• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kaya Akan Serat, Ini Manfaat Sawo untuk Kesehatan

Kaya Akan Serat, Ini Manfaat Sawo untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Kaya Akan Serat, Ini Manfaat Sawo untuk Kesehatan

“Sawo adalah buah berdaging dan berkulit cokelat dengan rasa yang manis. Buah bertekstur lembut ini ternyata memiliki sejumlah manfaat baik bagi tubuh, lo. Lantas, apa saja manfaat buah sawo bagi kesehatan tubuh?”

Halodoc, Jakarta – Sawo merupakan salah satu buah atau makanan sehat yang mengandung beragam nutrisi bagi tubuh. Kandungan baik tersebut termasuk air, lemak, karbohidrat, serat, energi,  vitamin C, natrium, kalium, dan lain-lain.

Nah, berikut beberapa  manfaat buah sawo bagi kesehatan tubuh.

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Tingginya kandungan serat dalam buah sawo membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Hal tersebut dapat menekan nafsu makan, sehingga berat badan dapat terkontrol. Untuk hasil yang maksimal, imbangi dengan olahraga rutin.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam sawo bukan hanya dapat meningkatkan kekebalan tubuh saja, tetapi juga menunjang perkembangan tulang dan penyerapan zat besi dari makanan.

3. Meredakan Demam

Sawo bersifat antiradang dan antipiretik, yang dapat meredakan demam dan peradangan dalam tubuh. Kedua sifat tersebut dapat membantu mengurangi infeksi bakteri dan virus dalam tubuh.

4. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat buah sawo selanjutnya adalah menangkal radikal bebas karena kandungan tinggi antioksidan di dalamnya. Kandungan tersebut dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif, yang berujung pada kanker dan sakit jantung.

5. Melancarkan Pencernaan

Manfaat buah sawo yang terakhir adalah melancarkan pencernaan. Kandungan serat di dalamnya dapat menunjang kerja sistem pencernaan, sehingga mengurangi risiko terjadinya sembelit, diare, dan gangguan pencernaan lainnya.

Itulah beberapa manfaat buah sawo bagi kesehatan tubuh. Untuk menunjang kesehatan tubuh secara menyeluruh, barengi dengan pola hidup sehat lainnya, seperti rutin berolahraga.

Jika memiliki gangguan kesehatan setelah mengonsumsi sawo, silahkan tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi Halodoc. Tanyakan juga jika kamu memiliki keluhan lain seputar kesehatan. Yuk, download Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diakses pada 2021. Data Komposisi Pangan Indonesia.
Healthy Focus. Diakses pada 2021. 7 Proven Health Benefits of Sapodilla.