• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jenis Rempah untuk Diet yang Patut Dicoba

Jenis Rempah untuk Diet yang Patut Dicoba

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Jenis Rempah untuk Diet yang Patut Dicoba

“Tidak hanya membantu membuat rasa masakan menjadi lebih nikmat, rempah juga dimanfaatkan untuk membantu menurunkan berat badan. Ada beberapa jenis rempah yang bagus untuk diet sehat.”

Halodoc, Jakarta – Rempah memang menjadi senjata untuk menguatkan rasa dan aroma masakan. Namun, siapa sangka, bahan dapur hasil dalam negeri ini juga dimanfaatkan untuk membantu menyempurnakan diet dan menurunkan berat badan. 

Setiap jenis diet memang memiliki cara yang berbeda. Begitu pula dengan diet menggunakan rempah ini. Tidak perlu membuang banyak uang dan tenaga, kamu bisa mengolah berbagai jenis rempah berikut menjadi minuman segar dan menyehatkan.

  • Jahe

Rempah satu ini memang sangat terkenal akan khasiatnya untuk tubuh. Namun, bagaimana untuk diet? Ternyata, sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Critical Reviews in Food Science and Nutrition menyebutkan bahwa suplemen yang memiliki kandungan jahe bisa membantu menghilangkan lemak dan menurunkan berat badan secara signifikan.

Baca juga: Menu Diet Sehat yang Cepat Turunkan Berat Badan

  • Ginseng

Kamu pasti dengan mudah menemukan ginseng di pasar. Meski begitu, ada jenis ginseng yang memang dipercaya mampu membantu menurunkan berat badan, yaitu ginseng Korea. Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Ginseng Research mengemukakan bahwa konsumsi ginseng Korea setidaknya dua kali sehari dalam delapan minggu mampu membantu menurunkan berat badan. 

Meski begitu, tetap perlu dilakukan penelitian lain dengan skala yang lebih besar guna menguatkan hasil studi yang telah dilakukan sebelumnya. 

Baca juga: 6 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Selain Diet dan Olahraga

  • Kunyit

Mayoritas manfaat yang diberikan kunyit untuk menunjang kesehatan tubuh berasal dari dari senyawa curcumin yang ada di dalamnya. Namun, ada sebuah studi yang menyebutkan bahwa konsumsi curcumin setidaknya dua kali sehari dalam satu bulan bisa membantu menurunkan kadar lemak di perut hingga sebesar lima persen. 

Akan tetapi, jumlah curcumin yang digunakan dalam studi tersebut terbilang lebih banyak dibandingkan dengan curcumin yang terkandung dalam kunyit itu sendiri. 

  • Kayu Manis

Kayu manis memiliki unsur yang mirip dengan insulin guna memindahkan gula dari darah menuju sel tubuh untuk diubah menjadi energi. Selain itu itu, rempah beraroma khas ini juga diyakini mampu membantu menstabilkan kadar gula di dalam darah sehingga membantu mengurangi rasa lapar dan nafsu makan. 

Baca juga: Program Diet yang Tepat Bagi Kamu yang Sibuk

  • Fenugreek

Rempah lain yang mungkin terdengar tak asing di telinga adalah fenugreek. Bahan alami ini bisa kamu dapatkan dari tumbuhan Trigonella fownjm-graecum. Kabarnya, mengonsumsi ekstrak dari biji fenugreek bisa membantu menurunkan kadar lemak tubuh hingga mencapai 17 persen. Ekstrak tanaman ini juga banyak dimanfaatkan untuk melancarkan ASI pada ibu menyusui.

Meski semua jenis rempah tersebut bisa kamu manfaatkan untuk membantu menurunkan berat badan, tak berarti efeknya akan langsung terasa. Pun, masih perlu dilakukan studi lain yang bisa menguatkan hasil studi yang pernah dilakukan sebelumnya. Belum lagi, tak semua orang cocok mengonsumsi rempah tersebut, jadi selalu berhati-hati. 

Sebaiknya kamu bertanya terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi rempah tersebut sebagai salah satu menu diet. Pasalnya, kunci sukses diet tak hanya dari pola makan, tetapi juga pola hidup dan kebiasaan. Tak lupa, mengendalikan stres juga menjadi salah satunya. 

Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk memudahkan tanya jawab dengan dokter setiap saat. Selain itu, layanan pharmacy delivery di aplikasi Halodoc juga bisa kamu pakai untuk membeli obat maupun vitamin tanpa perlu keluar rumah. Jadi, pastikan kamu sudah download aplikasi Halodoc, ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 13 Herbs That Can Help You Lose Weight.
Mi-Young Song, et al. 2014. Diakses pada 2021. Influence of Panax ginseng on obesity and gut microbiota in obese middle-aged Korean women. Journal of Ginseng Research 38(2): 106–115.
Najmeh Maharlouei, et al. 2019. Diakses pada 2021. The effects of ginger intake on weight loss and metabolic profiles among overweight and obese subjects: A systematic review and meta-analysis of randomized controlled trials. Critical Reviews in Food Science and Nutrition 59(11):1753-1766.