Jerawat Muncul di Dagu, Ini Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Jerawat Muncul di Dagu, Ini Penyebabnya

Halodoc, Jakarta – Jerawat bisa muncul di bagian tubuh mana saja, tetapi umumnya di area wajah termasuk dagu. Bagi beberapa orang, jerawat di area wajah dirasa bisa mengganggu penampilan. Ada beragam penyebab jerawat bisa muncul di area dagu. Mengetahui pemicu jerawat di dagu bisa membantu mencegah dan mengatasinya. 

Secara umum, jerawat bisa dialami oleh siapa saja dan bisa muncul di bagian tubuh manapun, termasuk di dagu. Penyebab utama dari munculnya jerawat di dagu adalah kebiasaan tidak menjaga kebersihan wajah dengan baik dan benar. Kemungkinan jerawat muncul karena seseorang tidak rutin membersihkan wajah pada malam hari atau setelah melakukan aktivitas. Biar lebih jelas, simak beberapa penyebab jerawat bisa muncul di dagu! 

Baca juga: Letak Jerawat di Wajah Menunjukkan Kondisi Kesehatan?

Pemicu Jerawat di Dagu yang Mengganggu  

Munculnya jerawat di dagu bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman hingga mengurangi rasa percaya diri. Beberapa orang menganggap bahwa jerawat di dagu bisa mengganggu penampilan. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan tubuh dan wajah agar terhindar dari jerawat. Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan jerawat muncul di dagu, di antaranya: 

  • Malas Mencuci Muka 

Malas membersihkan dan mencuci muka menjadi penyebab tersering jerawat di dagu muncul. Kebersihan kulit yang terjaga bisa menyebabkan pori-pori tersumbat oleh minyak dan sisa kotoran di wajah. Kotoran dan minyak tersebutlah yang kemudian memicu timbul jerawat di wajah, termasuk di dagu. 

  • Perubahan Hormon 

Selain tidak menjaga kebersihan, jerawat di wajah juga bisa muncul karena ada perubahan hormon. Jerawat muncul saat kadar hormon androgen yang merupakan hormon pria mengalami peningkatan. Saat hormon meningkat, kelenjar minyak akan memproduksi minyak secara berlebihan. Hal itu kemudian menyebabkan pori-pori di wajah tersumbat dan jerawat pun muncul. 

Pada wanita, peningkatan hormon androgen biasanya meningkat saat memasuki masa pubertas dan menjelang menstruasi. Jerawat di dagu juga rentan menyerang wanita yang mengalami ketidakseimbangan hormon akibat polycystic ovary syndrome (PCOS).

Baca juga: Jerawat di Dagu Bikin Ganggu, Intip Cara Menghilangkannya

  • Rambut Tumbuh ke Dalam 

Risiko jerawat muncul di dagu juga meningkat karena rambut yang tumbuh ke dalam. Biasanya, hal ini disebabkan oleh kebiasaan mencukur jenggot yang salah. Hal itu bisa meningkatkan risiko peradangan yang akhirnya menimbulkan benjolan berupa jerawat di dagu. 

Setelah mengetahui semua penyebabnya, kamu juga perlu tahu bagaimana cara mengatasi jerawat yang muncul di dagu. Mengatasi jerawat di dagu bisa dilakukan dengan rutin mencuci muka dan menjaga kebersihan kulit wajah. Caranya dengan mencuci muka dua kali dalam satu hari menggunakan sabun pembersih wajah berbahan ringan. 

Selain itu, sebaiknya hindari kebiasaan memencet jerawat yang muncul di dagu. Hal ini bisa memperparah kondisi karena bisa menyebabkan jerawat terinfeksi dan lebih lama sembuh. Daripada memencet, cobalah untuk mengompres jerawat di dagu dengan air dingin. Hal ini bisa membantu mengurangi peradangan penyebab jerawat. Caranya, bungkus es batu dengan kain bersih, kemudian gunakan untuk mengompres jerawat selama 5 menit. 

Baca juga:  Inilah Hormon Jerawat dan Cara Mengatasinya

Cari tahu lebih lanjut seputar jerawat di dagu dan apa saja penyebabnya dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter kapan dan di mana saja melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2019. What Causes Teen Acne?
Healthline. Diakses pada 2019. How to Get Rid of That Chin Pimple.
Web MD. Diakses pada 2019. Ways You May Be Making Your Acne Worse.