• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kata Dokter: Penyebab Nyeri Sendi pada Jari Tangan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kata Dokter: Penyebab Nyeri Sendi pada Jari Tangan

Kata Dokter: Penyebab Nyeri Sendi pada Jari Tangan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 09 Desember 2021
Kata Dokter: Penyebab Nyeri Sendi pada Jari Tangan

“Bisa dibilang tangan menjadi salah satu organ luar tubuh yang paling sering digunakan. Hampir seluruh aktivitas yang dilakukan, membutuhkan tangan untuk menyelesaikannya. Bayangkan jika kamu mengalami nyeri sendi pada jari tangan, semua hal yang perlu dilakukan otomatis jadi sulit untuk dikerjakan.”

Halodoc, Jakarta –  Nyeri sendi pada tangan bisa muncul secara tiba-tiba. Gejala fisiknya ditandai dengan rasa kaku dan kesulitan untuk menggerakkan jari-jari tangan. Kondisi tersebut dapat dipicu oleh berbagai faktor, mulai dari gerakan berlebihan hingga fenomena Raynaud. 

Nyeri sendi pada jari tangan memang sangat mengganggu, sehingga kamu perlu melakukan langkah penanganan yang tepat. Langkah penanganan pun akan disesuaikan berdasarkan penyebab yang mendasari. Berikut ini beberapa penyebab nyeri sendi pada jari tangan yang perlu diatasi dengan baik:

1. Trigger Finger

Penyebab nyeri sendi pada jari tangan yang pertama adalah trigger finger. Beliau mengatakan, kondisi tersebut menyebabkan jari tangan terasa kaku atau terkunci pada posisi menekuk atau meregang. Penyebabnya sendiri adalah penyempitan ruang dalam selubung sekeliling tendon akibat peradangan.

2. Fenomena Raynaud

Selanjutnya fenomena Raynaud, dikutip dari kanal Youtube Halodoc, dr. M. Alfi Auliya R mengatakan, kondisi ini terjadi akibat kurangnya pasokan darah ke bagian tubuh tertentu termasuk jari tangan, akibat penyempitan pembuluh darah arteri. Pengidap kondisi ini akan mengalami peningkatan sensitivitas pada jari tangan ketika dingin, sehingga terasa nyeri atau kaku.

3. Radang Tendon

Masih menurut Alfi, radang tendon adalah kondisi saat jaringan yang menghubungkan otot dan tulang mengalami peradangan. Kondisi tersebut akan memicu rasa sakit pada bagian otot yang terkena. Rasa sakit semakin intens ketika jari digerakkan atau digunakan untuk beraktivitas. Selain kaku pada otot, bisa juga muncul sensasi hangat di area yang terkena.

4. Kelelahan dan Gerakan Berulang

Kelelahan dan gerakan berulang umum terjadi pada pekerja yang membutuhkan keterampilan fisik tinggi. Kondisi tersebut terjadi akibat melakukan gerakan tertentu secara berulang pada salah satu sendi saja. Jika sudah begitu, muncul gejala berupa rasa nyeri di bagian sendi tersebut.

5. Radang Sendi atau Osteoarthritis

Penyebab nyeri sendi pada jari tangan yang terakhir adalah radang sendi atau osteoarthritis. Kondisi ini menjadi penyebab yang paling umum dialami dan memicu sejumlah gejala. Contohnya  kaku, pembengkakan, serta nyeri di bagian yang terdampak. Jika tidak diatasi dengan baik, sejumlah gejala tersebut akan berkembang secara perlahan.

Langkah Sederhana Mengatasi Nyeri Sendi pada Jari Tangan 

Jika nyeri sendi pada jari tangan terjadi akibat cedera otot atau tendon, kamu bisa melakukan langkah penanganan secara mandiri. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Mengistirahatkan sendi jari tangan.
  • Jangan melakukan aktivitas apa pun dengan jari tangan.
  • Kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan.
  • Konsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti paracetamol atau ibuprofen.

Sejumlah langkah sederhana tersebut dapat dilakukan ketika rasa nyeri atau pembengkakan terjadi dalam intensitas rendah, tidak sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, jika sejumlah langkah tersebut tidak ampuh, silahkan tanyakan pada dokter lewat aplikasi Halodoc, ya!

Kamu juga bisa download Halodoc untuk mengetahui informasi kesehatan menarik lainnya!

Referensi:
Youtube Halodoc. Diakses pada 2021. 5 Faktor penyebab nyeri sendi pada jari tangan.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Arthritis of the Hand.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Trigger finger.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Raynaud’s disease.