• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kalori Es Teh Manis dan Teh Tawar, Mana yang Lebih Besar?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kalori Es Teh Manis dan Teh Tawar, Mana yang Lebih Besar?

Kalori Es Teh Manis dan Teh Tawar, Mana yang Lebih Besar?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 November 2022

“Sebenarnya, tidak ada patokan pasti kalori yang akan terkandung di dalam es teh manis, karena bergantung pada seberapa banyak gula yang digunakan. Di sisi lain, meski tidak menggunakan gula dalam proses penyajiannya, bukan berarti teh tawar hangat bebas dari kalori.”

Kalori Es Teh Manis dan Teh Tawar, Mana yang Lebih Besar?Kalori Es Teh Manis dan Teh Tawar, Mana yang Lebih Besar?

Halodoc, Jakarta – Teh merupakan salah satu minuman sehat untuk melepas dahaga yang memiliki banyak penggemar. Selain rasanya yang lezat dan khas, teh juga diketahui dapat diolah bermacam jenis. Contohnya seperti teh tawar hangat, atau dijadikan sebagai minuman dingin seperti es teh manis. Meski begitu, minuman seperti teh diketahui juga memiliki kalori. 

Artinya, bagi kamu yang sedang diet, tentunya perlu berhati-hati dalam memilih jenis pengolahannya. Sebab, baik antara teh tawar dan es teh manis, keduanya diketahui memiliki kadar kalori berbeda. Lantas, kira-kira mana yang lebih besar? 

Es Teh Manis Vs Teh Tawar Mana yang Kalorinya Lebih Tinggi?  

Sebenarnya, tidak ada patokan pasti berapa banyak kalori yang akan terkandung di dalam es teh manis. Sebab, hal ini akan bergantung pada seberapa banyak gula yang digunakan untuk membuatnya. Nah, perlu diketahui bahwa dalam satu sendok makan gula seberat 13 gram, ada 49 kalori yang terkandung di dalamnya. 

Jika kamu membuat es teh manis dengan tiga sendok makan gula, artinya ada sekitar 147 kalori yang terkandung di dalam es teh manis tersebut, yang hanya berasal dari gula. Maka dapat disimpulkan bahwa bagi kamu yang sedang menjalani diet, jika memang ingin mengonsumsi es teh manis, cobalah untuk menggunakan gula sedikit. 

Sementara itu, meski tidak menggunakan gula dalam proses penyajiannya, bukan berarti teh tawar hangat bebas dari kalori. Sebab, menurut Fatsecret Indonesia, dalam segelas teh tawar (cangkir ukuran 240 mililiter) dapat mengandung setidaknya dua kalori. Kendati demikian, jika dibandingkan dengan es teh manis, teh tawar tentunya dapat dijadikan sebagai pilihan yang lebih menyehatkan untuk melepas dahaga. 

Tips Mengonsumsi Es Teh Manis yang Aman

Karena jumlah kalori dari minuman ini akan tergantung pada seberapa banyak gula yang digunakan, cobalah untuk mengonsumsinya dengan sedikit gula. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan pemanis lain yang rendah gula dan rendah kalori. Sebagai contoh, menggunakan pemanis alami yang dibuat dari stevia. 

Stevia saat ini mulai populer untuk digunakan sebagai pemanis rendah kalori. Pemanis ini diekstrak dari daun tanaman yang disebut Stevia rebaudiana, yang selama berabad-abad digunakan di Amerika Selatan sebagai pemanis sekaligus bahan pengobatan herbal. 

Ada beberapa senyawa manis ditemukan dalam daun stevia. Misalnya seperti stevioside dan rebaudioside A. Menariknya lagi, stevia juga sangat manis, tetapi tidak mengandung kalori. Penggunaan pemanis ini juga dikabarkan dapat memberikan sejumlah manfaat potensial pada kesehatan tubuh. Salah satunya adalah membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh, sehingga bermanfaat untuk dikonsumsi pengidap hipertensi. 

Bahkan, stevia juga dapat menjadi alternatif gula yang bermanfaat bagi pengidap diabetes karena dapat membantu menjaga kadar gula darah yang sehat. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa stevia dapat berdampak negatif pada mikrobioma usus. Maka dari itu, pastikan untuk terlebih dahulu berdiskusi dengan dokter terkait konsumsinya. 

Itulah penjelasan mengenai kandungan kalori pada minuman seperti es teh manis dan es teh tawar. Sebenarnya kandungan kalori pada es teh manis akan bergantung pada seberapa banyak gula yang digunakan. Selain menjaga asupan nutrisi dari makanan atau minuman yang dikonsumsi, pastikan juga untuk secara rutin memeriksakan kondisi kesehatanmu. Sebab, hal ini merupakan bagian dari penerapan hidup sehat, guna mendeteksi adanya indikasi penyakit tertentu yang sulit terdeteksi. 

Jika saat ini kamu ingin memeriksakan kondisi, kamu bisa janji medis melalui aplikasi Halodoc dengan dokter pilihanmu. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi: 
Fat Secrets. Diakses pada 2022. Teh Tawar. 
Nutritionix. Diakses apda 2022. 1 Tbsp White Sugar. 
USDA. Diakses pada 2022. Tea, iced, brewed, black, pre-sweetened with low calorie sweetener. 
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2022. Low-Calorie Sweeteners. 
Healthline. Diakses pada 2022. 5 Natural Sweeteners That Are Good for Your Health.