• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kapan Sebaiknya Anak Imunisasi Campak Pertama Kali?

Kapan Sebaiknya Anak Imunisasi Campak Pertama Kali?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Kapan Sebaiknya Anak Imunisasi Campak Pertama Kali?

Halodoc, Jakarta - Setiap anak-anak yang baru dilahirkan tentu masih rentan untuk terserang berbagai macam penyakit. Maka dari itu, pemerintah Indonesia menentukan rencana wajib imunisasi pada bayi yang baru lahir hingga tumbuh dewasa. Salah satu jenis vaksin yang wajib diterima anak adalah imunisasi campak. Meski begitu, masih banyak orangtua yang tidak tahu waktu yang tepat untuk mendapatkan imunisasi ini untuk pertama kali. Untuk lebih jelasnya, baca ulasan ini!

Waktu yang Tepat untuk Mendapatkan Imunisasi Campak Pertama Kali

Campak adalah infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan dan terbilang sangat menular. Penyakit ini dapat menyebabkan ruam kulit di seluruh tubuh dengan gejala yang menyerupai flu. Selain itu, campak juga kerap terjadi pada anak-anak dengan usia di bawah 5 tahun. Hal ini membuat setiap anak wajib mendapatkan imunisasi campak untuk mencegah dampak buruk karena komplikasi berbahaya dapat terjadi.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Imunisasi Campak untuk Si Kecil?

Lalu, pada usia berapa anak wajib mendapatkan imunisasi campak untuk pertama kali?

Imunisasi untuk campak tergabung dalam vaksin MMR yang juga mencakup campak dan rubella. Usia yang ideal untuk anak mendapatkan dosis pertama dari vaksin ini sekitar 12 hingga 15 bulan. Apabila ibu dan anak tinggal di daerah dengan wabah campak atau berencana bepergian ke luar negeri, vaksin dapat diberikan sejak usianya 6 bulan. Meski begitu, perlu adanya persetujuan dari dokter untuk melakukan hal tersebut.

Setelah itu, suntikan dosis kedua dapat diberikan ketika anak berada pada usia 4 hingga 6 tahun. Anak yang mendapatkan vaksin sebelum genap satu tahun harus mendapatkan suntikan lagi saat usianya memasuki 12 hingga 15 bulan. Lalu suntikan ketiga perlu dilakukan paling tidak 28 hari setelahnya hingga usianya 6 tahun. Setiap orangtua wajib untuk memastikan anak mendapatkan imunisasi campak agar terhindar dari dampak buruk akibat penyakit ini.

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan saat Imunisasi Campak Anak

Apa alasannya bayi yang mendapatkan pada usia 6 hingga 11 bulan perlu mendapatkan vaksin lagi saat usianya satu tahun?

Imunisasi campak yang dilakukan saat anak belum genap berusia satu tahun mungkin manfaatnya tidak seefektif dosis yang biasanya. Hal ini karena beberapa antibodi penangkal virus dari sang ibu mungkin masih ada di dalam tubuh bayi, sehingga memberikan kekebalan terbatas, tetapi di sisi lain membuat vaksin kurang efektif. Tetap saja, dosis awal yang diberikan dapat memberikan perlindungan tambahan jika ada risiko tinggi terhadap campak.

Selain itu, anak-anak yang telah menerima dua dosis imunisasi campak berupa vaksin MMR dengan rentang waktu satu bulan yang dosis pertamanya diberikan sebelum usianya satu tahun, tidak membutuhkan dosis tambahan saat dirinya memasuki usia sekolah. Meski begitu, ibu tetap harus mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pemerintah apabila wajib mendapatkan imunisasi tersebut.

Itulah pembahasan mengenai usia yang tepat saat mendapatkan imunisasi campak untuk pertama kali. Pastikan ibu selalu memastikan jadwal imunisasinya yang wajib didapatkan agar kesehatannya terjamin dalam jangka panjang. Beberapa imunisasi yang tidak wajib, seperti flu, juga perlu dipertimbangkan untuk diterima anak agar tubuhnya lebih kuat sehingga terhindar virus influenza.

Baca juga: Demam Setelah Imunisasi Campak, Ini Penjelasannya

Apabila ibu memiliki pertanyaan lainnya terkait imunisasi campak, dokter anak dari Halodoc siap menjawabnya selengkap mungkin. Caranya mudah saja, hanya dengan download aplikasi Halodoc, ibu bisa mendapatkan kemudahan dalam berinteraksi dengan ahli medis tanpa perlu tatap muka. Maka dari itu, unduh aplikasinya sekarang juga di App Store atau Google Play di ponsel kamu!

Referensi:
CDC. Diakses pada 2021. Measles, Mumps, and Rubella (MMR) Vaccination: What Everyone Should Know.
Healthy Children. Diakses pada 2021. When should the measles vaccine be given early?