• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jenis Suplemen yang Bisa Dikonsumsi bagi Penyuka Fitnes
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jenis Suplemen yang Bisa Dikonsumsi bagi Penyuka Fitnes

Jenis Suplemen yang Bisa Dikonsumsi bagi Penyuka Fitnes

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 Mei 2022

“Fitnes menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Namun jangan lupa mengonsumsi beberapa jenis suplemen untuk fitnes agar manfaat olahraga ini bisa kamu dapatkan lebih optimal.”

Jenis Suplemen yang Bisa Dikonsumsi bagi Penyuka Fitnes

Halodoc, Jakarta – Ada berbagai cara yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Bukan hanya rutin berolahraga, kamu juga perlu memperhatikan berbagai makanan yang dikonsumsi agar jumlah kalori seimbang. Jika kamu gemar melakukan fitnes, tidak ada salahnya mencoba untuk mengonsumsi berbagai jenis suplemen yang baik khususnya bagi kebugaran dan kesehatan tubuh.

Mengonsumsi suplemen bermanfaat bagi tubuh untuk mengontrol berat badan, menjaga kekuatan otot, serta memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang diperlukan. Oleh karena itu, yuk simak berbagai jenis suplemen yang bisa dikonsumsi bagi kamu yang menyukai olahraga fitnes berikut ini!

Jenis Suplemen yang Bisa Dikonsumsi Penggemar Fitnes

Ada banyak jenis olahraga yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, salah satunya adalah fitnes. Bukan hanya untuk menjaga bentuk tubuh tetap ideal, fitnes juga memiliki manfaat untuk kekuatan otot hingga meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Namun, untuk merasakan manfaat olahraga fitnes bagi tubuh, kamu juga perlu menjaga asupan makanan dan mengonsumsi suplemen yang tepat. Sebaiknya ketahui berbagai suplemen yang bisa dikonsumsi bagi penyuka fitnes berikut ini:

1. Minyak Ikan

Minyak ikan menjadi salah satu suplemen yang bisa dikonsumsi bagi kamu yang gemar melakukan fitnes. Suplemen ini bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan lemak omega 3 yang dikaitkan dengan penurunan gangguan jantung dan meningkatkan daya tahan tubuh bagi tubuh. Selain itu, minyak ikan bisa meningkatkan kemampuan motorik sehingga kamu akan lebih cepat dan fleksibel dalam melakukan olahraga ini.

2. Vitamin D

Vitamin D menjadi salah satu suplemen yang tidak boleh dilewatkan jika kamu sering melakukan olahraga fitnes karena cukup penting bagi kesehatan. Dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin D secara optimal, maka tubuh dapat menyerap kalsium dan fosfor yang bisa membantu memperkuat tulang.

Ingat, kondisi tulang yang kuat dan sehat sangat diperlukan bagi kamu yang gemar melakukan fitnes. Hal ini membantu kamu terhindar dari berbagai cedera fisik saat berlatih fitnes.

3. Protein Whey

Jangan lupa untuk mengonsumsi protein whey ketika kamu sering melakukan fitnes. Whey protein bisa membantu kamu mendapatkan otot yang lebih kuat dan menghilangkan lemak yang ada pada tubuh. 

Ada beberapa jenis protein whey yang bisa dikonsumsi saat kamu rutin berolahraga fitnes, seperti:

  • Isolat Protein Whey. Protein whey jenis ini sangat baik untuk membantu kamu menurunkan berat badan karena rendah lemak dan karbohidrat.
  • Konsentrat Protein Whey. Jenis ini memiliki kandungan lemak dan karbohidrat tinggi sehingga cocok bagi kamu yang ingin meningkatkan berat badan.

4. Kreatin

Kreatin adalah salah satu suplemen yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan dan pembentukan kekuatan otot. 

5. Protein Nabati

Selain protein whey, kamu juga bisa mengonsumsi protein nabati untuk meningkatkan kekuatan otot. Selain itu, protein nabati juga bisa kamu konsumsi untuk pemulihan pasca latihan fitnes yang kamu lakukan.

6. Magnesium

Dengan memenuhi kebutuhan magnesium dalam tubuh, kamu bisa mendapatkan kualitas tidur dengan lebih baik. Bukan itu saja, magnesium juga dapat membantu meningkatkan kekuatan otot kamu setelah melakukan fitnes.

Itulah beberapa suplemen yang perlu dikonsumsi jika kamu penggemar olahraga fitnes. Kamu bisa mendapatkan kebutuhan medis yang diperlukan melalui aplikasi Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Referensi:

Pro Supps. Diakses pada 2022. Top 9 Supplements for Your 2021 Fitness Goals.
Very Well Fit. Diakses pada 2022. 5 Supplements Shown to Improve Your Fitness.