• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kapan Sebaiknya Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Jantung?

Kapan Sebaiknya Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Jantung?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Kapan Sebaiknya Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Jantung?

Halodoc, Jakarta - Jantung menjadi salah satu organ yang sangat vital bagi kehidupan manusia. Jantung sendiri memiliki fungsi untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Untuk itu, kamu perlu menjaga kesehatan jantung agar kondisi kesehatan selalu dalam kondisi yang baik.

Baca juga: Mudah Lelah? Bisa Jadi Gejala Penyakit Jantung

Namun, bagaimana cara memastikan jantung berfungsi dengan baik? Tidak ada salahnya untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan jantung agar gangguan yang dialami dapat segera diatasi. Ketahui waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan jantung dalam artikel ini agar kesehatan jantung selalu dalam kondisi optimal.

Ketahui Waktu Tepat untuk Memeriksa Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung adalah hal yang perlu kamu lakukan. Dengan jantung yang sehat, tentunya tubuh dapat berfungsi dengan baik. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk menjalani pemeriksaan kesehatan jantung? Menurut American Heart Association, nyatanya orang-orang yang telah memasuki usia 20 tahun perlu melakukan pemeriksaan kesehatan jantung. Biasanya, pemeriksaan kesehatan jantung akan dilakukan oleh dokter spesialis jantung. 

Ada beberapa pemeriksaan yang disarankan oleh dokter di awal pemeriksaan kesehatan jantung. Mulai dari riwayat kesehatan secara menyeluruh, kesehatan kardiovaskular, hingga faktor risiko yang bisa memicu gangguan jantung. Misalnya, memeriksa tekanan darah, kadar gula darah, berat badan, gaya hidup tertentu, hingga penggunaan alkohol.

Dengan mengetahui hal tersebut, dokter spesialis jantung dapat menyarankan untuk pemeriksaan lanjutan yang perlu dilakukan. Jangan lupa untuk memberi tahu dokter spesialis jantung jika kamu pernah mengalami beberapa gejala yang terkait dengan gangguan jantung, seperti:

  1. Nyeri atau tidak nyaman pada bagian dada;
  2. Gangguan detak jantung menjadi lambat atau lebih cepat;
  3. Sesak napas;
  4. Pusing;
  5. Kelelahan;
  6. Bengkak pada bagian kaki maupun perut.

Baca juga: Berapa Detak Jantung Normal Berdasarkan Usia?

Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kesehatan jantung secara rutin. Umumnya, pemeriksaan kesehatan jantung setiap 2–4 tahun sekali jika kamu tidak mengalami gejala secara rutin atau faktor risiko. Namun, pemeriksaan kesehatan jantung bisa saja dilakukan sesuai dengan saran dokter, apalagi jika kamu memiliki faktor risiko, riwayat gangguan jantung, atau memiliki ciri-ciri otot jantung mengalami gangguan.

Itulah beberapa kondisi yang perlu kamu perhatikan terkait gangguan jantung. Jangan ragu tanyakan langsung pada dokter spesialis jantung terbaik melalui Halodoc jika gejala tersebut kamu alami secara berulang. Penanganan lebih dini tentunya dapat membuat kondisi kesehatan menjadi lebih baik. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Jenis Pemeriksaan Kesehatan Jantung

Pemeriksaan kesehatan jantung dilakukan untuk mencegah gangguan jantung yang dapat membahayakan kesehatan. Berikut ini pemeriksaan yang biasanya dilakukan untuk memeriksa kesehatan jantung:

  1. Tekanan darah dan kolesterol yang biasanya dilakukan di awal usia 20 tahun.
  2. Kadar gula darah biasanya dilakukan saat memasuki usia 45 tahun.
  3. Pemeriksaan berat badan dilakukan saat melakukan kedua jenis pemeriksaan tersebut.

Selain itu, ada pemeriksaan lain yang dilakukan oleh dokter spesialis jantung, seperti melakukan pengujian protein C-Reaktif. Tes ini dilakukan guna mengukur protein CRP yang menjadi penanda adanya peradangan atau infeksi yang terkait langsung dengan risiko serangan jantung.

Baca juga: Pola Hidup Sehat untuk Tingkatkan Fungsi Jantung

Jika dari hasil pemeriksaan rutin ditemukan gejala atau tanda gangguan pada jantung, maka pemeriksaan bisa dilakukan dengan pemeriksaan lanjutan lainnya. Mulai dari ekokardiografi, elektrokardiografi, CT scan jantung, angiografi CT koroner, hingga angiografi kateter koroner.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. When Should You Have A Heart Health Checkup?
Very Well Health. Diakses pada 2021. How Heart Disease is Diagnosed?
Cardiovascular Institute of The South. Diakses pada 2021. When Should You Have a Heart Health Check Up?