untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh. 

Baca juga: Alami Hernia, Haruskah Operasi?

Itulah beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk pengidap hernia. Selain itu, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan air putih setiap harinya, hindari mengangkat beban berat, berhenti merokok, dan segera lakukan pemeriksaan jika pengidap mengalami batuk secara terus menerus.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Everything You Want To Know About a Hernia.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Hernia.