• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kata Dokter: Makanan yang Mampu Turunkan Kadar Gula Darah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kata Dokter: Makanan yang Mampu Turunkan Kadar Gula Darah

Kata Dokter: Makanan yang Mampu Turunkan Kadar Gula Darah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 31 Desember 2021
Kata Dokter: Makanan yang Mampu Turunkan Kadar Gula Darah

“Menurunkan kadar gula darah dengan mengonsumsi makanan sehat adalah hal yang wajib dilakukan pengidap diabetes atau pradiabetes. Sebab meski berbagai faktor seperti stres, aktivitas harian, dan genetik memengaruhinya, tetapi makanan adalah cara yang paling mudah dilakukan untuk menjaga kadar glukosa darah tetap stabil.”

Halodoc, Jakarta – Jika kamu atau orang terdekat mengidap diabetes atau pradiabetes, maka kamu harus memperhatikan betul asupan makanan setiap hari. Makanan-makanan yang tinggi kadar gula darah harus kamu hindari agar kadar gula darah tetap dalam kondisi yang terkendali. 

Meskipun faktor-faktor seperti berat badan, aktivitas, stres, dan genetik juga berperan dalam kadar gula darah, tetapi mengatur pola makan menjadi hal yang paling penting untuk dilakukan. Jadi, kamu harus menghindari makanan yang mengandung tinggi gula tambahan dan karbohidrat olahan, karena mereka bisa berkontribusi pada fluktuasi gula darah. 

Lantas, makanan apa saja yang mampu menurunkan kadar gula darah? Ketahui jawabannya melalui ulasan berikut ini! 

Makanan untuk Turunkan Kadar Gula Darah

Untuk membantu kamu atau orang terdekat terhindar dari diabetes, berikut ini adalah beberapa makanan yang ampuh turunkan kadar gula darah dan perlu dikonsumsi lebih rutin lagi:

  1. Brokoli

Sulforaphane adalah jenis isothiocyanate yang memiliki sifat penurun gula darah. Bahan kimia tanaman ini dihasilkan ketika brokoli dicincang atau dikunyah karena reaksi antara senyawa glukosinolat yang disebut glukoraphanin dan enzim myrosinase, yang keduanya terkonsentrasi di brokoli.

Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak brokoli sangat kaya akan sulforaphane dan mereka memiliki efek antidiabetes yang kuat. Hal ini kemudian membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi gula darah dan penanda stres oksidatif. Namun, ingatlah bahwa cara terbaik untuk meningkatkan ketersediaan sulforaphane adalah dengan menikmati brokoli dengan cara dikukus ringan. 

  • Makanan Laut

Makanan laut, termasuk ikan dan kerang, menawarkan sumber protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang berharga yang dapat membantu mengatur kadar gula darah. Protein sangat penting untuk mengontrol gula darah sebab ia membantu memperlambat pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

Protein juga mampu meningkatkan perasaan kenyang, sehingga pengidap diabetes akan makan lebih sedikit. Hebatnya lagi, protein juga bisa meningkatkan penghilangan lemak tubuh yang berlebih. Ini adalah dua efek yang penting untuk kadar gula darah yang sehat. Jadi, asupan tinggi ikan berlemak, seperti salmon dan sarden telah terbukti membantu meningkatkan regulasi gula darah.

  • Labu dan Biji Labu

Berwarna cerah dan dikemas dengan serat dan antioksidan, labu adalah pilihan tepat untuk menjaga kadar gula darah tetap rendah. Selain itu, labu ternyata sudah banyak digunakan sebagai obat diabetes tradisional di banyak negara, seperti Meksiko dan Iran.

Labu kaya akan karbohidrat yang disebut polisakarida yang telah dipelajari potensinya dalam mengatur kadar gula darah. Sementara itu, biji labu juga hadir dengan lemak dan protein sehat, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk mengontrol gula darah juga.

Perawatan dengan ekstrak dan bubuk labu telah terbukti menurunkan kadar gula darah secara signifikan pada penelitian pada manusia dan hewan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana labu utuh, seperti saat dimakan dipanggang atau dikukus, dapat bermanfaat bagi pengaturan gula darah.

  • Kacang dan Selai Kacang

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan kacang mungkin merupakan cara yang efektif untuk membantu mengatur kadar gula darah. Penelitian membuktikan mengonsumsi kacang tanah dan almond sepanjang hari sebagai bagian dari diet rendah karbohidrat bisa mengurangi kadar gula darah puasa dan pasca makan pada pengidap diabetes tipe 2.

  • Okra

Okra adalah buah yang biasa dimanfaatkan seperti sayuran. Ini adalah sumber yang kaya akan senyawa penurun gula darah, seperti polisakarida dan antioksidan flavonoid. Di Turki, biji okra telah lama digunakan sebagai obat alami untuk mengobati diabetes karena sifat penurun gula darahnya yang kuat.

Selain itu, ada juga rhamnogalacturonan, yakni polisakarida utama dalam okra yang telah diidentifikasi sebagai senyawa antidiabetes yang kuat. Ditambah lagi, okra juga mengandung isoquercitrin flavonoid dan quercetin 3-O-gentiobioside, yang membantu mengurangi gula darah dengan menghambat enzim tertentu. 

Selain konsumsi makanan sehat di atas, pengidap diabetes juga tetap perlu rutin memeriksakan kondisi kesehatan mereka di rumah sakit. Untungnya, kini kamu bisa buat janji untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit lewat Halodoc. Praktis bukan? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. The 17 Best Foods to Lower (or Regulate) Your Blood Sugar.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Best Foods That Help Lower and Control Blood Sugar.