• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kapan Harus ke Dokter saat Asma Kambuh di Tempat Kerja?

Kapan Harus ke Dokter saat Asma Kambuh di Tempat Kerja?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kapan Harus ke Dokter saat Asma Kambuh di Tempat Kerja?

Halodoc, Jakarta - Tidak seperti di rumah, kamu mungkin kurang memiliki kendali di tempat kerja atas paparan iritan dan alergen tertentu yang dapat berbahaya jika terhirup. Kondisi ini pun sangat rentan menyebabkan kekambuhan asma di tempat kerja. 

Untuk mencegah asma di tempat kerja, pastikan untuk menemui dokter segera setelah kamu mulai mengalami gejalanya. Ingat, asma dapat dikontrol tetapi membutuhkan dua hal, yakni pembatasan atau menghindarkan diri dari paparan pemicu asma dan menggunakan obat-obatan asma seperti yang diresepkan oleh dokter. Rencana tindakan asma yang tepat akan mencegahmu mengalami komplikasi yang tidak diinginkan. 

Baca juga: Lakukan 4 Hal Ini saat Asma Kambuh di Tempat Umum?

Cara Mencegah Kekambuhan Asma di Tempat Kerja

Seperti yang disebutkan sebelumnya, cara terbaik untuk mencegah asma di tempat kerja adalah dengan meminimalkan sumber pencemaran udara di dalam dan di luar ruangan. Beberapa langkah kunci untuk memecahkan masalah udara dalam ruangan adalah dengan mengidentifikasi sumber, membuang sumber, dan memastikan sistem ventilasi berfungsi dengan baik dan aliran udara tidak terhalang.

Salah satu langkah terpenting yang dapat kamu ambil untuk mencegah gejala asma adalah mengidentifikasi penyebab kekambuhan asma di rumah dan di tempat kerja. Beberapa paparan di lingkungan kerja telah dikaitkan dengan penyebab gejala asma.

Ingat, paparan alergen dan iritan di ruang kantor dalam ruangan sama pentingnya untuk dipertimbangkan saat kamu mengidap asma. Gedung perkantoran bisa menjadi ancaman bagi kesehatan paru-paru jika tidak dirawat dengan baik. Berikut adalah cara menghindari paparan alergen atau iritan saat bekerja:

Identifikasi Pemicu Asma di Tempat Kerja

Pelajari cara membatasi paparan terhadap hal-hal yang membuat asma semakin parah atau hindari semuanya. Beberapa pemicu asma yang ditemukan di tempat kerja antara lain:

  • Mesin cetak.
  • Debu di udara.
  • Gas, asap, dan uap.
  • Asap rokok.
  • Bahan kimia pembersih dan produk perawatan pribadi beraroma.
  • Hama (tungau debu, kecoa, atau tikus).
  • Stres.

Pekerja luar ruangan yang mengidap asma juga menghadapi risiko gangguan pernapasan akibat terpapar polusi udara luar ruangan, terutama untuk pekerjaan di jalan raya dan di dekat jalan raya. Pemicu umum untuk pekerja luar ruangan meliputi:

  • Udara luar (ozon, polusi partikel, nitrogen oksida, sulfur dioksida).
  • Diesel.
  • Knalpot kendaraan.

Baca juga: Alasan Asma Bisa Sebabkan Kematian

Langkah Penanganan Asma di Tempat Kerja 

Orang dengan asma mungkin akan menceritakan rekan kerja terdekatnya jika mereka khawatir tentang gejala asma atau serangan asma di tempat kerja. Mereka mungkin merasa malu menggunakan inhaler pereda di depan orang yang bekerja dengan mereka atau khawatir tentang membuat orang yang bekerja dengan mereka merasa tidak nyaman.

Berikut adalah 5 tips sederhana untuk membantu kamu merasa lebih yakin bahwa asma tidak akan kambuh di tempat kerja dan membantu kamu merasa lebih terkendali jika itu terjadi.

  • Simpan Catatan Penanganan Asma saat Kambuh. Buat catatan mengenai rencana tindakan mengatasi asma yang kambuh di tempat kerja, sehingga rekan kerja dapat membantu jika suatu waktu kamu mengalami gejalanya. Sangat berguna untuk memiliki salinannya di ponsel juga, jadi kamu bisa lebih cepat dan mudah untuk menunjukkan kepada orang-orang apa yang harus dilakukan jika kamu mengalami serangan asma. 
  • Kenali Pertolongan Pertama di Tempat Kerja. Cari tahu dan bicarakan bagaimana pihak kantor dapat membantu jika kamu mengalami serangan asma. Rasanya akan menenangkan saat mengetahui ada orang di sekitar yang siap membantu. 
  • Tetap Berpegang pada Rutinitas Pencegahan Asma. Pastikan melakukan aktivitas yang seharusnya dilakukan untuk mencegah peradangan di saluran udara. 
  • Selalu Bawa Inhaler. Tidak ada salahnya untuk membeli inhaler cadangan untuk dibawa ke tempat kerja, dan memberitahu rekan kerja di mana kamu menyimpannya. Kamu bahkan bisa memberitahu teman tentang cara penggunaannya. 
  • Terbuka Kepada Rekan Kerja Mengenai Penyebab Asma. Bersikaplah terbuka dengan rekan kerja tentang pemicu asma, Ini bisa terasa canggung jika parfum seseorang yang bisa memicu gejalanya. Namun, lebih baik mereka tahu sebelum gejala memburuk. Kamu juga bisa menceritakan hal ini kepada manajermu langsung untuk mengingatkan hal ini kepada rekan kerja yang lain. 

Baca juga: Asma Dapat Disembuhkan dengan Terapi, Ini Faktanya

Itulah beberapa upaya dan cara mengatasi kekambuhan asma di tempat kerja. Jika kamu mengidap asma dan takut gejala kambuh, sebaiknya diskusikan dengan dokter di Halodoc mengenai cara mencegah asma yang tepat. Dokter di Halodoc akan selalu siaga memberikan saran yang tepat. Ambil smartphone-mu sekarang dan nikmati kemudahan bicara dengan dokter di Halodoc!




Referensi:
American Lung Association. Diakses pada 2021. Guide to Controlling Asthma at Work.
Asthma UK and British Lung Foundation Partnership. Diakses pada 2021. Having Asthma at Work.
Venta. Diakses pada 2021. Five Tips for Creating a Safe and Asthma-Friendly Workplace.