• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Kandungan Gizi dalam 6 Makanan Pokok Indonesia

Ini Kandungan Gizi dalam 6 Makanan Pokok Indonesia

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Kekayaan kuliner Indonesia sudah bisa terlihat dari pilihan makanan pokoknya. Tak hanya nasi, ternyata ada juga 6 jenis makanan pokok lain yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia, dari Sabang hingga Merauke. Ada umbi-umbian, jagung, dan makanan lainnya, yang kerap disajikan bersama aneka lauk pauk.

Jadi, bisa dikatakan nasi bukanlah makanan yang wajib-wajib amat, kok. Sebab, masih ada banyak pilihan makanan pokok lain yang tak kalah mengenyangkan dan juga menyehatkan. Dari segi kesehatan pun, semakin bervariasi asupan makanan kamu, akan semakin baik. Lantas, seperti apa kandungan gizi dalam 6 makanan pokok Indonesia? Ketahui setelah ini.

Baca juga: 4 Jenis Beras Sehat Pengganti Nasi Putih

6 Makanan Pokok Indonesia: Dari Nasi hingga Pisang

Seperti telah dikatakan sebelumnya, makanan pokok orang Indonesia itu beragam sekali. Selain mengandung karbohidrat yang mengenyangkan, seperti apa kandungan nutrisinya? Berikut dijelaskan satu persatu:

1. Nasi

Tidak hanya di Indonesia, nasi juga menjadi makanan pokok di banyak negara lain di dunia, terutama Asia. Tak mengherankan memang karena nasi putih adalah sumber energi yang baik untuk tubuh dan sangat fleksibel untuk digabungkan dengan apapun lauknya.

Dalam satu porsinya atau sekitar 200 gram nasi putih, terkandung hampir 250 kalori dan 53,2 gram karbohidrat. Selain itu, nasi putih juga mengandung gula yang cukup tinggi, sehingga tidak disarankan untuk pengidap diabetes atau orang yang perlu membatasi asupan gula. Sebagai gantinya, bisa mengonsumsi nasi merah, hitam, atau cokelat.

2. Sagu

Sagu paling banyak dijadikan makanan pokok di daerah Indonesia bagian timur. Makanan pokok ini biasa diolah menjadi papeda dan disajikan bersama lauk ikan kuah kuning serta sayur. Soal nutrisi, sagu sebenarnya tidak terlalu banyak mengandungnya, selain karbohidrat dan kalori yang cukup tinggi.

Namun, itulah yang menjadikan sagu makanan sumber energi yang baik bagi tubuh. Selain karbohidrat dan kalori, sagu juga mengandung zat besi, kalium, dan kalsium, serta vitamin dan asam folat, tetapi jumlahnya tidak terlalu signifikan.

Baca juga: Ini yang Didapatkan Jika Mengonsumsi Roti Gandum

3. Singkong

Singkong adalah makanan pokok yang cukup populer, karena enak diolah menjadi berbagai olahan. Sebagai makanan pokok, tumbuhan akar ini biasa diolah menjadi singkong goreng, singkong rebus, hingga tiwul. Nutrisinya cukup padat. Dalam sekitar 100 gram singkong, terkandung 40 gram karbohidrat, 165 kalori, dan 2 gram serat, gula, serta protein.

4. Jagung

Pernah coba nasi jagung? Makanan tersebut sudah jadi makanan pokok masyarakat Madura dan beberapa daerah di Jawa Timur secara turun-temurun, lho. Sedikit berbeda dengan sumber karbohidrat lainnya, jagung kaya akan vitamin, mineral dan serat, sehingga cocok dijadikan sebagai makanan pokok. 

Dalam sekitar 160 gram jagung, terkandung 177 kalori dan 41 gram karbohidrat. Selain sebagai makanan pokok, jagung juga bisa bantu penuhi kebutuhan vitamin C, B1, B9, serta magnesium dan kalium harian kamu, lho.

5. Ubi

Ubi adalah pilihan makanan pokok yang cocok dikonsumsi orang yang sedang diet, karena kandungannya lebih menyehatkan ketimbang nasi. Tanaman umbi-umbian ini merupakan sumber energi yang baik dan mengandung aneka vitamin, mineral, dan serat. Soal kandungan vitamin, ubi sangat kaya akan vitamin A dan C. Kedua vitamin tersebut sangatlah penting bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: Nasi Putih Bikin Ketagihan, Kok Bisa?

6. Pisang

Meski tergolong buah-buahan, pisang juga kerap dijadikan sebagai makanan pokok orang Indonesia. Namun, jenis pisang yang digunakan sebagai makanan pokok tentunya berbeda dengan pisang yang biasa diolah untuk kue atau kudapan.

Nutrisi yang terkandung dalam pisang juga tak kalah menyehatkan dibanding jenis makanan pokok lainnya. Buah ini mengandung kalium dalam jumlah yang tinggi. Perlu diketahui bahwa kalium adalah salah satu nutrisi yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan di tubuh, serta mengatur penyerapan dan pembuangan nutrisi di sel.

Nah, itulah 6 makanan pokok Indonesia dan penjelasan tentang kandungan gizi di masing-masing jenisnya. Jadi, nasi putih bukanlah satu-satunya makanan pokok yang bisa kamu konsumsi, lho. Cobalah sesekali mengganti makanan pokok kamu dengan berbagai pilihan tersebut. 

Tidak perlu khawatir akan kekurangan karbohidrat. Sebab, nutrisi ini nyatanya terdapat dalam berbagai jenis makanan, termasuk sayur dan buah. Jika kamu masih bingung soal pengaturan pola dan menu makan sehari-hari, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter gizi lewat chat.

Referensi:
Organic Facts. Diakses pada 2020. Sago.
Very Well Fit. Diakses pada 2020. Cassava Nutrition Facts, Calories, Carbs, and Health Benefits.
Healthline. Diakses pada 2020. Is Corn Good for You?
Medical News Today. Diakses pada 2020. Benefits and health risks of bananas.
Healthline. Diakses pada 2020. Sweet Potato Benefits.