• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kabar Baik untuk Pecinta Green Tea, Ini Manfaat Teh Hijau
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kabar Baik untuk Pecinta Green Tea, Ini Manfaat Teh Hijau

Kabar Baik untuk Pecinta Green Tea, Ini Manfaat Teh Hijau

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 07 Juni 2022

“Teh hijau ternyata punya segudang manfaat untuk kesehatan. Contohnya mampu mengatasi insomnia sampai mencegah diabetes tipe 2, berkat kandungan antioksidan dan polifenol di dalamnya.”

Kabar Baik untuk Pecinta Green Tea, Ini Manfaat Teh Hijau

Halodoc, Jakarta – Green tea alias teh hijau masih digemari banyak orang sampai saat ini. Bukan hanya diolah menjadi minuman, jenis teh tersebut juga digunakan untuk membuat berbagai macam camilan. Mulai dari kue cubit green tea, bolu green tea, dan berbagai makanan lain bernuansa teh hijau.

Namun, tahukah kamu, teh hijau sebenarnya sudah lama dikonsumsi karena dianggap sebagai minuman yang baik bagi kesehatan, lo. Jadi, hal ini bisa menjadi kabar baik buat kamu penyuka green tea, karena ada segudang manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh dari jenis teh tersebut. Yuk, simak manfaat teh hijau di sini.

Manfaat Teh Hijau yang Sayang Dilewatkan

Kaya akan antioksidan dan polifenol yang bermanfaat, berikut manfaat teh hijau untuk kesehatan:

1. Mengobati Insomnia

Teh hijau bisa membantumu untuk lebih mudah tidur, karena mengandung theanin yang memberikan efek relaksasi pada tubuh. Untuk mendapatkan manfaat teh hijau tersebut, pastikan tidak menyeduh teh dengan air mendidih.

2. Menurunkan berat  badan

Teh hijau juga sudah dikenal bisa menurunkan berat badan. Hal itu berkat kandungan catechins-nya yang dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh. Dengan metabolisme yang lancar, proses penurunan berat badan dan pembakaran lemak pun meningkat.

3. Menurunkan Kolesterol

Gemar mengonsumsi makanan cepat saji, gorengan dan minuman bersoda dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Kolesterol yang tinggi akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke menyerang. Nah, minum teh hijau setiap hari bisa membantu menjaga kadar kolesterol seimbang.

4. Kulit yang cantik

Mengonsumsi teh hijau dapat melindungi kulit dari bahaya radiasi ultraviolet (UV). Terlebih jika kamu orang yang aktif  dan sering terpapar sinar matahari. Rutin minum teh hijau dapat membuat kulit lebih cantik, sehat, dan terhindar dari kanker kulit.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Teh hijau juga termasuk minuman sehat berkafein. Kandungan tersebut tidak hanya bisa membuat kamu tetap waspada, tapi juga meningkatkan fungsi otak lo. Penelitian sudah menunjukkan bahwa kafein bisa meningkatkan berbagai aspek fungsi otak, termasuk suasana hati, kewaspadaan, waktu reaksi dan memori.

Namun, kafein bukan satu-satunya kandungan yang ada di balik manfaat teh hijau tersebut. Teh hijau juga mengandung asam amino L-theanine yang bisa bekerja secara sinergis dengan kafein untuk meningkatkan fungsi otak.

6. Mengurangi Bau Mulut

Nah, buat kamu yang punya masalah bau mulut, minum teh hijau juga bisa memberikan manfaat baik untukmu. Kandungan katekin dalam teh hijau bisa menghambat pertumbuhan bakteri di mulut, sehingga membantu mengurangi bau mulut.

7. Mencegah Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan penyakit gula darah tinggi yang disebabkan oleh resistensi insulin, atau ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin. Studi menunjukkan bahwa manfaat teh hijau baik untuk mencegah diabetes, karena bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah.

Studi pada orang Jepang menemukan bahwa mereka yang minum teh hijau paling banyak memiliki risiko sekitar 42% lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Itulah manfaat teh hijau untuk kesehatan. Bila kamu ingin tahu nutrisi dan manfaat makanan tertentu, tanya dokter saja melalui aplikasi Halodoc saja! Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa tanya apa saja seputar kesehatan pada dokter kapan saja dan di mana saja.  Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Evidence-Based Benefits of Green Tea.
Medical News Today Diakses pada 2022. What are the health benefits of green tea?