• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kata Dokter: Cara Mengenali Obesitas dan Penangannya

Kata Dokter: Cara Mengenali Obesitas dan Penangannya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Kata Dokter: Cara Mengenali Obesitas dan Penangannya

“Obesitas disebabkan oleh berat badan berlebih atau jauh dari angka yang disarankan. Mengetahui berat badan ideal bisa dilakukan dengan beberapa cara, termasuk menghitung indeks massa tubuh alias IMT. Seseorang yang mengalami obesitas nyatanya rentan mengalami berbagai penyakit, termasuk diabetes melitus dan stroke.

Halodoc, Jakarta – Obesitas adalah kondisi yang terjadi saat seseorang memiliki berat badan berlebih. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab kondisi ini, mulai dari gaya hidup, faktor keturunan atau genetik, hingga riwayat penyakit tertentu. Lantas, bagaimana cara mengenali obesitas? Apa saja cara penanganan yang bisa dilakukan? 

Sangat penting untuk menjaga berat badan ideal. Pasalnya, berat badan berlebih alias obesitas bisa dikaitkan dan meningkatkan risiko penyakit tertentu. Ada beberapa cara pengukuran yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang mengalami berat badan berlebih atau tidak. Namun, salah satu metode penghitungan yang sering digunakan adalah rumus Indeks Massa Tubuh (IMT). 

Baca juga: Kelebihan Berat Badan Dapat Menyebabkan Wasir, Ini Penjelasannya

Mengenali Obesitas dengan Metode IMT 

Menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT) bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui seseorang mengalami obesitas atau tidak. Menghitung indeks massa tubuh dilakukan dengan rumus berat badan (dalam kilogram) dibagi dengan tinggi badan (dalam m2). Seseorang bisa dikatakan mengalami obesitas jika IMT berada di atas angka 25.                    

Sayangnya, IMT terkadang kurang akurat sehingga tidak bisa menjadi acuan tunggal. Selain menghitung massa tubuh, mengenali obesitas juga bisa dilakukan dengan beberapa jenis pemeriksaan, meliputi: 

  • Menghitung ukuran lemak tubuh, caranya dengan mengukur ketebalan lipatan kulit, 
  • Menghitung dan membandingkan ukuran pinggang dan pinggul,
  • Mengetahui kadar lemak dengan pemindaian, seperti USG, CT scan, atau MRI. 

Obesitas bisa terjadi pada siapa saja. Namun, faktor genetik disebut bisa meningkatkan risikonya. Orang dengan salah satu atau kedua orangtua yang mengalami obesitas, berisiko tinggi mengalami kondisi yang sama. Akan tetapi, genetik bukanlah satu-satunya faktor penyebab kelebihan berat badan, gaya hidup, pola makan, serta aktivitas fisik juga memainkan peran penting. 

Baca juga: Pola Hidup Sehat untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Waspadai Risiko Penyakit 

Menjaga berat badan ideal nyatanya tidak hanya penting untuk penampilan, tetapi juga berpengaruh pada kondisi kesehatan. Orang yang mengalami berat badan berlebih disebut lebih rentan mengalami beberapa jenis penyakit, seperti diabetes melitus, hipertensi, asam urat, kadar kolesterol tinggi, serta penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah, seperti penyakit jantung dan stroke. 

Dengan menjaga berat badan ideal, maka risiko penyakit-penyakit di atas juga bisa dihindari. Salah satu cara untuk menghindari obesitas adalah dengan menerapkan pola makan bergizi seimbang, seperti menghindari makanan tinggi lemak, menghindari karbohidrat simplex, serta perbanyak konsumsi serat dan buah dan sayuran. 

Penting juga untuk memiliki jadwal makan yang teratur, mengonsumsi kalori dengan jumlah lebih sedikit dari yang dibutuhkan tubuh, berhenti makan sebelum kenyang, dan makan buah minimal lima porsi dalam satu hari. Cara ini bisa membantu menjaga asupan kalori serta menurunkan risiko kelebihan berat badan. Namun, pastikan tubuh mendapat cukup asupan karbohidrat, protein, lemak, dan serat. 

Selain menerapkan pola makan sehat, imbangi juga dengan melakukan aktivitas fisik yang cukup. Mencegah obesitas bisa dilakukan dengan rutin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik setidaknya 150 menit dalam seminggu. Lakukan olahraga ringan, seperti jogging atau bersepeda secara teratur. Rutin menimbang berat badan juga perlu dilakukan. 

Baca juga: Alasan Berat Badan Ideal Belum Tentu Sehat

Jika masih ada pertanyaan atau butuh saran ahli terkait cara mencegah atau menangani obesitas, hubungi dokter di aplikasi Halodoc saja. Lebih mudah berbicara dengan dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Sampaikan pertanyaan atau keluhan seputar kesehatan yang dialami dan dapatkan rekomendasi dari ahlinya. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
Youtube Channel Halodoc. Diakses pada 2021. Mengenal Obesitas dan Penanganannya.
World Health Organization. Diakses pada 2021. Obesity and Overweight.
NHS UK. Diakses pada 2021. Obesity.