• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kata Dokter: Benarkah Wanita Lebih Sulit Orgasme?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kata Dokter: Benarkah Wanita Lebih Sulit Orgasme?

Kata Dokter: Benarkah Wanita Lebih Sulit Orgasme?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 13 Januari 2022

“Studi menunjukkan bahwa wanita cenderung lebih sulit mendapatkan orgasme dibandingkan dengan pria. Benarkah demikian? Simak penjelasan dari dr. Rossy Syntia Marthasari, spesialis Andrologi di Halodoc.”

Kata Dokter: Benarkah Wanita Lebih Sulit Orgasme?

Halodoc, Jakarta – Studi menunjukkan bahwa wanita cenderung lebih sulit mendapatkan orgasme dibandingkan dengan pria ketika melakukan hubungan intim. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Sexual Medicine menyebutkan, wanita yang mencapai orgasme ketika berhubungan intim dengan pasangannya hanya sebesar 62,9 persen. Sementara laki-laki yang mendapatkan orgasme mencapai 85,1 persen dari semua partisipan dari studi tersebut. 

Sementara itu, dokter spesialis Andrologi dari Halodoc, dr. Rossy Syntia Marthasari melalui akun Instagram Halodoc menyebutkan bahwa sebanyak 70 persen wanita pernah mengalami masalah atau gangguan orgasme. Lalu, apa sebenarnya yang menyebabkan wanita sulit orgasme saat berhubungan intim?

  1. Kurangnya Pengetahuan dan Tidak Memahami Diri Sendiri

Sering terjadi, seorang wanita justru tidak mengetahui atau tidak mengenali letak titik sensitif pada tubuhnya sendiri. Tak hanya itu, tak sedikit pula wanita yang belum pernah mengalami orgasme sebelumnya, sehingga muncul rasa cemas dan takut terhadap hal baru tersebut. 

Padahal, orgasme merupakan pengalaman yang sifatnya personal dan pastinya orgasme pada setiap wanita akan berbeda. Tak hanya itu, intensitas dari orgasme pada setiap wanita pun tidak sama. Terkadang, orgasme bisa terjadi begitu kuat hingga mengakibatkan kamu kewalahan, tetapi tak menutup kemungkinan kamu tidak merasakan sensasi apapun dalam tubuh.

  1. Tidak Adanya Komunikasi dengan Pasangan

Sering ditemui pula, seorang wanita tidak mengomunikasikan apa yang menjadi keinginannya ketika berhubungan intim kepada pasangannya. Mengalami orgasme menjadi pengalaman yang sifatnya sangat rentan. Tak jarang, tubuh merasa terhalang karena kamu tidak berkomunikasi atau kurangnya rasa percaya pada pasangan. 

Jadi, sebaiknya komunikasikan apa yang kamu inginkan agar hubungan intim dengan pasangan berlangsung memuaskan. Katakan mana saja area tubuh kamu yang ingin disentuh dan bagaimana cara yang diinginkan untuk mendapatkan kepuasan yang tepat. 

  1. Konstruksi Sosial Wanita Sebagai Pelayan Seksual

Sayangnya, tak jarang seorang wanita juga sering dianggap sebagai pihak yang seharusnya melayani laki-laki. Alhasil, orgasme pada wanita dianggap sebagai hal yang sifatnya tidak wajib. Singkatnya, hubungan seks bisa langsung berakhir jika pria telah mendapatkan orgasme, meski pasangan belum mendapatkan hal serupa. 

Apa yang Harus Dilakukan untuk Mencapai Orgasme?

Sebenarnya, orgasme menjadi hal yang penting dalam kepuasan seksual bagi pria maupun wanita. Jadi, supaya wanita bisa mencapai orgasme, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yaitu: 

  1. Pastikan kamu mengenali diri sendiri. Ketahui mana saja bagian tubuh kamu yang sensitif dan merangsang sensualitas diri kamu.
  2. Pastikan kamu berkomunikasi dengan pasangan. Katakan apa yang menjadi keinginan kamu sehingga kamu bisa mencapai orgasme ketika melakukan hubungan intim.
  3. Lakukan simulasi seksual atau foreplay yang tepat, tidak terlalu singkat atau terlalu lama. 
  4. Waspada dengan penyakit yang bisa mengganggu hubungan seksual kamu dan pasangan, misalnya masalah kesehatan yang menyerang organ reproduksi wanita. 

Apabila kamu masih merasakan sulit mendapatkan orgasme saat berhubungan seks dengan pasangan, jangan pernah ragu untuk bertanya langsung pada dokter spesialis andrologi di aplikasi Halodoc. Jadi, kamu bisa mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisimu saat ini. Jangan lupa untuk download aplikasi Halodoc di ponselmu, ya!

Referensi: 

Instagram Halodoc. Diakses pada 2022. Wanita Lebih Sulit Orgasme, Benarkah?
Debby Herbenick, et al. 2010. Diakses pada 2022. An Event-Level Analysis of the Sexual Characteristics and Composition Among Adults Ages 18 to 59: Results from a National Probability Sample in the United States. The Journal of Sexual Medicine.
NHS. Diakses pada 2022. What can cause orgasm problems in women?