• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kandungan Nutrisi yang Terdapat dalam Ikan Nila

Kandungan Nutrisi yang Terdapat dalam Ikan Nila

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Satu piring ikan nila bakar yang dilengkapi dengan sambal menjadi santapan yang pas untuk dinikmati saat lapar. Namun, tahukah kamu selain memiliki rasa yang enak, jenis ikan yang satu ini nyatanya juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Apa saja kandungan nutrisi yang ada pada ikan nila? 

Dalam satu ekor ikan nila, ternyata banyak terkandung protein dan asam folat yang baik untuk tubuh. Selain itu, ikan yang satu ini ternyata juga banyak mengandung vitamin B12, fosfor, selenium, dan kalium. Dalam 100 gram ikan nila, terdapat sekitar 128 kalori, 0 gram karbohidrat, 26 gram protein, 3 gram lemak, serta sejumlah vitamin B3, B12, kalium, fosfor, serta selenium. 

Baca juga: 5 Manfaat Makan Ikan

Manfaat Ikan Nila untuk Kesehatan 

Karena memiliki kandungan nutrisi yang banyak, mengonsumsi ikan nila bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari rutin mengonsumsi ikan nila, di antaranya: 

1.Menjaga Kolesterol 

Ikan nila memiliki kandungan asam lemak omega 3. Nutrisi ini bisa membantu menjaga kadar kolesterol tubuh. Selain itu, kandungan ini juga bisa membuat otot lebih baik dalam merespons hormon insulin. Dengan begitu, kandungan nila juga bisa memberi dampak yang baik pada pengidap penyakit diabetes. 

2.Baik untuk Pencernaan 

Kandungan protein dalam ikan nila juga bisa memberi manfaat yang baik untuk tubuh, salah satunya menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, protein dalam ikan nila juga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Nutrisi ini juga bisa membantu penyembuhan jaringan yang rusak dan menjaga keseimbangan hormon.

3.Tulang Lebih Sehat 

Mengonsumsi ikan nila juga bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Hal itu berkat kandungan kalsium yang ada pada ikan nila, kalsium penting untuk proses pembekuan darah dan kesehatan otot, termasuk otot jantung.

Baca juga: Ini 4 Manfaat Ikan yang Didapat Jika Mengonsumsinya

4.Mencegah Penuaan Dini

Manfaat ikan nila lainnya adalah mencegah penuaan dini. Hal ini berkat kandungan selenium yang ada di dalam ikan nila. Selenium bisa menstimulasi vitamin E dan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Antioksidan yang satu ini bisa membantu mencegah kerusakan sel yang bisa terjadi karena paparan radikal bebas berlebih. Hal itu bisa memicu munculnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput, kulit kendur, serta muncul bercak hitam di wajah. 

5.Kesehatan Otak Terjaga 

Konsumsi ikan nila juga bisa membantu menjaga kesehatan otak. Hal ini berkat kandungan asam lemak pada ikan nila yang disebut bisa meningkatkan fungsi otak serta saraf. Kandungan kalium dalam ikan nila juga bisa membantu menjaga fungsi otak. 

6.Membantu Mencegah Kanker 

Kandungan selenium pada ikan nila ternyata juga bisa membantu mencegah kanker. Sebagai antioksidan, kandungan nutrisi yang satu ini bisa membantu mencegah terjadinya kerusakan sel yang bisa menjadi pemicu kanker. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat ikan nila yang satu ini. 

Baca juga: 6 Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Tanya dokter di aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Sampaikan keluhan dan masalah kesehatan yang dialami. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips melawan penyakit dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Health Benefits of Tilapia.
Healthline. Diakses pada 2020. Tilapia Fish: Benefits and Dangers.
Organic Facts. Diakses pada 2020. 8 Amazing Benefits Of Tilapia.