Karang Gigi Bisa Sebabkan Sakit Gigi, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Karang Gigi Bisa Sebabkan Sakit Gigi, Benarkah?

Halodoc, Jakarta - Gigi adalah salah satu bagian dari mulut yang dapat memengaruhi penampilan. Ketika seseorang berbicara berdua, kepercayaan diri kamu mungkin akan menurun jika gigi kamu tidak bersih. Selain itu, jika kamu tidak merawat gigi, mungkin saja bakteri akan muncul. Hal tersebut dapat menyebabkan karang gigi.

Karang gigi yang terjadi dapat memengaruhi daerah gigi dan mulut kamu. Gangguan yang disebabkan oleh plak yang bertumpuk tersebut dapat menutupi gigi kamu. Selain itu, karang gigi yang terbentuk disebut-sebut juga dapat menyebabkan sakit gigi. 

Baca juga: Ini Waktu Paling Tepat untuk Membersihkan Karang Gigi

Karang Gigi Dapat Sebabkan Sakit Gigi

Perawatan pada gigi dan mulut harus selalu kamu perhatikan. Hal tersebut dapat mencegah karang gigi terjadi. Karang gigi adalah timbunan plak gigi yang mengeras dan lama-kelamaan bertumpuk. Plak tersebut terbentuk ketika bakteri di mulut bercampur dengan protein dan sisa makanan.

Plak dapat tumbuh dengan cepat ketika seseorang banyak mengonsumsi makanan manis dan setelah itu tidak dibersihkan. Semakin banyak gula yang dikonsumsi, maka semakin besar asam yang diproduksi mulu kamu. Apabila hal ini terus terulang, asam tersebut akan menghancurkan pelindung gigi dan plak semakin mudah menempel.

Ketika plak yang ada menetap di gigi, maka pengerasan akan terjadi. Plak yang bertumpuk akan mengeras dan berakhir menjadi karang gigi. Setelah itu, karang gigi yang menyebabkan peradangan pada gusi dapat berkembang menjadi gingivitis. Akhirnya, sakit gigi pun mungkin saja terjadi.

Gingivitis yang tidak diobati dapat berkembang menjadi penyakit gusi. Ketika gangguan ini terjadi, gusi akan terinfeksi dan menjauh dari permukaan gigi. Apabila ini terjadi, bakteri dapat menyerang akar dan tulang pada gigi. Selain itu, gigi yang longgar akan lebih sensitif dan menyebabkan sakit gigi. Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait kesehatan gigi, dokter dari Halodoc siap membantu kamu.

Baca juga: Ini Alasan Gigi Linu Saat Karang Gigi Dibersihkan

Cara Mencegah Karang Gigi

Karang gigi yang terjadi pasti sangat menjengkelkan. Terdapat beberapa cara yang dapat mencegah gangguan tersebut, antara lain:

  1. Rutin Menyikat Gigi

Menyikat gigi secara teratur sebanyak dua kali sehari dapat mencegah karang gigi. Kamu harus menyikat gigi selama kurang lebih 2 menit. Jika kamu melakukannya hanya 30 detik, plak tersebut tidak akan hilang dan karang gigi tidak dapat dicegah. Gunakan sikat gigi yang lembut dan bersihkan bagian gigi yang sulit dijangkau.

  1. Gunakan Pasta Gigi Berfluoride

Cara lainnya untuk mencegah pembentukan karang pada gigi adalah dengan menggunakan pasta gigi berfluoride. Hal ini dapat membantu kamu untuk memperbaiki kerusakan email pada gigi. Pada beberapa produk yang mengandung zat triclosan dapat melawan bakteri penyebab plak.

  1. Gunakan Benang Gigi

Sikat gigi dua kali sehari yang kamu lakukan tidak cukup untuk mengusir pembentukan plak. Kamu harus menggunakan benang gigi agar plak yang menempel pada gigi hilang. Hal tersebut karena area yang sulit dijangkau sikat gigi dapat dibersihkan dengan benang gigi.

  1. Gunakan Obat Kumur

Kamu dapat mencegah pembentukan plak pada gigi kamu dengan cara menggunakan obat kumur. Kamu dapat melakukan hal tersebut tiap sikat gigi selesai. Hal tersebut dapat membantu mulut kamu untuk tetap bersih dari bakteri penyebab plak.

Baca juga: Ketahui Penyebab Terjadinya Karang Gigi