27 July 2016

Kata Dokter: 10 Rahasia Sukses Ibu Hamil

10 Rahasia Sukses Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta - Mempersiapkan kehamilan bukanlah hal yang mudah karena banyak yang harus diperhatikan dan dipersiapkan oleh calon ibu. Tidak boleh asal pilih, yuk perhatikan 10 rahasia sukses ibu hamil menurut para pakar kesehatan berikut ini:

1. Rencanakan Kehamilan pada Dokter Pilihan
Hubungi dokter Anda & rencanakan kehamilan agar dapat mengetahui hal-hal yang harus disiapkan saat menjelang masa kehamilan. Beberapa tes diantaranya, yaitu tes prekonsepsi.

2. Kenali Siklus Ovulasi 
Sangat penting bagi untuk mengetahui siklus ovulasi atau masa subur. Beragam cara dapat dilakukan untuk mengetahuinya seperti dengan melakukan tes kesuburan maupun melalui aplikasi yang dapat digunakan pada smartphone. Hal tersebut dilakukan untuk membantu calon ibu melacak tingkat masa kesuburan.

3. Konsumsi Asam Folat
Idealnya asam folat membutuhkan 400 microgram per-hari nya dalam mempersiapkan kehamilan. Asam folat bisa dapatkan melalui makanan pada sayuran, kacang-kacangan, sereal dan lain sebagainya. Selain itu, asam folat akan membantu dalam mencegah disabilitas pada janin.

4. Capai Berat Badan Ideal
Kelebihan berat badan atau overweight dan terlalu kurus atau underweight pun mempengaruhi tingkat kesuburan. Oleh karena itu, capai indeks massa tubuh ideal  agar lebih mudah hamil.

5. Olahraga Teratur
Jadwalkan olahraga secara rutin dengan jalan sehat selama 30 menit dalam sehari atau seminggu 3 kali. Karena olahraga secara teratur, dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Namun, hindari untuk olahraga berlebihan, ya!

6. Diet Bernutrisi & Seimbang
Mulai saat ini, konsumsilah makanan sehat yang mengandung protein, sayuran & buah-buahan. Minum air putih yang cukup dan hindari makanan junk-food.

7. Kurangi Stres & Be Happy!
Faktanya pikiran yang bahagia akan meningkatkan kemungkinan hamil yang lebih cepat. Meditasi & relaksasi dapat digunakan dalam mengatasi stres. Bersikaplah secara positif dan ciptakan lingkungan yang ceria dalam keseharian hidup.

8. Stop Menggunakan Pil KB
Saat merencanakan kehamilan, dianjurkan untuk berhenti mengonsumsi pil KB. Mengapa? Karena beberapa pil KB membutuhkan waktu hingga 3 bulan setelah berhenti pemakaian, agar kembali ke masa subur seperti semula.

9. Jaga Kondisi Tubuh
Kondisi tubuh yang sehat dan prima, merupakan salah satu hal penting dalam mempersiapkan kehamilan. Rencanakan pula vaksinikasi agar tubuh terhindari dari segala jenis penyakit.

10. Hindari Kafein
Konsumsi kafein yang berlebihan akan menurunkan tingkat kesuburan dan meningkatkan dampak negatif pada tubuh, seperti keguguran. Disarankan untuk tidak meminum kopi lebih dari 200 ml per-hari.

 

Oleh dr.Benediktus Arifin, MPH, Sp.OG
Dokter Spesialis Kebidanan & Kandungan