• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kapan Pemeriksaan Echocardiografi Sebaiknya Dilakukan?

Kapan Pemeriksaan Echocardiografi Sebaiknya Dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Ekokardiografi adalah sebuah pemeriksaan yang menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar jantung secara langsung. Gambaran tersebut kemudian disebut ekokardiogram. Tes ini memungkinkan dokter untuk memantau bagaimana jantung dan katupnya berfungsi.

Ekokardiogram adalah kunci dalam menentukan kesehatan otot jantung, terutama setelah serangan jantung. Kondisi ini juga bisa mengungkapkan cacat jantung pada bayi yang belum lahir. Dokter mungkin menyarankan seseorang untuk melakukan tes ini saat mereka mungkin telah menemukan kelainan dari pengujian lain atau saat mendengarkan detak jantung melalui stetoskop. Jadi, jika kamu memiliki detak jantung tidak teratur, nyeri dada, dan sesak napas, kamu perlu segera melakukan pemeriksaan ini.

Baca juga: Deteksi Patent Foramen Ovale dengan Ekokardiografi

Informasi yang Didapatkan dari Echocardiografi

Beberapa informasi dari ekokardiogram mungkin akan menunjukkan beberapa hal, seperti:

  • Perubahan Ukuran Jantung. Katup jantung yang lemah atau rusak, tekanan darah tinggi, atau penyakit lain dapat menyebabkan bilik jantung membesar atau dinding jantung menebal secara tidak normal.
  • Kekuatan Pemompaan. Pengukuran yang diperoleh dari ekokardiogram meliputi persentase darah yang dipompa keluar dari ventrikel yang terisi dengan setiap detak jantung (fraksi ejeksi) dan volume darah yang dipompa oleh jantung dalam satu menit (curah jantung). Jantung yang tidak memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh dapat menyebabkan gejala gagal jantung.
  • Kerusakan Otot Jantung. Ekokardiogram membantu dokter menentukan apakah semua bagian dinding jantung berkontribusi secara normal pada aktivitas pemompaan jantung. Area dinding jantung yang bergerak dengan lemah mungkin telah rusak selama serangan jantung, atau menerima terlalu sedikit oksigen.
  • Masalah Katup. Ekokardiogram dapat membantu dokter menentukan apakah katup jantung terbuka cukup lebar untuk aliran darah yang cukup atau menutup sepenuhnya untuk mencegah kebocoran darah.
  • Cacat Jantung. Ekokardiogram dapat menunjukkan masalah dengan ruang jantung, hubungan abnormal antara jantung dan pembuluh darah utama, dan kelainan jantung kompleks yang muncul saat lahir.

Baca juga: Bayi Lakukan Echocardiografi, Perhatikan 3 Hal Ini

Begini Prosedur Echocardiografi

Jika hendak melakukan prosedur ini, maka kamu wajib mengetahui prosesnya berikut:

Selama Prosedur

Ekokardiogram dapat dilakukan di kantor dokter atau rumah sakit. Untuk ekokardiogram transthoracic standar, begini prosedurnya:

  • Kamu akan membuka pakaian dari pinggang ke atas dan berbaring di meja pemeriksaan atau tempat tidur.
  • Petugas akan menempelkan tambalan lengket (elektroda) ke tubuh untuk membantu mendeteksi dan mengalirkan arus listrik jantung.
  • Petugas juga akan mengoleskan gel ke transduser yang meningkatkan konduksi gelombang suara.
  • Petugas akan menggerakkan transduser bolak-balik di atas dada untuk merekam gambar gema gelombang suara dari jantung. Kamu mungkin mendengar "whoosh" yang berdenyut, yaitu rekaman ultrasound tentang darah yang mengalir melalui jantung.
  • Kamu mungkin diminta untuk bernapas dengan cara tertentu atau berguling ke sisi kiri.

Jika kamu memiliki ekokardiogram transesofageal:

  • Tenggorokan akan mati rasa dengan semprotan atau gel.
  • Kamu akan diberi obat penenang untuk membantu lebih rileks.
  • Tabung yang berisi transduser akan diarahkan ke tenggorokan dan masuk ke kerongkongan, dan diposisikan untuk mendapatkan gambar jantung.

Kebanyakan ekokardiogram membutuhkan waktu kurang dari satu jam. Jika kamu memiliki ekokardiogram transesofageal, kamu mungkin diawasi selama beberapa jam di klinik atau rumah sakit setelah tes.

Setelah Prosedur

Kebanyakan orang dapat melanjutkan aktivitas normal sehari-hari setelah ekokardiogram. Jika ekokardiogram normal, tidak diperlukan pengujian lebih lanjut. Jika hasilnya mengkhawatirkan, kamu mungkin dirujuk ke dokter yang terlatih dalam bidang kondisi jantung (ahli jantung) untuk tes lebih lanjut.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini 6 Jenis Pemeriksaan untuk Diagnosis Penyakit Katup Jantung

Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu juga bisa tanyakan pada dokter di Halodoc. Dokter akan selalu siaga memberikan informasi yang kamu butuhkan tentang tes ekokardiografi.

Referensi:
American Heart Association. Diakses pada 2020. Echocardiogram (Echo).
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Echocardiogram.
Healthline. Diakses pada 2020. Echocardiogram.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Echocardiogram.
WebMD. Diakses pada 2020. Echocardiogram.