• Home
  • /
  • Karyawan Kantoran Rentan Alami Obesitas? Coba Lakukan Hal Ini

Karyawan Kantoran Rentan Alami Obesitas? Coba Lakukan Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Karyawan Kantoran Rentan Alami Obesitas? Coba Lakukan Hal Ini

Halodoc, Jakarta – Apakah pekerjaanmu cenderung membuatmu mengalami kenaikan berat badan bahkan obesitas? Bisa jadi ini dikarenakan kamu kurang bergerak. Apalagi kalau pekerjaanmu hanya di balik kubikel alias duduk manis berhadapan dengan komputer. 

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Plos One, peningkatan berat badan pada karyawan kantoran mengalami peningkatan signifikan seiring dengan massalnya penggunaan komputer. Jadi, bisa disimpulkan mobilitas yang kurang menyebabkan karyawan kantoran cenderung mengalami obesitas. Bagaimana mengatasinya?

Cegah Obesitas di Kantor

Siapa bilang kalau obesitas menjadi masalah personal si karyawan? Ini bisa menjadi sumber masalah di kantor ketika akhirnya karyawan cenderung sakit, sehingga tidak masuk kantor. Secara pasti kondisi ini bisa menghambat produktivitas kerja. Pun, penggunaan fasilitas medis yang disebabkan karena karyawan sakit merupakan isu tersendiri buat perusahaan. 

Baca juga: 5 Tips Makan Sehat untuk Pekerja Kantoran

Mungkin beberapa hal yang diuraikan di bawah ini terdengar klise, tetapi sangat membantu mencegah kenaikan berat badan. Berikut rekomendasinya:

  1. Kurangi ngemil gorengan

Apa yang kamu lakukan di jam-jam senggang? Sudah pasti ngemil! Nah, sangat sulit untuk mencegah keinginan untuk ngemil apalagi kalau dilakukan bareng-bareng rekan kerja yang lain. Gorengan adalah salah satu makanan yang sering dikudap.

Cobalah untuk mengatakan tidak pada gorengan. Kalau keinginan untuk mengemil begitu hebat, ada baiknya kamu mengganti camilan dengan sesuatu yang lebih sehat seperti buah. 

  1. Jangan menggunakan lift

Alih-alih menggunakan lift, cobalah sesekali menggunakan tangga untuk membakar kalori. Terlebih lagi dilakukan sehabis makan siang. Ini akan cukup membantu pembakaran kalori. Kemudian, sebaiknya jangan menitip makan siang untuk dibelikan. Pergilah ke lokasi makan siangmu langsung. 

  1. Hindari lembur malam

Kenapa lembur malam bisa meningkatkan obesitas? Soalnya menghabiskan waktu di kantor dapat meningkatkan hasratmu untuk mengemil, dan lagi tubuh yang terjaga juga memicu hormon stres yang bisa meningkatkan nafsu makan. Pun, ketika kamu terlalu lama menghabiskan waktu di kantor bisa jadi membuatmu melewatkan jam nge-gym

Baca juga: Intip 5 Sarapan Sehat untuk Pekerja Kantoran

Perusahaan Juga Bisa Melakukan Sesuatu

Sebenarnya perusahaan bisa melakukan langkah-langkah pencegahan dengan melakukan beberapa hal seperti:

  1.   Memperkenalkan insentif

Berikan insentif, seperti cuti tambahan, untuk memberi penghargaan kepada karyawan yang menunjukkan skor Body Mass Index (BMI) yang lebih baik.

  1. Melakukan olahraga bersama

Perusahaan bisa mengimbau karyawannya untuk membentuk kelompok olahraga. Setidaknya sekali seminggu melakukan joging, yoga, zumba, futsal, atau apapun jenis olahraga menyenangkan lain yang bisa dilakukan bersama-sama. 

  1. Mesin penjual otomatis dengan makanan ringan yang sehat

Kenapa tidak? Ini akan mendorong para karyawan untuk hidup lebih sehat. Tidak berhenti di menyediakan snack sehat, makan siang sehat juga bisa jadi alternatif dukungan hidup sehat yang dilakukan oleh perusahaan. Berikan pilihan makanan sehat di kafetaria, seperti buah segar, sayuran, sup, daging tanpa lemak, dan biji-bijian.

  1. Atur seminar manajemen berat badan

Perusahaan bisa mengundang ahli gizi untuk menyelenggarakan seminar kesehatan dan nutrisi untuk mengedukasi karyawan tentang pelabelan makanan, kontrol porsi, dan pilihan menu sehat.

Ingin informasi ataupun rekomendasi hidup sehat lainnya yang bisa diaplikasikan di kantor, coba deh tanyakan di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk kamu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Referensi:

Plos One. Diakses pada 2019. Trends over 5 Decades in U.S. Occupation-Related Physical Activity and Their Associations with Obesity.
Business News Daily. Diakses pada 2019. Is your job making you fat?
The Hustle. Diakses pada 2019. Does working in tech make you fat?