• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kata Dokter: Cara Mengatasi Radang Amandel pada Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kata Dokter: Cara Mengatasi Radang Amandel pada Anak

Kata Dokter: Cara Mengatasi Radang Amandel pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 21 Desember 2021
Kata Dokter: Cara Mengatasi Radang Amandel pada Anak

Radang amandel pada anak adalah kondisi yang sering terjadi. Sebab, anak-anak cenderung belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang sempurna. Hal ini membuat infeksi virus dan bakteri penyebab radang mudah terjadi. Pengobatan untuk kondisi ini tergantung pada penyebabnya.

Halodoc, Jakarta – Radang amandel adalah penyakit yang terjadi karena ada infeksi atau peradangan pada amandel. Di dalam tubuh manusia, amandel merupakan organ yang memiliki fungsi sebagai salah satu sistem pertahanan tubuh dari bakteri dan juga virus, terutama pada anak-anak. Organ ini terdiri dari dua kelenjar kecil yang ada di tenggorokan.

Kabar buruknya, radang amandel sangat rentan menyerang anak-anak, sebab sistem imun anak masih belum sempurna dalam mencegah infeksi. Namun, kondisi ini juga bisa terjadi pada orang dewasa. Peradangan pada organ amandel disebut dengan tonsilitis. Kondisi ini ditandai dengan perubahan amandel menjadi bengkak dan merah, serta nyeri pada tenggorokan.

Cara Mengatasi Radang Amandel pada Anak 

Cara mengatasi radang tenggorokan harus disesuaikan dengan penyebabnya. Secara umum, kondisi ini paling sering disebabkan oleh infeksi virus dan infeksi bakteri. Jika Si Kecil menunjukkan gejala peradangan pada amandel, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kesehatan. Terutama jika gejala yang muncul bersifat parah dan mengganggu aktivitas anak. 

Jika ragu, ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menanyakan tips pengobatan radang amandel pada anak. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call atau Chat. Sampaikan pertanyaan terkait penyakit dan gejala yang dialami anak untuk mendapatkan rekomendasi pengobatan terbaik. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Namun secara umum, ada beberapa cara mengatasi radang amandel tergantung pada penyebabnya, antara lain: 

  1. Perawatan Mandiri di Rumah 

Tonsilitis atau peradangan yang disebabkan oleh virus biasanya akan membaik dengan sendirinya setelah beberapa hari. Maka dari itu, kondisi ini biasanya hanya membutuhkan perawatan mandiri di rumah. Jika radang terjadi karena infeksi virus, dokter biasanya akan menganjurkan perawatan mandiri dengan menerapkan beberapa cara, seperti cukup istirahat, banyak minum air putih, mengonsumsi makanan yang bertekstur lembut, minuman pereda sakit tenggorokan, serta mengisap permen untuk melegakan sakit tenggorokan. Gejala nyeri pada tenggorokan juga bisa diatasi dengan menggunakan pelembap udara, hindari paparan asap rokok, dan konsumsi obat jika dibutuhkan. 

  1. Konsumsi Obat Antibiotik 

Dokter akan menganjurkan konsumsi obat antibiotik jika radang amandel yang dialami anak terjadi karena infeksi bakteri. Biasanya, jenis obat ini akan diresepkan untuk 10 hari, sampai gejala peradangan berkurang dan Si Kecil bisa kembali beraktivitas. Namun ingat, jangan sembarangan mengonsumsi obat dan pastikan untuk selalu mendapatkan resep dokter sesuai dengan kondisi dan gejala penyakit anak. 

  1. Operasi 

Pada beberapa kasus, tonsilitis mungkin harus ditangani melalui operasi pengangkatan amandel. Biasanya, prosedur ini dianjurkan oleh dokter jika radang yang terjadi tergolong kronis, sering kambuh, serta pengobatan antibiotik tidak cukup ampuh untuk mengatasinya. Pengangkatan amandel juga dilakukan jika penyakit ini memicu komplikasi penyakit, seperti kesulitan bernapas, sleep apnea, dan kesulitan menelan. 

Bisakah Kondisi Ini Dicegah? 

Amandel berperan sebagai sistem pertahanan tubuh anak, terutama dari serangan infeksi virus dan bakteri. Namun, kondisi tubuh dan kekebalan yang belum terbentuk sempurna membuat Si Kecil rentan mengalami penyakit, termasuk radang amandel. Akan tetapi, ayah dan ibu bisa membantu mengajari anak untuk melakukan pencegahan penyakit. 

Mulailah dengan membiasakan anak untuk mencuci tangan dengan sabun, terutama setelah beraktivitas di luar rumah, setelah menggunakan kamar mandi, dan sebelum makan. Sebaiknya, ajarkan anak untuk tidak berbagi tempat makan, tempat minum, atau peralatan pribadi dengan orang lain. Hindari juga berada terlalu dekat dengan orang yang sedang sakit. 

Referensi: 
Youtube Halodoc. Diakses pada 2021. Jangan Panik Ini Cara Mengobati Radang Amandel pada Anak.
Family Doctor. Diakses pada 2021. Tonsillitis.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Tonsillitis.