• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kata Dokter: Pentingnya Mengatur Pola Tidur yang Tepat

Kata Dokter: Pentingnya Mengatur Pola Tidur yang Tepat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kata Dokter: Pentingnya Mengatur Pola Tidur yang Tepat

“Pola tidur yang tepat nyatanya sangat penting untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit kronis, menurunkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan fungsi kognitif, dan memengaruhi emosi dan mental kamu.”

Halodoc, Jakarta – Di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, tidur cukup sama pentingnya dengan makan sehat dan berolahraga. Namun, masih banyak orang yang belum sadar akan hal ini dan kerap begadang setiap malamnya. Bukan cuma waktu tidur yang diperhatikan, kualitas tidur pun perlu kamu dapatkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Namun, kualitas tidur akan sulit diraih apabila seseorang punya kebiasaan begadang. Tidak mudah memang untuk mengatur pola tidur ketika seseorang sudah punya kebiasaan begadang. Kalau kamu salah satunya, ini yang perlu kamu ketahui tentang pentingnya mengatur pola tidur yang tepat.

Baca juga: Benarkah Semua Orang Harus Tidur 8 Jam Sehari?

Alasan Mengapa Mengatur Pola Tidur Amat Penting

Ketika pola tidur berantakan, timbul berbagai risiko kesehatan yang bisa kamu alami. Nah, berikut beberapa alasan mengapa tidur sangat penting:

1. Menjaga Tubuh Sehat dan Bugar

Penelitian menunjukan, bahwa orang yang kurang tidur 6 jam setiap harinya memiliki kemungkinan 4,2 kali lebih besar terkena flu dibandingkan orang yang tidur 8 jam sehari. Itu sebabnya, tidur yang berkualitas amat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. 

2. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Kurang tidur juga dapat menempatkan kamu pada risiko penyakit kronis. Contohnya seperti diabetes, depresi, dan penurunan fungsi jantung. Kurang tidur mampu mengaktifkan penanda peradangan dan kerusakan sel yang tidak diinginkan. 

Obesitas juga termasuk masalah kronis yang bisa ditimbulkan dari kurang tidur. Pasalnya, kurang tidur dapat meningkatkan kadar ghrelin, hormon yang merangsang nafsu makan, dan menurunkan kadar leptin, hormon yang menekan nafsu makan.

3. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Fungsi kognitif otak seperti berpikir mengingat dan berkonsentrasi otomatis akan menurun ketika kamu kurang tidur. Jadi, mendapatkan tidur yang berkualitas bukan hanya meningkatkan kesehatan tubuh, tetapi juga membuat kamu bisa lebih berkonsentrasi dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Ini 5 Gangguan Tidur yang Perlu Diketahui

4. Memengaruhi Emosi dan Mental

Kurang tidur dapat mengurangi kemampuan untuk berinteraksi secara sosial. Melansir dari Healthline, penelitian mengkonfirmasi hal ini menggunakan tes pengenalan wajah emosional. Satu studi menemukan bahwa orang yang tidak tidur mengalami penurunan kemampuan untuk mengenali ekspresi kemarahan dan kebahagiaan. 

Tips Menjaga Pola Tidur

Menurut dr. Bryan John Junior seperti dalam youtube Halodoc, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga pola tidur yang baik:

1. Perhatikan durasi tidur

Mulai dengan memperhatikan durasi pola tidur yang biasanya disesuaikan menurut usia. Pada kelompok usia 18-64 tahun, durasi tidur yang dianjurkan adalah 7-9 jam per hari. Untuk kelompok lanjut usia, durasi tidurnya berkisar 7-8 jam per hari. 

2. Konsistensi jadwal dan kualitas tidur

Bukan hanya durasi saja yang harus kamu perhatikan, jadwal dan kualitas tidur yang konsisten sama pentingnya dalam mengatur pola tidur. Jadwal tidur yang konsisten dapat mempertahankan pola tidur yang baik dalam jangka panjang. 

3. Hindari makan dan minum sebelum tidur

Hindari konsumsi makanan dan minuman sebelum tidur. Hal ini bertujuan agar tubuh dapat beristirahat dengan sempurna. Ketika kamu makan dan minum sebelum tidur, tubuh yang seharusnya beristirahat malah harus bekerja keras memproses makanan.

4. Jangan tidur siang terlalu lama

Tidur di siang hari memang penting untuk menjaga konsentrasi kamu. Namun, hindari tidur siang terlalu lama, apalagi bila kamu memiliki pola tidur yang kacau. Saat kamu tidur siang terlalu lama, nantinya kamu cenderung tidak mengantuk di malam hari. 

5. Matikan semua alat elektronik dan lampu

Pastikan kamu matikan semua alat elektronik dan lampu kamar sebelum tidur. Kebiasaan memainkan gawai sebelum tidur justru bisa membuat kamu kesulitan tidur dan berisiko begadang. 

6. Lakukan relaksasi

Ciptakan ritual khusus sebelum tidur, terutama tindakan-tindakan yang membuat kamu menjadi rileks. Kamu bisa mandi air hangat, membaca buku, memasang aromaterapi, melatih pernapasan atau mendengarkan musik untuk membuat tubuh lebih rileks.

Baca juga: Sulit Tidur, Coba Atasi dengan 7 Cara Ini

Ingat, kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk bisa menyebabkan berbagai masalah fisik dan psikis, lo. Oleh sebab itu, tidurlah setidaknya selama 7-9 jam setiap harinya. Bila dirimu mengalami masalah tidur, cobalah tanyakan langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan membantu menjawab segala pertanyaan kamu. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Youtube. Diakses pada 2021. Halodoc. Eps. 5 – Tips Mengatur Pola Tidur Yang Tepat.
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Reasons Why Good Sleep Is Important.
Sleep Foundation. Diakses pada 2021. Why Do We Need Sleep?