• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jenis Sayuran Sehat yang Baik untuk Pengidap Diabetes

Jenis Sayuran Sehat yang Baik untuk Pengidap Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Jenis Sayuran Sehat yang Baik untuk Pengidap Diabetes

“Sayuran sehat dan buah adalah salah satu kunci pola makan sehat. Namun, sayuran lebih disarankan untuk lebih banyak dikonsumsi pengidap diabetes karena mengandung serat dan nutrisi lain yang bisa mencegah lonjakan gula darah. Kandungan nutrisi sehat lainnya juga efektif mencegah komplikasi terkait diabetes, seperti pencegahan penyakit jantung dan pencegahan kanker.”

Halodoc, Jakarta – Sudah bukan rahasia lagi bahwa asupan buah dan sayuran sehat yang cukup, setidaknya lima porsi sehari adalah landasan utama dari pola makan yang sehat. Terlebih jika kamu mengidap diabetes, mengonsumsi banyak sayuran sehat kaya nutrisi dan berserat tinggi nyatanya dapat membantu manajemen gula darah dan kondisi jangka panjang. 

Selain itu, masalah diabetes sebenarnya bukan hanya soal gula darah yang tinggi. Diabetes tipe 2 berhubungan dengan resistensi insulin, yang terkait dengan perlemakan hati, penyakit jantung, kadar kolesterol abnormal, tekanan darah tinggi dan bahkan beberapa jenis kanker. Jadi ketika kamu berpikir tentang makanan untuk pengidap diabetes, maka kamu juga harus memikirkan makan untuk pencegahan penyakit jantung dan pencegahan kanker.

Baca juga: Inilah 7 Makanan yang Dapat Menurunkan Gula Darah

Sayuran Sehat untuk Mengontrol Gula Darah

Untungnya para ahli telah menemukan beberapa jenis sayuran sehat dengan kandungan nutrisi dan serat yang mampu mengontrol kadar gula darah. Selain itu, nutrisi dalam sayuran-sayuran berikut juga efektif untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, lho.

1. Wortel

Wortel mengandung vitamin A dan kaya akan serat untuk pengidap diabetes

Serat dalam sayuran non pati seperti wortel akan membantu tubuh merasa kenyang dan puas. Para ahli merekomendasikan wortel sebagai sayuran berserat tinggi yang sangat mengenyangkan. Wortel juga tinggi vitamin A, yang membantu menjaga sistem kekebalan dan kesehatan mata. 

2. Brokoli

Brokoli baik untuk membantu metabolisme gula

Selain membantu membuat rasa kenyang lebih lama, serat dalam sayuran sehat seperti brokoli bertindak sebagai prebiotik. Serat prebiotik difermentasi oleh bakteri usus dan  membantu mereka berkembang. Dalam beberapa kasus, brokoli membantu metabolisme glukosa dan kolesterol. Ini menjadikan brokoli adalah pilihan yang cocok untuk mereka yang mengidap diabetes. 

3. Zucchini

Zuccini rendah kalori dan tinggi serat

Zucchini mungkin kurang populer jika dibandingkan dua sayuran sehat sebelumnya. Namun, kamu perlu tahu bahwa sayuran ini sangat tinggi karotenoid. Ini adalah senyawa yang mendukung kesehatan jantung dan mungkin melindungi terhadap kanker tertentu. Ia juga rendah kalori dan tinggi serat. 

4. Kol

Kol membantu mencegah lonjakan gula darah

Masih menganggap jus jeruk adalah satu-satunya agen peningkat daya tahan tubuh? Ternyata ada cara sederhana lainnya untuk mendapatkan vitamin C selain dari jeruk, yakni dari sayur kol.  Vitamin C yang terkandung dalam sayur kol ini secara positif memengaruhi kesehatan jantung. Ia juga mengandung banyak serat untuk memperlambat pencernaan, sehingga membantu mencegah lonjakan gula darah. 

Baca juga: Mengenal Okra, Sayuran yang Baik untuk Pengidap Diabetes

5. Bayam

Bayam kaya nutrisi untuk aliran darah yang sehat

Seperti semua sayuran berdaun hijau, bayam padat nutrisi dan sangat rendah kalori. Bayam juga kaya akan zat besi, yang merupakan nutrisi untuk aliran darah yang sehat. Kamu bisa menambahkan ke sup, salad, atau memasukkan ke dalam campuran adonan telur dadar untuk sarapan sehat di pagi hari. 

6. Tomat

Tomat mengandung likopen tinggi untuk mengontrol gula darah

Sayuran sehat selanjutnya yang cocok untuk mengontrol gula darah adalah tomat. Sayuran berwarna cerah ini nyatanya mengandung likopen yang tinggi, senyawa yang telah dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan kanker tertentu yang lebih rendah.

7. Mentimun

Mentimun memiliki kadar air yang tinggi untuk mengontrol gula darah

Mentimun adalah sayuran tinggi air yang benar-benar dapat membantu tubuh tetap terhidrasi serta merasa kenyang. Penelitian juga menyebutkan bahwa mentimun dapat membantu mengurangi dan mengontrol kadar gula darah.

8. Selada

Selada mengangung vitamin K yang tinggi untuk mencegah lonjakan gula darah

Berbagai jenis selada mengandung nutrisi yang berbeda, tetapi semuanya tinggi serat dan air. Secara khusus, satu porsi selada daun merah mengandung lebih dari jumlah vitamin K harian yang direkomendasikan, yang penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. Menyajikan makanan lain di atas selada juga dapat membantu memperlambat penyerapannya, sehingga berkontribusi pada pencegahan lonjakan gula darah.

Baca juga: Tetap Sehat, Begini Makan Enak untuk Pengidap Diabetes

Itulah beberapa jenis sayuran sehat yang disarankan untuk lebih sering dikonsumsi pengidap diabetes. Namun jangan lupa juga untuk tetap memperhatikan kecukupan gizi ya, salah satunya dengan konsumsi suplemen dan vitamin. Kini kamu juga bisa dengan mudah beli suplemen atau vitamin di Halodoc, lho! Terlebih lagi dengan layanan antar, kamu jadi tak perlu lagi keluar rumah untuk beli obat karena pesanan  kamu akan segera dikirimkan kurang dari satu jam ke tempat kamu! Praktis bukan? Tunggu apa lagi, yuk gunakan Halodoc sekarang!

Beli kebutuhan kesehatan di Halodoc Apps dan Website
Referensi:
Eating Well. Diakses pada 2021. The 10 Best Vegetables for Diabetes.
Everyday Health. Diakses pada 2021. 7 Low-Carb Veggies for a Diabetes-Friendly Diet.
Medical News Today. Diakses pada 2021. The Best Vegetables for Type 2 Diabetes.