Kapan Seseorang Perlu Melakukan Pemeriksaan Nasal Endoskopi?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Kapan Seseorang Perlu Melakukan Pemeriksaan Nasal Endoskopi?

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya rutin lakukan pemeriksaan terhadap kesehatan agar menghindari beberapa penyakit yang mungkin saja dialami bertambah buruk. Ada beberapa pilihan pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit di dalam tubuh, salah satunya adalah pemeriksaan dengan endoskopi.

Baca juga: Ketahui Diagnosis Rhinosinusitis dengan Nasal Endoskopi

Endoskopi merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui kondisi salah satu organ menggunakan alat khusus yang dimasukan dalam tubuh. Dengan begitu, biasanya tim medis lebih cepat menemukan gangguan pada kesehatan dan melakukan pengobatan dengan cepat. 

Kapan Nasal Endoskopi Diperlukan?

Salah satunya, kamu bisa melakukan pemeriksaan melalui proses nasal endoskopi. Nasal endoskopi, dikenal juga dengan rhinoskopi adalah pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter THT untuk memastikan atau mendeteksi gangguan kesehatan yang terjadi pada bagian telinga, hidung maupun tenggorokan.

Prosedur ini dilakukan dengan bantuan alat khusus berupa tabung yang tipis dan kaku. Alat ini memiliki kamera dan cahaya di ujungnya yang terhubung dengan kamera video sehingga pasien maupun dokter melihat dengan jelas bagian yang menjadi lokasi pemeriksaan atau mengalami gangguan kesehatan.

Banyak permasalahan pada bagian THT yang kerap dirasakan dan diabaikan. Padahal, penyumbatan yang terjadi pada bagian hidung, mimisan, polip hidung, mimisan dan kehilangan indra penciuman perlu dilakukan pemeriksaan untuk memastikan lokasi gangguan pada hidung, telinga maupun tenggorokan.

Segera periksakan kondisi THT ketika mengalami gangguan kesehatan agar bisa dilakukan pemeriksaan melalui nasal endoskopi. Gejala yang ditangani lebih awal memudahkan di dalam proses pengobatan sehingga proses penyembuhan akan lebih mudah.

Jika kamu mengalami penyumbatan pada hidung, mengeluarkan cairan berwarna hijau atau kuning dari hidung dan wajah mengalami rasa nyeri, sebaiknya jangan abaikan kondisi. Gejala yang dialami bisa menjadi tanda penyakit rhinosinusitis. Kondisi rhinosinusitis menjadi kondisi yang perlu dilakukan pemeriksaan dengan nasal endoskopi.

Baca juga: Kenali 3 Gangguan Hidung yang Bisa Ditangani Dokter THT

Ya, kondisi rhinosinusitis yang tidak segera diatasi dapat mengakibatkan komplikasi pada kesehatan, seperti gangguan penglihatan dan infeksi pada tulang dan kulit. Tidak hanya itu, kondisi rhinosinusitis yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan peradangan pada selaput otak. Jadi, tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan ketika alami gangguan pada telinga, hidung maupun tenggorokan.

Inilah Prosedur Nasal Endoskopi

Nasal endoskopi menjadi pemeriksaan yang cukup aman untuk dilakukan. Sebelum dilakukan pemeriksaan menggunakan alat khusus, pasien diberikan cairan anestesi kemudian alat endoskop dimasukkan melalui salah satu sisi hidung. Setelah alat dimasukan melalui hidung, kemudian dokter memeriksa bagian-bagian di dalam hidung untuk mendeteksi gangguan yang dialami oleh pasien. 

Untuk menunjang pemeriksaan, biasanya dokter akan melakukan biopsi agar gangguan kesehatan yang dialami dapat terdeteksi. Sampel jaringan yang diambil melalui proses biopsi dilakukan pemeriksaan lanjutan pada laboratorium. Kemudian proses yang sama dilakukan pada sisi hidung yang lainnya.

Pemeriksaan nasal endoskopi terkadang menyebabkan pasien mengalami mimisan setelah proses pemeriksaan. Namun jangan khawatir, kondisi ini hanya efek samping dari pemeriksaan nasal endoskopi dan berlangsung sementara. Sebaiknya segera kunjungi dokter jika mimisan yang terjadi setelah nasal endoskopi tidak kunjung mereda.

Baca juga: 8 Hal yang Perlu Diketahui tentang Pemeriksaan Endoskopi

Pada beberapa kasus, pemeriksaan nasal endoskopi dibutuhkan beberapa kali untuk melihat perkembangan penyakit atau kondisi penyakit. Jangan lupa untuk mengonsumsi obat yang diberikan dan tidak ada salahnya bertanya pada dokter kegiatan apa saja yang perlu dihindari dan dilakukan setelah melakukan nasal endoskopi.

Referensi:
Medscape. Diakses pada 2019. Nasal Endoscopy
Raleigh Capitol. Diakses apda 2019. What Happens During A Nasal Endoscopy