Kapan Waktu yang Tepat untuk Lakukan Pijat Wajah?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Kapan Waktu yang Tepat untuk Lakukan Pijat Wajah?

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu menyadari bahwa gerakan-gerakan wajah yang kamu lakukan, seperti tersenyum, tertawa, hingga mengunyah adalah bentuk latihan dari otot wajah? Seperti halnya otot tubuh, perawatan otot wajah juga perlu dilakukan agar bisa rileks kembali. Nah, bagaimana caranya agar otot wajah senantiasa elastis dan selalu rileks? Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah pijat wajah

Sayangnya, masih banyak wanita yang belum mengetahui jika pijat wajah menjadi hal yang cukup penting untuk dilakukan. Tentu saja jika kamu ingin kulit senantiasa kencang dan terlihat seperti awet muda, ya! Rutinitas yang padat menjadikan mereka lupa untuk melakukan perawatan diri, terutama perawatan wajah. Tidak heran jika wajah berakhir dengan penuh kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya. 

Lalu, Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Pijat Wajah?

Nah, inilah pertanyaan yang kerap kali ditanyakan oleh banyak wanita. Kapan sih sebenarnya pijat wajah ini paling baik dilakukan? Kebanyakan dari kamu pasti lebih sering melakukannya ketika memiliki waktu senggang, misalnya di akhir pekan. Lalu, apakah hal tersebut salah? Tentu tidak, kok. Namun, ternyata waktu yang paling disarankan untuk melakukan pijat wajah adalah setelah kamu menyelesaikan rutinitas pemakaian skin care. 

Baca juga: Ketahui Penggunaan Gua Sha untuk Pijat Wajah

Setelah selesai melakukan rutinitas skin care, melakukan pijat wajah akan membuat produk kecantikan yang kamu gunakan terserap dengan lebih sempurna. Pasalnya, kulit akan bekerja lebih efisien karena sirkulasi darah yang menjadi lebih lancar setelah kamu melakukan pemijatan. Setelah mengaplikasikan serum dan pelembap, lakukanlah pemijatan ringan, lembut, dan perlahan ke seluruh wajah. 

Namun, berhati-hati terhadap produk kecantikan yang kamu pakai, ya! Jangan sampai salah pilih produk karena bisa berdampak pada kerusakan kulit wajah, misalnya iritasi. Selalu perhatikan dan teliti kandungan produk yang kamu pakai. Apabila terjadi iritasi, kamu harus segera melakukan pengobatan. Kamu bisa buat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc, jadi tidak perlu lagi mengantre di rumah sakit. 

Baca juga: Ini Tips Perawatan Kecantikan untuk Kulit Cerah

Nah, lalu, berapa lama waktu yang diperlukan untuk melakukan pijat wajah? Sebenarnya, waktu yang bisa kamu luangkan itu beragam kok. Kamu bisa melakukan pijat wajah ringan seusai mengaplikasikan produk kecantikan selama kurang lebih 2 menit. Namun, jika kamu punya waktu lebih luang, kamu bisa melakukannya antara 10 sampai 15 menit setiap harinya. Tidak, tidak perlu ke klinik kecantikan. Kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah, kok!

Baca juga: 7 Tips Perawatan Wajah Lelah

Manfaat Melakukan Pijat Wajah

Tidak hanya membuat otot wajah menjadi lebih rileks, rutin melakukan pijat wajah juga memberikan banyak manfaat untuk kulit wajah kamu, lho. Apa saja? 

  • Melancarkan sirkulasi darah. Pemijatan pada kulit wajah akan membuat pembuluh darah melebar, sehingga peredaran darah pun menjadi lebih lancar. 
  • Mencegah timbulnya kerutan pada wajah. Relaksasi otot atau membebaskan otot wajah dari kekakuan akan mencegah timbulnya kerutan yang menyebabkan penuaan dini
  • Penyerapan produk kecantikan akan lebih maksimal. Sirkulasi darah pada otot wajah yang lebih efisien setelah wajah dipijat akan membuat produk kecantikan yang kamu pakai menyerap dengan lebih maksimal. 

Referensi: 
Self. Diakses pada 2019. How to Give Yourself A Spa-Level Face Massage at Home.
Byrdie. Diakses pada 2019. Facial Massage is Really Good for Your Skin.
Nylon. Diakses pada 2019. Why You Should Start Your Day with a Facial Massage.