16 July 2018

Kapan Usia Kehamilan Boleh Naik Pesawat?

tips kehamilan, usia kehamilan boleh naik pesawat, ibu hamil naik pesawat,hamil naik pesawat

Halodoc, Jakarta – Kehamilan memang merupakan suatu anugerah yang pasti dinantikan oleh setiap wanita. Meskipun membahagiakan, terkadang kehamilan juga membuat beberapa wanita stres, bahkan merasa lelah karena perubahan hormon yang terjadi ketika masa kehamilan.

Baca juga: 7 Masalah Kehamilan Trimester Pertama

Jika sudah begini, pasti banyak dari wanita yang menginginkan liburan atau melakukan babymoon dengan pasangan ke suatu tempat yang bisa membantu untuk melepaskan rasa penat dan lelah, tentu lokasinya pun beragam. Ada yang berencana untuk pergi keluar kota menggunakan pesawat, bahkan menggunakan transportasi lainnya.

Bagi ibu hamil yang akan merencanakan liburan atau perjalanan dinas menggunakan pesawat, sebaiknya tidak perlu khawatir karena nyatanya ibu hamil sangat aman untuk bepergian dengan menggunakan pesawat.

Usia Kehamilan yang Baik untuk Naik Pesawat

Biasanya, saat usia kehamilan masih trimester pertama, ibu tidak dianjurkan untuk bepergian dengan menggunakan pesawat. Dikhawatirkan, saat pesawat take off atau landing, akan ada guncangan yang dapat menyebabkan kontraksi pada rahim dan kemungkinan yang paling parah dapat mengalami keguguran. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists waktu yang paling tepat untuk ibu hamil pergi menggunakan pesawat saat usia kandungan memasuki trimester kedua atau saat kandungan menginjak usia 16-24 minggu. Pada periode ini, ibu akan terhindar dari risiko kelahiran mendadak atau kelahiran prematur.

Selain itu, pada trimester pertama, biasanya ibu akan mengalami perubahan pada tubuh maupun suasana hati. Banyak ibu hamil yang mengalami mual dan mudah lelah. Pastinya, hal ini justru dikhawatirkan akan mengganggu selama perjalanan ibu hamil menggunakan pesawat. Pada masa ini, ibu juga dianjurkan untuk memperbanyak istirahat agar kondisi tubuh dan suasana hati bisa kembali normal.

Tidak hanya batasan usia saja, ibu hamil juga dilarang terlalu sering bepergian dengan menggunakan pesawat. Selain usia kehamilan yang tepat, ibu hamil yang boleh berpergian menggunakan pesawat adalah ibu hamil yang tidak memiliki masalah atau penyakit pada saat masa kehamilan. Ibu hamil juga sebaiknya menghindari penerbangan dengan waktu yang panjang atau lebih dari 4 jam perjalanan.

Tips Perjalanan Menggunakan Pesawat

Banyak hal-hal yang harus dipersiapkan oleh ibu saat akan melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat.

  1. Sebelum berangkat dengan menggunakan pesawat, sebaiknya ibu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi terakhir dari ibu dan juga bayi yang dikandung. Jangan lupa untuk meminta catatan kesehatan ibu dan bayi karena kemungkinan surat-surat ini akan dibutuhkan saat check in di bandara.
  2. Persiapkan diri ibu dengan mengonsumsi air putih dan minuman sehat sebelum berpergian dengan menggunakan pesawat. Perbanyak cairan tubuh agar tidak dehidrasi saat penerbangan berlangsung.
  3. Jika memungkinkan pilihlah tempat duduk di dekat lorong agar memudahkan ibu saat akan menuju toilet, ibu juga bisa sesekali berjalan sebentar di lorong untuk membuat tubuh merasa lebih nyaman.

Baca juga: Perhatikan Ini Saat Ibu Masuk Trimester Kedua

Sebaiknya hindari untuk bepergian dengan pesawat saat usia kehamilan sudah mendekati hari kelahiran, jika dibutuhkan ibu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter bisa melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!