• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kata Psikolog: Ketahui Cara Tepat untuk Mengelola Stres
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kata Psikolog: Ketahui Cara Tepat untuk Mengelola Stres

Kata Psikolog: Ketahui Cara Tepat untuk Mengelola Stres

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 05 November 2021
Kata Psikolog: Ketahui Cara Tepat untuk Mengelola Stres

Ada banyak cara untuk mengelola stres. Namun, menurut Diana Christiana, psikolog di Halodoc, kunci utamanya adalah menerima masalah sebagai bagian dari hidup. Selain itu, ada beberapa cara yang juga bisa dilakukan untuk mengatasi stres. Mulai dari makan makanan sehat hingga berbicara pada orang terdekat.”

Halodoc, Jakarta – Stres merupakan perasaan yang wajar dialami seseorang dalam kehidupannya sehari-hari. Di masa pandemi seperti sekarang ini, ada banyak hal yang bisa membuat stres. Mulai dari masalah ekonomi, masalah kesehatan, hubungan dengan pasangan yang sedang terganggu, anak-anak yang sulit diatur, hingga kejenuhan karena harus berada di rumah saja juga bisa membuat stres.

Kamu mungkin tidak bisa terhindar sama sekali dari permasalahan dan tantangan hidup sehari-hari, tetapi ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola stres. Yuk, cari tahu di sini.

Baca juga: Cek Fakta: Benarkah Lihat Meme Bantu Redakan Stres?

Kunci Utama Mengelola Stres Menurut Psikolog

Menurut Diana Christiana S.Psi, M.Psi, seperti yang dituturkannya dalam YouTube Halodoc, cara untuk mengelola stres sebenarnya ada banyak, tetapi kunci utamanya adalah bagaimana kamu bersedia menerima masalah sebagai bagian dari hidup. Kamu juga perlu menerima bahwa ada hal-hal yang tidak bisa diubah dan berada di luar kendali kamu. Dalam menghadapi berbagai permasalahan yang muncul dalam hidup, alih-alih merasa stres atau takut, kamu bisa menjadikan hal itu sebagai pengalaman untuk menjadi lebih baik lagi. 

Tips Mengatasinya

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat stres muncul:

  • Makan-Makanan Sehat

Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa makanan bisa memengaruhi suasana hati. Namun, hal ini bukan berarti kamu menjadikan makanan sebagai pelampiasan dan mengonsumsi makanan manis dan tidak sehat lainnya secara berlebihan. Sebaliknya, saat stres, kamu dianjurkan untuk makanan makanan bergizi seimbang secara teratur. Cara tersebut bisa membantu kamu merasa lebih baik.

Untuk mengelola stres, pastikan makanan kamu berisi sayur-sayuran, biji-bijian dan protein tanpa lemak untuk memberi energi. Kamu juga dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk otak, seperti vitamin dan mineral, serta minum air yang cukup. Selain dari makanan, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi kamu melalui suplemen vitamin. Cek kebutuhan suplemen kamu di aplikasi Halodoc.

  • Hindari Rokok dan Minuman Alkohol

Cobalah untuk tidak atau kurangi merokok dan minum minuman beralkohol. Meskipun kedua hal tersebut mungkin bisa mengurangi ketegangan untuk sementara, tetapi seringkali memperburuk masalah.

Baca juga: Merokok Bisa Meredakan Stres, Mitos atau Fakta?

  • Olahraga

Dibanding merokok dan minum alkohol, olahraga secara teratur adalah cara yang lebih baik untuk merilekskan tubuh dan pikiran kamu. Selain itu, olahraga juga bisa meningkatkan mood kamu. Namun, kamu perlu rutin melakukannya agar bisa merasakan manfaatnya. 

The American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk melakukan setidaknya 150 menit olahraga intensitas sedang, seperti jalan cepat, setiap minggu. Atau olahraga yang lebih berat, seperti berenang, jogging, atau lainnya, 75 menit setiap minggu. Bahkan hanya keluar rumah dan mencari udara segar, serta melakukan beberapa latihan fisik ringan, seperti berjalan-jalan ke toko juga sudah sangat membantu mengatasi stres.

  • Beristirahat Sejenak

Mengambil cuti untuk memberi waktu istirahat bagi pikiran juga merupakan cara yang efektif untuk mengelola stres. Dalam waktu istirahat tersebut, kamu bisa melakukan hal-hal yang bisa menenangkan pikiran, seperti meditasi, yoga, mendengarkan musik favorit, atau menghabiskan waktu di alam.

  • Bicarakan Masalahmu

Bila ada hal-hal yang mengganggu pikiran kamu, membicarakannya dengan orang lain bisa membantu mengurangi stres kamu. Bicarakanlah masalah kamu dengan orang yang bisa dipercaya, seperti anggota keluarga, sahabat, pembimbing rohani, dokter, atau terapis.

Selain itu, kamu juga bisa berbicara dengan diri kamu sendiri atau yang dikenal dengan self-talk. Namun, agar self-talk bisa membantu mengurangi stres, pastikan kamu hanya mengatakan hal-hal yang positif.

Jadi, dengarkan baik-baik apa yang kamu pikirkan atau katakana saat stres. Bila kamu memberi diri pesan negatif, ubahlah menjadi pesan positif. Misalnya, jangan katakan pada diri sendiri “Saya tidak bisa melakukannya”, sebaliknya katakanlah “Saya bisa melakukannya” atau “Saya akan melakukan yang terbaik yang saya bisa.” Bertindaklah seolah-olah kamu adalah teman terbaik kamu sendiri.

Baca juga: Redakan Stres dengan Lakukan 6 Teknik Relaksasi Ini

Nah, itulah beberapa cara tepat untuk mengelola stres. Yuk, jaga kesehatan tubuh dan pikiran kamu dengan download aplikasi Halodoc untuk membantu kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap dengan mudah.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
YouTube. Diakses pada 2021. Tips Mengelola Stres #KataDokterHalodoc
Mental Health Foundation. Diakses pada 2021. How to manage and reduce stress.
WebMD. Diakses pada 2021. 10 Tips to Manage Stress.
American Heart Association. Diakses pada 2021. How much physical activity do you need?