• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Kandungan Vitamin dari Jenis Buah Beri

Ini Kandungan Vitamin dari Jenis Buah Beri

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Berbagai jenis buah beri dapat kamu konsumsi, seperti blueberry, strawberry, raspberry, goji berry, hingga acai berry. Umumnya, buah beri memiliki rasa asam manis jika dikonsumsi secara langsung. Agar tidak bosan, banyak masyarakat yang mengonsumsi buah berry dengan mengubah buah berry menjadi selai atau dikeringkan. 

Baca juga: Buah Beri Baik untuk Pengidap Diabetes, Ini Alasannya

Tidak ada salahnya mencoba untuk mengonsumsi buah beri. Buah beri menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin cukup banyak. Selain itu, buah beri juga mengandung kalori yang cukup rendah sehingga buah ini sangat baik bagi kamu yang tetap ingin menjaga berat badan tetap stabil.

Nutrisi yang Terdapat dalam Buah Beri

Selain lezat, buah beri juga memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi di dalamnya. Ketahui kandungan gizi serta nutrisi yang ada dalam buah beri, yaitu:

1. Serat

Buah beri menjadi buah yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Mengonsumsi cukup serat nyatanya dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga menekan rasa lapar. Tentunya, kondisi ini dapat membuat kamu mengurangi asupan kalori yang masuk dalam tubuh  dan membuat berat badan menjadi lebih stabil. 

2. Antioksidan

Antioksidan yang cukup tinggi dalam buah beri nyatanya dapat mencegah kamu dari paparan radikal bebas. Buah beri menjadi sumber antioksidan, seperti anthocyanin, asam ellagic, dan resveratrol. Selain mampu kamu dari radikal bebas, antioksidan di dalam tubuh dapat menurunkan berbagai risiko penyakit dalam tubuh.

3. Vitamin dan Mineral

Buah beri menjadi salah satu buah yang rendah kalori. Melansir Healthline, buah beri juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat beragam. Buah beri, khususnya strawberry nyatanya memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu, dalam 100 gram buah beri, terdapat 43 kalori, 25 persen kandungan vitamin K1, 6 persen kandungan folat, dan 32 persen kandungan mangan.

Jadi jangan ragu untuk mengonsumsi berbagai macam buah beri agar kebutuhan nutrisi dan gizi dalam tubuh tetap terpenuhi dengan baik. 

Baca juga: Ragam Buah yang Bisa Dijadikan Infused Water

Manfaat Konsumsi Buah Beri

Tentunya, kandungan nutrisi yang tinggi dalam buah beri menyebabkan berbagai manfaat baik bagi kesehatan jika kamu rutin mengonsumsi buah beri. Berikut ini manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah beri, yaitu:

1. Menjaga Kadar Gula Darah

Buah beri memiliki rasa manis, namun tidak berdampak pada kadar gula darah dalam tubuh. Buah beri bisa dikonsumsi oleh orang yang memiliki gangguan kadar gula darah namun sebaiknya dikonsumsi secara langsung dan jangan dijadikan minuman jus. Hal ini dapat menyebabkan kandungan serat menghilang dan kadar gula menjadi lebih tinggi.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain mampu menjaga kadar gula darah, buah beri juga membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Black raspberry dan strawberry lebih efektif untuk menurunkan kadar kolesterol pada seseorang yang mengalami kondisi obesitas. 

3. Menjaga Kulit Tubuh Tetap Sehat

Kandungan antioksidan dalam buah beri meningkatkan kesehatan kulit dan membuat kulit tubuh tetap sehat. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

Baca juga: Buah-Buah Ini Bisa Bantu Turunkan Kadar Kolesterol

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan dengan mengonsumsi buah beri. Selain dengan buah beri, jangan lupa untuk menjaga pola makan dan perbanyak mengonsumsi air putih agar kondisi kesehatan kamu tetap terjaga.

Selain itu, mencukupi kebutuhan istirahat setiap harinya menjadi cara yang bisa kamu lakukan agar kesehatan tetap optimal. Jangan ragu gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung dengan dokter mengenai keluhan kesehatan yang dialami agar bisa diatasi dengan lebih cepat dan tepat.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 11 Reasons Why Berries Are Among The Healthies Foods on Earth
Everyday Health. Diakses pada 2020. 9 Amazing Health Benefits of Berries