• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jeruk Nipis Bisa Menghilangkan Ketombe, Ini Caranya

Jeruk Nipis Bisa Menghilangkan Ketombe, Ini Caranya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Jeruk Nipis Bisa Menghilangkan Ketombe, Ini Caranya

“Munculnya ketombe dapat mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri orang yang mengalaminya. Selain menggunakan sampo anti ketombe, bahan alami seperti jeruk nipis juga bermanfaat untuk menghilangkan ketombe. Buah masam tersebut mengandung semua vitamin yang penting untuk kesehatan rambut. Ada dua cara penggunaan jeruk nipis untuk ketombe, yaitu diaplikasikan langsung atau dicampur bahan lain.”

Halodoc, Jakarta – Ketombe adalah masalah yang kerap mengganggu banyak orang. Bagaimana tidak, serpihan kulit kepala yang mengelupas dan berjatuhan bisa membuat orang yang mengalaminya menjadi tidak percaya diri. Cara yang sering direkomendasikan untuk mengatasi ketombe adalah dengan menggunakan sampo anti ketombe atau menambahkan asupan vitamin ke dalam menu makanan sehari-hari.

Namun, beberapa orang juga percaya, bahan alami seperti jeruk nipis bisa menjadi solusi yang efektif. Hal itu karena buah ini mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan rambut. Bila kamu tertarik untuk menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi ketombe, cari tahu caranya di sini.

Baca juga: Begini Cara Memilih Sampo Terbaik untuk Atasi Ketombe

Apa yang Menjadi Penyebab Ketombe?

Sebelum mengetahui manfaat lemon untuk mengatasi ketombe, mari ketahui dulu apa yang menjadi penyebab ketombe.

Ketombe seringkali disebabkan oleh adanya Malassezia, jamur seperti ragi yang mengonsumsi minyak yang ada di kulit kepala. Seperti jamur alami lainnya, Malassezia biasanya tidak menyebabkan masalah yang besar kecuali bila jumlahnya berlebihan. Jamur yang terlalu banyak bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan teriritasi. Akibatnya, terjadi lah ketombe dan gangguan kulit kering lainnya.

Selain itu, sensitivitas terhadap produk rambut juga bisa menjadi penyebab ketombe. Alergi dan iritasi pada produk tertentu bisa menyebabkan peradangan di kulit kepala, sehingga menyebabkan dermatitis kontak. Kondisi ini bisa menimbulkan ruam merah, gatal dan bersisik.

Penyebab umum ketombe lainnya, antara lain:

  • Kulit berminyak.
  • Kondisi kulit lainnya, seperti psoriasis, eksim, dan dermatitis.
  • Seboroik.
  • Kulit kering.
  • Jarang keramas.

Baca juga: Benarkah Ketombe Menjadi Pertanda Alami Stres?

Bisakah Jeruk Nipis Mengatasi Ketombe?

Jeruk nipis dipercaya bisa mengatasi ketombe, karena bisa memberikan manfaat-manfaat berikut:

  • Memberikan vitamin C, asam sitrat, flavonoid, dan zat besi yang penting untuk kesehatan rambut dan kulit.
  • Menyeimbangkan pH kulit kepala untuk mencegah ketombe.
  • Memperkuat folikel rambut.
  • Menghilangkan minyak berlebih di kulit kepala yang menyebabkan penumpukan dan serpihan kulit kepala.

Menurut sebuah studi tahun 2015, asam sitrat yang ada dalam jeruk nipis adalah pengatur pH alami untuk kulit kepala. Beberapa sampo sering menggunakan buah sitrat, seperti jeruk nipis, karena baunya yang harum dan kemampuannya untuk menyesuaikan kulit kepala sampai pH 5,5. Nah, hal ini membantu untuk menjaga netralitas, mencegah reaksi merugikan dan peradangan pada kulit, dan mengurangi risiko ketombe.

Selain itu, buah masam ini juga kaya akan vitamin C dan B. Vitamin C memiliki sifat antioksidan kuat yang tidak hanya membantu memperkuat folikel rambut, tapi juga meningkatkan produksi kolagen untuk membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Sedangkan vitamin B bermanfaat untuk memperbaiki kondisi kulit, bahkan kulit kepala. Sebuah studi tahun 2017 menunjukkan bahwa kekurangan vitamin B bisa memicu dermatitis seboroik yang merupakan salah satu penyebab utama ketombe.

Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas jeruk nipis untuk mengatasi ketombe.

Baca juga: Ketombe Bandel, Jangan-Jangan Dermatitis Seboroik

Cara Menggunakan Jeruk Nipis 

Perlu diperhatikan, sebelum menggunakan jeruk nipis atau produk baru lainnya untuk perawatan rambut kamu, ada baiknya bicarakan dulu dengan dokter. Tujuannya untuk memastikan kamu tidak memiliki alergi atau mengonsumsi obat yang bisa menyebabkan reaksi buruk bila terkena jeruk nipis.

Berikut cara menggunakan lemon untuk mengatasi ketombe, yaitu:

  • Aplikasikan secara Langsung

Kamu bisa mengaplikasikan jus jeruk nipis langsung ke kulit. Lakukanlah hal ini sebelum keramas. Biarkan selama beberapa menit agar sari buah ini meresap ke dalam folikel rambut dan kulit.

Setelah itu, bilas dengan air hangat, dan cuci rambut dan kulit kepala dengan sampo berbahan ringan. Lakukan perawatan dengan air jeruk nipis ini setiap hari untuk hasil yang signifikan.

  • Dicampur dengan Bahan Lain

Kamu juga bisa mencampurkan air jeruk nipis dengan bahan lain untuk mendapatkan manfaat yang lebih, seperti minyak kelapa dan gula. Campuran tersebut bertindak sebagai scrub untuk mengelupaskan kulit kepala atau larutan perawatan sebelum keramas.

Itulah manfaat jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe. Bila kamu mengalami masalah kulit kepala yang cukup parah, jangan dibiarkan saja. Segera berobat ke dokter dengan buat janji di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Can You Use Lemons to Treat Dandruff?.