• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kata Dokter: Panduan Diet yang Tepat untuk Pengidap PCOS
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kata Dokter: Panduan Diet yang Tepat untuk Pengidap PCOS

Kata Dokter: Panduan Diet yang Tepat untuk Pengidap PCOS

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 05 November 2021
Kata Dokter: Panduan Diet yang Tepat untuk Pengidap PCOSKata Dokter: Panduan Diet yang Tepat untuk Pengidap PCOS

“Menjalani diet sehat menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi PCOS. Makanan berserat, memiliki kandungan protein, sayuran hijau, lemak sehat, serta kacang-kacangan menjadi salah satu jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi pengidap PCOS saat menjadi diet yang tepat.”

Halodoc, Jakarta – Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) adalah gangguan kesehatan yang menyerang wanita dan disebabkan oleh kelainan hormon androgen. Biasanya, penyakit ini lebih berisiko dialami oleh wanita yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Kondisi obesitas dapat memicu gangguan pada organ reproduksi dan metabolisme.

Menjalani diet yang tepat dan meningkatkan aktivitas fisik menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah PCOS semakin memburuk. Untuk itu, simak ulasan diet yang tepat bagi pengidap PCOS, di sini!

Baca juga: Alami PCOS Bikin Susah Hamil, Mitos atau Fakta?

Kata Dokter, Inilah Diet Tepat untuk Pengidap PCOS

Bagi para wanita, mengalami siklus menstruasi secara teratur dan rutin menjadi salah satu tanda kesehatan reproduksi yang baik. Kondisi ini memicu rasa khawatir ketika wanita mengalami gangguan menstruasi.

Ada berbagai gangguan kesehatan yang ditandai dengan gangguan menstruasi, salah satunya adalah polycystic ovary syndrome. Wanita dengan penyakit PCOS akan memiliki banyak kista dalam rahim yang disebabkan oleh jumlah hormon androgen yang berlebih.

Sebuah penelitian yang ditulis dalam International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders, 50 persen wanita yang mengalami PCOS juga diakibatkan oleh kondisi obesitas atau kelebihan berat badan.

Obesitas dapat memicu berbagai gangguan fungsi reproduksi hingga metabolisme. Gangguan pada fungsi reproduksi berupa gangguan siklus haid hingga terjadinya infertilitas. Sedangkan, gangguan metabolisme menyebabkan penyakit jantung, gangguan pembuluh darah, hingga diabetes melitus.

Pengidap PCOS juga rentan mengalami resistensi insulin akibat tubuh mencoba memompa insulin lebih banyak untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. Namun, terlalu tinggi insulin dalam tubuh dapat menyebabkan ovarium memproduksi hormon androgen berlebihan.

Baca juga: Perubahan Gaya Hidup untuk Membantu Mengatasi PCOS

Menurut dr. Wendy Anne, Sp.GK, dokter gizi klinik dalam wawancara dengan Halodoc, mengatur pola makan dengan menjalani diet tepat dan meningkatkan aktivitas fisik menjadi cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan mencegah PCOS semakin memburuk.

Perubahan tersebut dilakukan untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang ideal. Kamu juga perlu mengatur pola makan menjadi makan besar sebanyak 3 kali dan diselingi 2 – 3 makan dengan porsi kecil.

Lalu, jenis makanan apa yang baik dikonsumsi oleh pengidap PCOS? Sebaiknya pilihlah makanan rendah kalori dan kandungan gula tambahan. Selain itu, ketahui jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi, seperti:

  • Makanan alami yang tidak diproses.
  • Makanan dengan kandungan serat tinggi.
  • Makanan berprotein, seperti Ikan salmon, tahu, dan dada ayam.
  • Sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, kale.
  • Kacang-kacangan.
  • Lemak sehat, seperti minyak zaitun dan alpukat.
  • Cokelat.
  • Rempah-rempah, seperti kayu manis dan kunyit.

Itulah jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh pengidap PCOS. Sebaiknya hindari berbagai jenis makanan yang mengandung, karbohidrat olahan, makanan cepat saji, alkohol, minuman bersoda, minuman manis, daging olahan, makanan dengan kandungan lemak jenuh, dan daging merah.

Baca juga: Jangan Abai, Ketahui 9 Komplikasi Akibat Sindrom Polikistik Ovarium

Diet sehat yang dijalankan sebaiknya dilakukan bersama dengan peningkatan latihan fisik. Kebiasaan ini dapat berdampak baik pada kesehatan, seperti membantu menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme insulin, menstruasi menjadi lebih teratur, penurunan hormon androgen, dan menurunkan kolesterol.

Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika kamu mengalami gangguan menstruasi yang tidak kunjung membaik. Gunakan Halodoc untuk membuat janji pemeriksaan pada dokter kandungan dengan cara download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. What to Eat If You Have PCOS.
Healthline. Diakses pada 2021. Can My Diet Relieve Symptoms of Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)?