• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kata Dokter: Mitos dan Fakta tentang Ejakulasi Dini

Kata Dokter: Mitos dan Fakta tentang Ejakulasi Dini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kata Dokter: Mitos dan Fakta tentang Ejakulasi Dini

“Ejakulasi dini adalah masalah kesehatan seksual yang cukup umum tapi dampaknya bisa membuat pria tertekan bahkan frustasi. Selain itu, banyak mitos seputar seks dan ejakulasi dini yang masih sedikit diketahui oleh pria. Untuk meluruskannya, berikut penjelasan mitos dan fakta seputar ejakulasi dini oleh dokter spesialis andrologi, dr. Rossy Syntia Marthasari, Sp.And.”

Halodoc, Jakarta –  Ejakulasi dini terjadi ketika pria mengalami ejakulasi lebih cepat dari yang seharusnya selama hubungan seksual. Pria dikatakan mengalami ejakulasi dini apabila mengalami ejakulasi dalam satu menit setelah penetrasi. Tidak dapat menunda ejakulasi selama hubungan seksual sepanjang waktu juga termasuk tanda ejakulasi dini. 

Kondisi ini sebenarnya adalah keluhan seksual yang cukup umum namun bisa membuat pengidapnya tertekan sampai frustasi, sehingga pengidapnya lebih memilih menghindari hubungan seksual. Banyak sekali mitos dan fakta seputar ejakulasi yang masih sedikit diketahui pria. Nah, berikut mitos dan fakta seputar ejakulasi dini menurut dokter spesialis andrologi, dr. Rossy Syntia Marthasari, Sp.And.

Baca juga: Lakukan Ini untuk Tingkatkan Stamina Seksual Pria

Mitos dan Fakta tentang Ejakulasi Dini

Menurut dokter Rossy Syntia Marthasari seperti dalam Instagram Halodoc, ejakulasi dini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari infeksi sampai rutin tidaknya berhubungan seksual. Infeksi pada kelenjar aksesoris reproduksi pria dapat menyebabkan gejala ejakulasi dini. 

Ketidakseimbangan kadar serotonin dan dopamin di otak serta kadar testosteron yang masih tinggi di usia muda juga bisa menyebabkan ejakulasi dini. Selain kondisi di atas, jarang melakukan hubungan seksual atau baru pertama kali berhubungan seksual juga bisa memicu ejakulasi dini.

Namun, penyebab ejakulasi dini yang paling umum adalah disfungsi ereksi atau impotensi. Disfungsi ereksi dan ejakulasi dini adalah dua kondisi yang sangat berkaitan. Pria yang mengalami masalah ereksi secara sadar atau tidak sadar akan mempercepat ejakulasinya. 

Sebagian besar pria mengira bahwa dirinya mengalami ejakulasi dini atau mengira bahwa hubungan seksual yang memuaskan adalah hubungan seksual yang berlangsung lama. Pada faktanya, hubungan seksual antara seorang pria dan wanita membutuhkan waktu rata-rata 5-6 menit saja. Lama atau durasi hubungan seksual tidak menentukan kepuasan seksual. 

Baca juga: Berhubungan Intim yang Ideal Itu Berapa Kali Seminggu Sih?

Tips Mencegah Ejakulasi Dini

Dokter Rossy Syntia Marthasari  juga menambahkan bahwa ada beberapa tips yang bisa dilakukan pria untuk mencegah ejakulasi dini, yaitu:

1. Kenali Titik Sensitif Tubuh Sendiri

Bagian yang paling sensitif dari seorang pria adalah bagian perbatasan antara kepala dan leher Mr. P. Oleh sebab itu, penetrasi harus dilakukan sangat dalam supaya tidak ada rangsangan berlebihan pada daerah tersebut. Jika dilakukan dengan tepat, cara ini cukup efektif untuk mencegah ejakulasi dini

2. Kenali Titik Sensitif Tubuh Pasangan

Sebagai pasangan, kamu harus mengenali titik-titik sensitif dari pasangan kamu. Hal ini penting agar rangangan bisa dilakukan secara maksimal sebelum ejakulasi terjadi. Dengan cara ini, kamu dan pasangan pun bisa mendapatkan kepuasan seksual disaat yang bersamaan. 

3. Alihkan Perhatian untuk Menunda Ejakulasi

Kamu dapat mengalihkan perhatian sesaat sebelum terjadinya sensasi mau ejakulasi. Misalnya, saat kamu mulai merasa ada sensasi ejakulasi, alihkan perhatian kamu dengan memikirkan hal lain untuk menunda ejakulasi. 

4. Start Stop Technique

Saat kamu ingin ejakulasi, segera hentikan aktivitas seksual dan mengganti posisi sehingga bisa menunda ejakulasinya. Ketika kamu mulai merasakan sensasi ingin ejakulasi, kamu dapat menarik penis sampai sensasinya hilang. Saat sensasi ingin ejakulasi sudah hilang, kamu dapat kembali melakukan ejakulasi. 

5. Olahraga

Olahraga yang dilakukan dengan tepat, seperti pelvic floor exercise, atau kegel exercise dapat memperpanjang durasi ejakulasi. Lakukan latihan tersebut secara rutin sampai kamu merasakan hasilnya. 

Baca juga: Pria Paling Tidak Tahan Kalau 7 Bagian Ini Disentuh

Itulah mitos dan fakta seputar ejakulasi dini yang perlu kamu ketahui. Selain melakukan tips di atas, pola hidup sehat juga mampu menunjang kesehatan seksual kamu. Jangan lupa konsumsi vitamin dan suplemen untuk menjaga daya tahan kamu. Kamu bisa cek kebutuhan vitamin di toko kesehatan Halodoc. Jangan tunda minum vitamin sebelum sakit. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Instagram – Halodoc. Diakses pada 2021. Pria Harus Tahu, Mitos & Fakta Ejakulasi Dini!
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Premature ejaculation.
PsychologyToday. Diakses pada 2021. Myths and Truths About Premature Ejaculation.