• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

7 Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Menjalani kehamilan membuat ibu mengalami banyak perubahan pada tubuh, mulai dari perubahan bentuk tubuh hingga muncul permasalahan kulit wajah. American Pregnancy Association mengungkapkan, ada beberapa masalah kulit yang kerap dialami ibu hamil, seperti munculnya jerawat, kulit menjadi kering, atau munculnya melasma. Nah, masalah kulit ini kerap menurunkan rasa percaya diri ibu hamil.

Baca juga: Perawatan Kecantikan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Penggunaan skincare menjadi cara yang efektif untuk menjaga kesehatan kulit saat hamil. Namun, cukup banyak kandungan skincare yang diketahui tidak aman untuk digunakan ibu hamil karena meningkatkan risiko gangguan kesehatan pada bayi dalam kandungan. Jangan khawatir, masih ada beberapa kandungan skincare yang aman digunakan oleh ibu hamil.

Ketahui Kandungan Skincare untuk Ibu Hamil

Banyak ibu hamil yang mengalami munculnya jerawat hormonal atau kulit menggelap akibat perubahan hormon yang terjadi saat kehamilan. Sebelum membeli produk skincare, ketahui kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil, yaitu:

1. Salicylic Acid

Dilansir dari Medical News Today, kandungan salicylic acid aman digunakan ibu hamil setidaknya dua kali sehari. Banyak produk pembersih wajah dan toner yang mengandung bahan ini. Namun, sebaiknya gunakan produk dengan salicylic acid tidak lebih dari 2 persen.

Salicylic acid efektif untuk mengatasi jerawat dan mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel di kulit. Selain itu, salicylic acid memiliki kandungan antibakteri untuk mencegah munculnya komedo dan peradangan pada jerawat.

2. Grapeseed Oil

Grapeseed oil juga menjadi kandungan pada skincare yang dapat digunakan saat ibu menjalani kehamilan. Umumnya, kandungan grapeseed oil banyak ditemukan pada serum wajah dan minyak pada tubuh yang berfungsi untuk melembapkan. Sebaiknya gunakan grapeseed oil hanya untuk penggunaan luar saat hamil. Hindari mengonsumsi grapeseed oil dalam bentuk suplemen ketika sedang menjalani kehamilan.

3. Hyaluronic Acid

Mengalami kulit kering selama menjalani kehamilan dapat diatasi dengan menggunakan produk yang memiliki kandungan hyaluronic acid. Kandungan ini dinilai cukup aman bagi ibu hamil dan tidak memengaruhi kesehatan ibu maupun bayi dalam kandungan. Tidak hanya ibu hamil, ibu menyusui pun bisa menggunakan produk skincare dengan kandungan hyaluronic acid.

Baca juga: 3 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Saat Hamil

4. Niacinamide

Kandungan ini aman untuk ibu hamil karena berasal dari vitamin B3. Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology mengungkapkan, niacinamide adalah kandungan skincare yang mengandung antioksidan. Fungsinya mampu mengurangi hiperpigmentasi kulit, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, serta meningkatkan elastisitas kulit. 

5. Titanium Dioxide

Kandungan ini banyak digunakan pada produk sunscreen karena mampu menangkal sinar ultraviolet yang berpotensi merusak kulit. Kandungan ini dinilai cukup aman untuk digunakan ibu hamil dan menyusui pada area wajah maupun tubuh yang sering terpapar sinar matahari secara langsung.

6. Zinc Oxide

Kandungan zinc oxide juga banyak ditemukan pada beberapa produk physical sunscreen. Kandungan ini tidak menyerap pada kulit namun tetap berada pada permukaan kulit sehingga aman digunakan oleh ibu hamil maupun ibu menyusui. Jadi, jangan pernah lupakan memakai sunscreen sebelum beraktivitas.

7. Vitamin C

Kandungan vitamin C dalam produk skincare aman digunakan untuk ibu hamil maupun ibu menyusui. Vitamin C dapat berfungsi untuk meningkatkan kolagen pada kulit sehingga dapat membantu mengatasi bagian kulit yang menggelap.

Baca juga: Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Selama Kehamilan Muda

Itulah kandungan skincare yang dinilai aman untuk digunakan ibu hamil. Tidak ada salahnya gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter kandungan mengenai perawatan wajah dan tubuh yang aman dilakukan selama ibu menjalani kehamilan. Dengan begitu, kesehatan ibu maupun bayi dalam kandungan dapat terjaga dengan baik.

Referensi:
Today’s Parent. Diakses pada 2020. Which Beauty Products Are Safe to Use During Pregnancy?
Parents. Diakses pada 2020. Pregnancy Skincare: What’s Safe for Your Face and Body
Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology. Diakses pada 2020. How Much Do We Really Know About Our Favorite Cosmeceutical Ingredients?
American Pregnancy Association. Diakses pada 2020. Skin Changes During Pregnancy
Medical News Today. Diakses pada 2020. Salicylic Acid During Pregnancy