Kaki Bengkak setelah Melahirkan, Bagaimana Mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
kaki-bengkak-setelah-melahirkan-bagaimana-mengatasinya-halodoc

Halodoc, Jakarta – Kehamilan memang membawa perubahan besar pada tubuh ibu. Salah satu perubahan yang bisa bikin ibu merasa tidak nyaman adalah kaki bengkak. Sebenarnya, kaki bengkak yang dialami ibu hamil sangat wajar. Hal itu terjadi sebagai dampak dari perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan. Namun, alih-alih mengempis, kaki bengkak bisa bertahan setelah melahirkan. Kondisi ini disebut sebagai pembengkakan postpartum atau pembengkakan pasca melahirkan. Jangan khawatir, simak cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan di sini.

Baca juga: Wajarkah Kaki Bengkak Setelah Melahirkan?

Untuk mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan, kuncinya adalah ibu perlu menjaga agar sirkulasi darah dalam tubuh tetap mengalir dengan lancar. Berikut ini beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi kaki bengkak pasca melahirkan:

1. Banyak Minum Air Putih

Penyebab kaki bengkak setelah melahirkan memang karena adanya penumpukan banyak cairan dalam tubuh. Namun, hal ini mestinya tidak dijadikan alasan untuk mengurangi konsumsi air putih, karena memperbanyak minum air putih justru bisa mengurangi pembengkakan. Kekurangan cairan atau dehidrasi bisa memicu terjadinya penumpukan cairan pada tubuh yang akhirnya menimbulkan pembengkakan.

2. Letakkan Kaki di Tempat yang Lebih Tinggi

Mengembalikan kaki bengkak setelah melahirkan juga bisa dengan cara mengangkat kaki dan meletakkannya di tempat yang lebih tinggi. Misalnya, mengganjal kaki dengan bantal saat berbaring. Hal ini bisa membantu melancarkan sirkulasi darah dan memicu cairan pada kaki mengalir ke seluruh tubuh. Alhasil, lama-kelamaan pembengkakan pada kaki pun akan menghilang.

3. Lakukan Olahraga Ringan

Melakukan olahraga ringan secara rutin juga bisa mengembalikan kaki bengkak setelah melahirkan, lho. Olahraga ringan bisa menghilangkan cairan yang menumpuk di kaki, sekaligus melancarkan aliran darah pada tubuh. Namun, sebelum memutuskan untuk berolahraga ringan, ada baiknya ibu membicarakannya terlebih dahulu dengan dokter kandungan untuk memastikan kesiapan kondisi tubuh untuk berolahraga. Berbagai pilihan olahraga ringan yang bisa ibu lakukan, antara lain jalan santai, yoga, berenang, dan pilates.

Baca juga: 5 Olahraga yang Paling Disarankan untuk Ibu Hamil

4. Kenakan Stoking Kompresi

Para penulis dari sebuah studi yang dilakukan tahun 2017 menemukan bahwa penggunaan stoking kompresi dapat membantu mengurangi pembengkakan dalam waktu 24 jam setelah melahirkan. Namun, mereka juga mencatat bahwa hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Stoking kompresi dapat membantu meningkatkan aliran darah dengan mengurangi ukuran pembuluh darah di kaki. Hal ini mendorong pembuluh untuk mengalirkan darah lebih banyak dalam waktu yang singkat.

5. Kenakanlah Pakaian yang Longgar

Mengenakan pakaian yang ketat hanya akan menghambat sirkulasi darah ke berbagai bagian tubuh. Akibatnya, tubuh tidak bisa mengalirkan cairan dalam tubuh dan memicu cairan berkumpul di satu tempat. Jadi, kenakanlah pakaian yang longgar yang bisa membantu meredakan kaki bengkak setelah melahirkan.

6. Kurangi Asupan Garam

Salah satu kunci untuk meredakan pembengkakan postpartum adalah jumlah air dan garam di dalam tubuh harus seimbang. Bila ibu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi, tubuh bisa mengalami penumpukan cairan berlebih. Bukannya meredakan kaki bengkak setelah melahirkan, asupan garam malah bisa semakin memperparah kondisinya. Karena itu, ibu sebaiknya mengurangi asupan garam dari makanan dan minuman agar kaki bengkak setelah melahirkan dapat kembali normal seperti sedia kala.

Baca juga: Terlalu Banyak Makan Garam, Ini Akibatnya

7. Jangan Berdiri Terlalu Lama

Selama kaki ibu masih bengkak setelah melahirkan, sebaiknya hindari berdiri dalam waktu yang lama. Bila dalam situasi tertentu, ibu dituntut harus banyak berdiri, usahakan untuk meluangkan waktu untuk duduk atau beristirahat sesekali. 

Jangan lupa, hindari juga duduk dengan menyilangkan kaki atau menopang satu kaki di atas kaki yang lain. Pasalnya hal tersebut bisa menghambat aliran darah, sehingga kaki bengkak akan sulit mereda.

8. Makan-Makanan yang Berkalium Tinggi

Terlalu banyak asupan garam atau sodium dalam tubuh juga bisa menyebabkan kaki ibu bengkak. Nah, mengonsumsi makanan berkalium tinggi dapat menurunkan jumlah garam dalam tubuh. Selain itu, kalium juga bermanfaat untuk melindungi pembuluh darah dan mencegahnya mengalami penebalan. Contoh makanan berkalium tinggi, antara lain pisang, alpukat, bayam, kacang-kacangan, dan yogurt.

Nah, itulah 8 cara untuk mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan. Meski pembengkakan pasca melahirkan tergolong wajar, tetapi tidak ada salahnya untuk membicarakannya pada dokter mengenai masalah ini, apalagi bila tidak kunjung membaik. Ibu bisa membicarakan masalah kesehatan yang dialami dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui melalui fitur Chat to A Doctor untuk minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2019. Natural treatments for postpartum swelling.