• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kanker Testis atau Kanker Prostat, Mana yang Lebih Bahaya?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kanker Testis atau Kanker Prostat, Mana yang Lebih Bahaya?

Kanker Testis atau Kanker Prostat, Mana yang Lebih Bahaya?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 November 2022

“Kanker testis dan kanker prostat menjadi jenis kanker yang dapat menyerang pria. Keduanya berbahaya, tetapi kanker testis memiliki peluang kesembuhan lebih tinggi dibandingkan kanker prostat.”

Kanker Testis atau Kanker Prostat, Mana yang Lebih Bahaya?Kanker Testis atau Kanker Prostat, Mana yang Lebih Bahaya?

Halodoc, Jakarta – Bukan hanya para wanita, pria juga perlu menjaga kesehatan organ reproduksi agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Selain penis, testis dan prostat juga merupakan bagian dari organ reproduksi pada pria yang memiliki peran cukup penting pada proses reproduksi.

Testis adalah organ untuk memproduksi sperma, sedangkan prostat memproduksi cairan yang membantu sperma keluar saat ejakulasi. Serupa dengan organ yang lain, keduanya juga berisiko mengalami penyakit kanker. Lalu, mana yang lebih berbahaya antara keduanya? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Apa Itu Kanker Testis?

Kanker testis terjadi ketika terjadi pertumbuhan sel yang abnormal secara tidak terkendali pada testis. Testis sendiri memiliki fungsi untuk membuat sperma dan memproduksi hormon testosteron dalam tubuh.

Kanker jenis ini bukanlah jenis kanker yang cukup umum terjadi. Bahkan, hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab kanker testis. Namun, ada beberapa faktor pemicu yang dapat meningkatkan seseorang mengalami penyakit ini, seperti:

  • Mengalami cryptorchidism.
  • Memiliki riwayat keluarga dengan kondisi yang serupa.
  • Berusia antara 15-45 tahun.
  • Mengalami gangguan kesuburan.

Biasanya, kanker testis akan ditandai dengan munculnya benjolan atau pembengkakan pada salah satu atau kedua testis. Kemudian, testis akan terasa lebih berat dan tidak nyaman. Penyakit ini juga akan menyebabkan pengidapnya mengalami sakit punggung yang cukup mengganggu. 

Jadi, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kesehatan ketika kamu mengalami keluhan kesehatan yang terkait dengan kanker testis. Diagnosis yang lebih dini tentunya membuat pengobatan menjadi lebih mudah dilakukan.

Kenali Kanker Prostat

Fungsi prostat berkaitan langsung dengan testis. Prostat menjadi organ yang berfungsi untuk memproduksi cairan yang membantu sperma keluar saat ejakulasi. Serupa dengan testis, prostat juga berisiko mengalami penyakit kanker yang mematikan, seperti kanker.

Penyakit ini berbahaya karena memiliki perkembangan yang sangat lambat dan tidak menimbulkan gejala apapun di awal. Biasanya, gejala akan muncul ketika kondisi sudah memasuki tahap yang cukup parah. Gejalanya termasuk masalah saat buang air kecil, muncul darah pada urine dan air mani, penurunan berat badan, nyeri tulang, hingga disfungsi ereksi.

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebabnya, tetapi obesitas dan usia lanjut menjadi risiko pemicu penyakit ini.

Mana yang Lebih Berbahaya?

Tentunya kedua penyakit ini merupakan penyakit yang berbahaya. Namun yang paling rentan dialami oleh pria adalah kanker prostat. Oleh karena itu, kanker ini dinilai menjadi kanker yang lebih berbahaya bagi pria.

Hal ini disebabkan kanker prostat kerap ditemukan saat perkembangannya sudah memasuki tahap yang cukup parah. Kondisi ini membuat sel kanker dapat menyebar ke sel atau organ lain di sekitar prostat.

Sedangkan kanker testis menjadi jenis kanker yang dapat disembuhkan. Tingkat kesembuhan dari penyakit ini mencapai 95 persen. Bahkan, jika diobati sejak dini, kesembuhan bisa mencapai 98 persen.

Untungnya, kanker prostat dapat dicegah dengan beberapa kebiasaan sehat, seperti:

  • Memperbanyak asupan buah dan sayuran setiap harinya sehingga kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh terpenuhi.
  • Rutin menjalankan olahraga agar berat badan tubuh dapat dikontrol dengan baik. Obesitas atau kelebihan berat badan menjadi pemicu terbesar penyakit ini.
  • Jika kamu memiliki riwayat penyakit kanker pada organ reproduksi, pastikan untuk selalu mengontrol penyakit pada dokter untuk mencegah penyebaran sel kanker pada bagian yang lain.

Itulah informasi mengenai penyakit kanker testis dan kanker prostat yang perlu kamu ketahui. Jangan abaikan keluhan kesehatan yang terkait dengan penyakit kanker.

Segera buat janji pemeriksaan medis menggunakan Halodoc untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih mudah. Kamu pun hanya perlu download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Testicular Cancer.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Prostate Cancer.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Testicular Cancer.