• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kapan Sebaiknya Terapi Akupuntur Kaki Dilakukan?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kapan Sebaiknya Terapi Akupuntur Kaki Dilakukan?

Kapan Sebaiknya Terapi Akupuntur Kaki Dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 10 November 2021
Kapan Sebaiknya Terapi Akupuntur Kaki Dilakukan?

“Akupuntur kaki adalah salah satu pengobatan alternatif untuk banyak masalah kaki. Mulai dari cedera akibat olahraga, keseleo, nyeri tumit, dan masih banyak lagi. Pengobatan ini juga terbilang aman dilakukan dan tanpa efek samping. Namun, pastikan dahulu untuk berdiskusi dengan dokter sebelum melakukan akupuntur.”

Halodoc, Jakarta – Akupunktur adalah salah satu tren yang populer dalam industri kecantikan dan kesehatan. Namun, akupunktur sebenarnya adalah salah satu bentuk pengobatan tertua yang berasal dari Tiongkok setidaknya sejak 100 SM.

Akupunktur telah banyak digunakan di Asia dan di seluruh dunia untuk berbagai masalah kesehatan, seperti mual, nyeri, cedera olahraga, varises, peremajaan wajah, pereda alergi, dan infertilitas. Bahkan kini akupunktur telah digunakan untuk mengobati depresi, kecemasan dan bentuk kanker tertentu.

Waktu Terbaik untuk Melakukan Akupuntur Kaki

Akupunktur adalah praktik merangsang bagian-bagian tertentu dalam tubuh dengan memasukkan jarum kecil dan tipis ke dalam kulit. Akupuntur kaki pun juga bisa dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah di kaki. Beberapa masalah kaki yang bisa diatasi dengan akupuntur adalah plantar fasciitis (sakit kaki), sakit tumit, heel spurs, kutil plantar, bunion, hingga keseleo pergelangan kaki.

Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa akupuntur dapat membantu dalam mengobati berbagai bentuk nyeri kaki yang berhubungan dengan pergelangan kaki, tumit, dan bola kaki.

  • Akupunktur untuk Sakit Kaki

Akupunktur kaku bisa dikatakan sebagai salah satu pengobatan terbaik. Baik itu sakit kaki ringan yang disebabkan oleh berdiri atau berjalan dalam waktu lama maupun sudah sakit kronis yang serius, akupunktur telah membuktikan perannya dalam mengobati rasa sakit secara efektif.

  • Akupunktur untuk Nyeri Pergelangan Kaki

Akupunktur untuk nyeri pergelangan kaki telah terbukti keefektifannya. Ada berbagai masalah pergelangan kaki yang bisa diatasi di sekitar pergelangan kaki, seperti  radang sendi pergelangan kaki, tendonitis, keseleo, bahkan pergelangan kaki bengkak.

  • Akupunktur untuk Sakit Tumit

Sakit kaki dan pergelangan kaki sudah sangat sulit untuk ditangani. Jika ditambah dengan sakit tumit, itu bisa sangat membuat frustasi karena pengidapnya tidak dapat melakukan banyak hal dan dapat memperlambat mereka dalam melakukan aktivitas sehari-hari atau bahkan mengganggu tubuh secara signifikan. Plantar fasciitis adalah kondisi nyeri tumit serius yang merespon pengobatan akupunktur.

Jadi, jika kamu mengalami beberapa kondisi di atas, kamu bisa mencoba akupunktur kaki sebagai pengobatan alternatif.

Bagaimana Akupunktur Dilakukan

Dalam tradisi kuno Tiongkok, terjadinya rasa sakit berarti tingkat energi seseorang, yang juga dikenal sebagai qi, mengalami stagnasi. Praktisi Timur tradisional percaya bahwa energi mengalir di sepanjang saluran yang berbeda di dalam tubuh. Ketika sesuatu menghalangi saluran energi, juga dikenal sebagai meridian, orang tersebut mengalami rasa sakit. Memar adalah contoh saluran energi yang tersumbat di dekat permukaan kulit. Kondisi seperti arthritis terjadi karena stagnasi qi di dalam sendi.

Dalam akupunktur, jarum dimasukkan ke kulit untuk merangsang saraf. Ia akan mengirimkan sinyal ke otak dan melepaskan endorfin yang membuat seseorang merasa gembira dan bahagia. Keadaan kebahagiaan ini meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan dan menghilangkan rasa sakit.

Akupuntur adalah pengobatan murah yang datang dengan banyak manfaat dengan sedikit atau tanpa rasa sakit dan efek samping yang sangat kecil. Akupunktur adalah pengobatan alternatif dan idealnya harus mendukung dan membantu pemulihan dan penyembuhan kaki dan pergelangan kaki mirip dengan pengobatan rumahan atau terapi fisik.

Sebelum memutuskan untuk melakukan akupunktur kaki, kamu juga bisa cek kebutuhan medis untuk mengatasi nyeri kaki di Halodoc. Kini kamu bisa mendapatkan berbagai obat nyeri, krim, atau balsem untuk mengatasi nyeri kaki yang kamu alami. Beli kebutuhan kesehatan di Halodoc pun sangat mudah dan pesanan kamu akan dikirimkan langsung ke rumah. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
All Care Foot & Ankle. Diakses pada 2021. Acupuncture and Foot Pain.
Clark Podiatry Center. Diakses pada 2021. Acupuncture and Your Feet.
Conscious Chiropractic & Acupuncture. Diakses pada 2021. Using Acupuncture to Treat Foot Pain.