• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kata Dokter: Kenali Munculnya Tanda Persalinan

Kata Dokter: Kenali Munculnya Tanda Persalinan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kata Dokter: Kenali Munculnya Tanda Persalinan

“Tanda persalinan terdapat dua fase, yaitu fase laten dan fase aktif. Keduanya dibedakan berdasarkan lebarnya pembukaan dan durasi waktunya. Jika ibu sudah berada pada fase aktif, maka sebaiknya segera mengunjungi pusat kesehatan terdekat untuk memeriksakan diri, apakah sudah waktunya persalinan.”

Halodoc, Jakarta – Ketika mendekati hari perkiraan lahir (HPL), ibu perlu mengetahui apa saja tanda persalinan. Persalinan adalah proses alami tubuh. Tanda persalinan biasanya adalah kontraksi yang stabil, diikuti dengan terbukanya beberapa tahap pembukaan. Namun, beberapa ibu bisa saja memiliki tanda persalinan yang berbeda. 

Sebenarnya setiap ibu hamil tidak selalu tahu kapan waktu persalinan tiba. Hal itu karena banyak dari tanda persalinan yang tidak jelas dan mudah disalahartikan. Namun, mengutip kata dr. Lucia Leonie Sp.OG, dalam video Instagram Halodoc, terdapat dua fase laten persalinan. Apa saja? Berikut penjelasannya.

Baca juga:  Ini yang Dimaksud Abruptio Plasenta dan Cara Mengatasinya

  • Fase Laten

Fase laten dimulai dari pembukaan 0-3 sentimeter. Fase ini dimulai dari beberapa jam sampai beberapa hari. Hal ini tergantung pada beberapa kondisi. Misalnya untuk  ibu yang sudah pernah melahirkan sebelumnya, tentu fase waktunya lebih pendek dibandingkan ibu yang belum pernah melahirkan. 

  • Fasek Aktif

Dimulai dari pembukaan 4-10 sentimeter (lengkap). Lama waktu biasanya 1 sentimeter setiap satu jam. 

Dr. Lucia Leonie Sp.OG juga menjelaskan tanda persalinan yang muncul seiring dengan kedua fase di atas, yaitu ada kontraksi teratur atau 10 menit/ 1 kali disertai pelepasan urine dan darah. Jika ini terjadi, maka ibu harus segera pergi ke pusat kesehatan terdekat. Ibu perlu memeriksakan diri apakah sudah mulai terjadi persalinan atau belum. 

Menurut dokter, ibu juga perlu mengenali tanda persalinan yang berbahaya, yaitu:

  • Ada ketuban pecah dini, yaitu keluar air merembes dari jalan lahir. 
  • Tiba-tiba keluar darah yang sangat banyak dari jalan lahir. Karena bisa saja merupakan salah satu tanda plasenta previa, atau ari-ari yang menutupi jalan lahir. 
  • TIba-tiba merasa pusing atau kejang disertai dengan riwayat tekanan darah tinggi. Jika ini terjadi, maka ibu harus segera pergi ke pusat kesehatan terdekat. 
  • Bayi sudah lahir, tapi ari-ari belum juga keluar. 
  • Ada tali pusat atau tangan bayi yang keluar di jalan lahir. 

Baca juga: Ini Dia 5 Jenis Kontraksi Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Hal yang Harus Dipersiapkan Menjelang Persalinan

Selain mengetahui tanda persalinan, ibu juga harus melakukan beberapa persiapan. “Ada 3 aspek yang harus dipersiapkan,” kata dr. Lucia Leonie, Sp.OG di video Instagram Halodoc.

  1. Kesiapan Mental

Ibu harus siap secara mental, karena proses persalinan ini membutuhkan rasa percaya diri dan menyingkirkan rasa takut dan cemas yang biasa melanda. Caranya bisa dengan mencari informasi akurat tentang bagaimana cara melahirkan. Dengan begitu ibu bisa lebih siap, baik ketika melahirkan secara normal ataupun caesar. 

  1. Kesiapan Fisik

Ibu harus mulai mempersiapkan kesehatan jasmani dengan olahraga. Contohnya olahraga yoga atau pilates supaya stamina tetap fit menjelang persalinan. 

  1. Aspek Sosial 

Hal ini seperti:

  • Biaya persalinan. Jika tiba-tiba tidak bisa melahirkan secara normal karena ada kontraindikasi, maka sudah dipersiapkan juga biaya persalinan secara caesar. 
  • Selain itu, ibu juga harus mendapatkan dukungan penuh dari suami dan keluarga. Sehingga diharapkan pada waktu persalinan semuanya bisa mendukung ibu secara penuh. 
  • Perlengkapan ibu dan bayi, mulai dari pakaian dan alat-alat pendukung lainnya. 

Baca juga: Ibu Hamil, Wajib Pahami Fakta dan Penyebab Kelahiran Prematur

Nah, sekarang ibu sudah tahu apa saja tanda persalinan normal beserta tanda persalinan yang berbahaya. Yang paling penting, ibu perlu memiliki pikiran positif dan percaya diri dengan menyingkirkan rasa takut dan cemas saat waktu persalinan tiba. 

Jika ibu kehabisan vitamin kehamilan, ibu bisa beli vitamin yang diresepkan dokter kandungan melalui aplikasi Halodoc tanpa perlu keluar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Instagram – Halodoc. Diakses pada 2021. Simak Tanda-tanda yang Muncul Menjelang Persalinan.