Jenis Sampo yang Bisa Ampuh Membasmi Ketombe

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Jenis Sampo yang Bisa Ampuh Membasmi Ketombe

Halodoc, Jakarta – Adanya ketombe pada kulit kepala pasti terasa mengganggu. Ketombe adalah bentuk pengelupasan kulit kepala yang telah mati secara berlebihan. Meskipun ketombe tidak menular, memiliki ketombe menurunkan rasa percaya diri seseorang. Tidak hanya menurunkan rasa percaya diri, seseorang yang memiliki ketombe akan merasakan gatal yang cukup hebat pada kulit kepala. Selain itu, pengidap dapat mengalami kulit kepala yang bersisik.

Baca juga: Jangan Salah, Ini 6 Fakta Ketombe yang Harus Diketahui

Pada kasus yang cukup parah, ketombe membuat kulit kepala menjadi merah dan bengkak. Selain itu, ketombe parah menyebabkan rambut menjadi rontok bahkan ketombe menjalar pada alis, jambang, dan telinga.

Sebaiknya lakukan perawatan pada rambut ketika menemukan ketombe pada rambut. Rutin melakukan keramas atau cuci rambut menjadi cara yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan ketombe. Sebaiknya cari tahu jenis sampo yang digunakan untuk membasmi ketombe:

  • Periksa Kandungan Sampo

Ketombe bisa saja muncul akibat kandungan yang ada pada sampo. Kandungan yang tidak cocok pada kulit kepala menyebabkan seseorang memiliki ketombe. Kenali jenis kulit kepala kamu agar terhindar dari kondisi ketombe.

  • Gunakan Sampo yang Mengandung Amino Acid

Biasanya, sampo dengan kandungan amino acid menjadi pilihan jika kamu memiliki ketombe yang membandel. Amino acid tidak terlalu kuat dalam hal detergensi sehingga tidak memberikan stimulus apa pun pada kulit kepala.

  • Hindari Sampo dengan Kandungan Silikon

Sebaiknya hindari sampo yang memiliki kandungan silikon. Adanya silikon dapat memperburuk kondisi kulit kepala dan ketombe.

  • Pilih Sampo yang Melembapkan

Ketombe dihasilkan dari kulit kepala yang kering. Sebaiknya, pilih sampo yang memiliki kandungan dapat melembapkan kulit kepala kamu. Namun hindari penggunaan kondisioner, terlalu berminyak membuat sebum atau kotoran pada kulit kepala menjadi berlebihan. Kondisi ini juga bisa menyebabkan kamu memiliki ketombe semakin banyak.

Baca juga: Jaga Kesehatan Rambut dengan 3 Cara Mudah Ini

Bahan Alami Penghilang Ketombe

Selain menggunakan sampo yang cocok dengan kulit kepala, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala, seperti berikut:

  • Lidah Buaya

Kandungan protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin A dan vitamin C dalam lidah buaya membantu untuk menghilangkan ketombe dari kulit kepala. Kamu bisa gunakan lidah buaya sebagai masker. Lakukan perawatan dengan lidah buaya secara rutin agar ketombe bisa segera hilang.

  • Daun Sirsak

Salah satu kandungan yang terdapat dalam daun sirsak adalah acetogenin. Kandungan ini dapat membunuh racun dan parasit pada tubuh manusia sehingga daun sirsak bisa membantu dalam menghilangkan kutu maupun ketombe pada rambut. Caranya kamu bisa gunakan daun sirsak sebagai masker rambut.

  • Gula

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, gula bisa dijadikan sebagai penghilang ketombe. Sifat scrub dari gula dapat mengangkat sel kulit mati. Kandungan gula membuat kulit kepala lebih lembap. Kamu bisa tambahkan madu sebagai campuran untuk masker rambut. Jangan lupa cuci bersih rambut setelah menggunakan gula sebagai masker.

Jangan lupa untuk memenuhi asupan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan agar kesehatan rambut tetap terjaga. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai masalah kesehatan rambut yang kamu alami. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: Lakukan 4 Cara Ini untuk Merawat Rambut yang Kering