• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Bawal untuk Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Bawal untuk Kesehatan

Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Bawal untuk Kesehatan

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 30 November 2022

“Ikan bawal mengandung berbagai nutrisi baik, seperti asam lemak omega-3, vitamin dan mineral penting, serta protein. Berkat kandungan nutrisi tersebut, ada banyak manfaat ikan bawal untuk kesehatan”

Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Bawal untuk KesehatanKandungan Gizi dan Manfaat Ikan Bawal untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Rasanya yang enak dan harganya yang relatif murah, membuat ikan bawal menjadi salah satu pilihan makanan laut yang digemari banyak orang. Selain itu, jenis ikan air tawar satu ini juga kaya akan nutrisi, sehingga ada banyak manfaat ikan bawal untuk kesehatan tubuh.

Ikan sudah dikenal sebagai makanan sehat yang kaya akan asam lemak yang disebut asam lemak omega-3. Nutrisi ini bisa memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan banyak organ tubuh. Tidak hanya asam lemak, ikan bawal juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral, protein, dan rendah lemak. Itulah mengapa manfaat ikan bawal sayang untuk dilewatkan.

Kandungan Gizi Ikan Bawal

Selain asam lemak omega-3, ikan bawal juga merupakan sumber vitamin A, D, B12, kalsium, fosfor, zat besi, yodium dan masih banyak lagi. Dalam 100 gram  ikan bawal mengandung nilai gizi sebagai berikut:

  • Kalori= 96 kkal.
  • Protein= 19 gram.
  • Lemak= 1,7 gram.
  • Karbohidrat = 0 gram.
  • Besi = 2 miligram.
  • Fosfor = 150 miligram.

Manfaat Ikan Bawal untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya yang mengagumkan tersebut, ikan ini dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Ikan bawal juga memiliki tulang yang sedikit, sehingga anak-anak bisa mengonsumsinya dan mendapatkan manfaat kesehatan darinya. Berikut beberapa manfaat ikan bawal untuk kesehatan:

1. Baik untuk pertumbuhan otak anak

Mengonsumsi ikan berlemak sangat baik untuk mendukung perkembangan otak anak. Nah, ikan bawal mengandung DHA dan EPA yang mampu memberikan dampak positif terhadap neurokognitif anak. Manfaat ikan bawal tersebut diungkapkan pada penelitian yang dilakukan di Kongres ISSFAL (International Society for the Study off Fatty Acids and Lipids) di Stockholm.

2. Meningkatkan penglihatan

Mengonsumsi ikan juga baik untuk kesehatan mata. Penelitian sudah menunjukkan bahwa memasukkan ikan dalam pola makan bisa meningkatkan penglihatan. Berkat kandungan asam lemak omega-3 dan retinol, manfaat ikan bawal bisa melindungi mata dari degenerasi makula terkait usia. Itulah mengapa mengonsumsi ikan air tawar ini bisa membuat penglihatan menjadi lebih kuat.

3. Meningkatkan memori dan konsentrasi

Ikan juga bisa meningkatkan daya konsentrasi. Seiring bertambahnya usia, daya ingat bisa menurun, terutama ingatan jangka pendek. Masalah ini disebut penurunan kognitif terkait usia. Nah, hal itu bisa dicegah atau diperlambat dengan mengonsumsi ikan, terutama ikan bawal yang mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin D. 

Mengonsumsi makanan sehat tersebut bisa membantu kamu tidur lebih nyenyak yang secara langsung bisa  membantu meningkatkan konsentrasi. Manfaat ikan bawal juga bisa menurunkan risiko demensia.

4. Mengurangi risiko serangan jantung

Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ikan secara teratur memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak. Manfaat ikan bawal untuk mencegah penyakit jantung tersebut tidak terlepas dari kandungan asam lemak tak jenuhnya, yaitu asam lemak omega-3. 

Asam lemak ini bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, dan mengurangi bintik-bintik pada pembuluh darah yang menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. 

Mengonsumsi ikan bawal juga bisa menurunkan kadar trigliserida atau yang juga dikenal sebagai lemak jahat dan memperbaiki irama jantung yang tidak normal. Selain itu, ikan ini juga mengandung protein tanpa lemak yang baik untuk kesehatan jantung.

5. Mencegah gangguan terkait tulang

Mengonsumsi ikan bawal juga bisa mencegah kemungkinan berkembangnya penyakit terkait tulang, seperti osteomalacia dan rachitis. Kedua penyakit tersebut membuat tulang menjadi rapuh dan mudah retak. Osteomalacia terjadi pada orang dewasa dan rachitis terjadi pada anak-anak. Nah, berkat kandungan vitamin D-nya yang tinggi, manfaat ikan bawal bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang yang lebih baik dan lebih kuat, sehingga bisa mencegah penyakit tulang tersebut.

6. Menurunkan risiko kanker

Ikan juga merupakan makanan sehat yang bisa mencegah dan mengurangi risiko kanker. Asam lemak omega-3 dan antioksidan yang terkandung dalam daging ikan bawal bisa membantu mengurangi kanker, seperti kanker payudara pada wanita dan kanker prostat pada pria.

Itulah beberapa manfaat ikan bawal untuk kesehatan. Bila kamu sakit atau ada keluhan kesehatan tertentu, coba periksakan saja ke dokter. Sekarang periksa kesehatan ke dokter sudah lebih mudah dengan aplikasi Halodoc. Caranya, tinggal buat janji di rumah sakit pilihan melalui aplikasi. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Agricultural Guide. Diakses pada 2022. Pomfret Fish Benefits And Nutritional Values.
Dr Health Benefits. Diakses pada 2022. 30 Health Benefits of Pomfret Fish (Research-Based).