• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kaya Antioksidan, Ini 5 Manfaat Daun Afrika bagi Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kaya Antioksidan, Ini 5 Manfaat Daun Afrika bagi Kesehatan

Kaya Antioksidan, Ini 5 Manfaat Daun Afrika bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 14 Juli 2022

“Ada berbagai manfaat daun afrika bagi kesehatan. Seperti misalnya mengontrol kadar gula darah hingga mengatasi gangguan pencernaan.”

Kaya Antioksidan, Ini 5 Manfaat Daun Afrika bagi KesehatanKaya Antioksidan, Ini 5 Manfaat Daun Afrika bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Antioksidan adalah senyawa yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari paparan radikal bebas. Untuk mendapatkannya, kamu perlu mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandungan vitamin C, E, dan karotenoid yang banyak terdapat dalam sayur dan buah.

Selain itu, antioksidan juga terdapat pada beberapa tanaman herbal, salah satunya daun afrika. Daun yang memiliki nama latin Vernonia amygdalina memiliki kandungan antioksidan di dalamnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Yuk, simak ulasan manfaat daun afrika bagi kesehatan berikut ini!

Manfaat Daun Afrika bagi Kesehatan

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, misalnya dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat hingga rutin berolahraga. Selain itu, penggunaan tanaman herbal juga banyak dipercaya mampu meningkatkan kesehatan hingga kekuatan tubuh. Bahkan, beberapa obat herbal dinilai bisa mengatasi beberapa penyakit tertentu.

Salah satunya adalah daun afrika yang dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Bahkan, ekstrak tanaman daun afrika telah lama digunakan di negara Nigeria, Zimbabwe, hingga Kamerun, sebagai obat herbal yang bisa mengatasi infeksi akibat bakteri dan parasit. 

Daun afrika masuk ke dalam keluarga Asteraceae dan memiliki lebar daun sekitar 6 milimeter. Daun afrika dikenal juga sebagai “daun pahit” karena memang rasanya sangat pahit. Untuk pengobatan herbal, daun afrika perlu direbus dalam air mendidih selama beberapa menit. Dengan begitu, rasa pahit akan sedikit berkurang.

Setelah itu, daun afrika baru bisa dikonsumsi agar kamu bisa merasakan manfaatnya. Berikut ini berbagai manfaat daun afrika bagi kesehatan:

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kandungan antioksidan dipercaya bisa mengatasi paparan radikal bebas yang memengaruhi pencernaan. Hal ini bisa memicu berbagai gangguan pencernaan yang menyebabkan kamu mengalami gangguan buang air besar, mual, hingga muntah. 

Dengan mengonsumsi daun afrika yang kaya antioksidan, kamu bisa mengurangi gejala gangguan pencernaan yang dirasakan. Kamu bisa mengonsumsi ekstrak daun afrika atau minum air rebusannya untuk merasakan langsung manfaatnya.

2.Mengobati Disentri Amuba

Disentri adalah peradangan dan infeksi pada usus yang menyebabkan diare mengandung darah atau lendir. Daun afrika dapat mengatasi gejala disentri amuba yang disebabkan oleh Entamoeba histolytica. Penggunaan daun afrika untuk mengatasi gangguan kesehatan ini hampir serupa dengan cara mengatasi gangguan pencernaan. 

3. Mencegah Penyakit Kanker

Terpenuhinya kandungan antioksidan dalam tubuh membuat tubuh terhindar dari paparan radikal bebas yang bisa memicu berbagai gangguan kesehatan, salah satunya kanker. 

Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi ekstrak daun afrika sebagai pencegahan penyakit kanker. Namun bukan itu saja, menjalani gaya hidup sehat dan menjalani pola makan tepat menjadi cara lain untuk mencegah penyakit kanker.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kamu bisa mengonsumsi rebusan air atau ekstrak daun afrika untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini disebabkan daun afrika memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. 

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Di negara-negara Afrika, daun ini dipercaya bisa mengontrol kadar gula darah sehingga digunakan sebagai pengobatan herbal untuk diabetes.

Itulah berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan dengan mengonsumsi daun afrika. Meskipun demikian, penggunaan obat herbal berbahan dasar daun ini bukanlah hal utama dalam mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Penelitian juga masih terus dilakukan untuk membuktikan manfaat daun afrika.

Selain dari buah dan sayur, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan antioksidan dengan mengonsumsi suplemen. Yuk, cek kebutuhan medis yang kamu perlukan melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

International Journal of Environmental Research and Public Health. Diakses pada 2022. Antioxidative and Chemopreventive Properties of Vernonia amygdalina and Garcinia biflavonoid.
Nourish by Web MD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Antioxidant.