• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kaya Gizi, Ini 7 Manfaat Ikan Patin bagi Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kaya Gizi, Ini 7 Manfaat Ikan Patin bagi Kesehatan Tubuh

Kaya Gizi, Ini 7 Manfaat Ikan Patin bagi Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 02 Agustus 2022

“Asam lemak omega-3 pada ikan baik untuk kesehatan otak, jantung, sistem kekebalan, dan mata. Ikan patin juga kaya akan vitamin D sehingga baik untuk tulang dan membantu penyerapan kalsium.”

Kaya Gizi, Ini 7 Manfaat Ikan Patin bagi Kesehatan TubuhKaya Gizi, Ini 7 Manfaat Ikan Patin bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta –   Ikan patin memang tidak tergolong populer seperti halnya ikan salmon. Namun, meski tidak termasuk ikan dengan harga tinggi, jangan anggap sepele ikan ini. Justru ikan patin kaya akan gizi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Ikan patin merupakan sumber vitamin B12 yang baik untuk tubuh. Nutrisi ini membantu tubuh membuat DNA dan menjaga saraf dan sel darah berfungsi dengan baik. Asam lemak omega-3 pada ikan patin juga baik untuk kesehatan otak, jantung, sistem kekebalan, dan mata. 

Informasi selengkapnya mengenai manfaat ikan patin bagi kesehatan tubuh bisa dibaca di sini!

Mengenal Manfaat Ikan Patin yang Kaya Gizi

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa ikan patin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain kandungan nutrisi B12 dan omega-3, ikan patin juga kaya akan vitamin D sehingga baik untuk tulang dan membantu penyerapan kalsium.

Berikut ini adalah manfaat ikan patin bagi kesehatan tubuh lainnya!

1. Membangun dan Memperbaiki Jaringan Otot

Protein dalam ikan patin adalah salah satu sumber energi utama yang menunjang kesehatan tubuh. Protein jugalah yang bertanggung jawab untuk membangun dan memperbaiki jaringan dan otot, serta berfungsi sebagai blok bangunan untuk banyak hormon, enzim, dan molekul lainnya. 

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebagai sumber protein yang padat nutrisi, ikan patin juga membantu penurunan berat badan dengan meningkatkan perasaan kenyang. Ikan ini juga merupakan pilihan yang baik untuk orang-orang yang sedang menjaga asupan kalori tetapi tetap ingin mendapatkan nutrisi yang cukup.

3. Meningkatkan Kesehatan Otak 

Ikan patin mengandung asam lemak omega-3 yang berperan dalam peningkatan kesehatan otak. Asam lemak omega-3 dapat membantu mengobati kondisi neurologis dan mental, termasuk kehilangan memori, attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), dan depresi. 

4. Meningkatkan Imun Tubuh

Mempertahankan kadar vitamin D yang optimal dapat dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai penyakit kronis. Vitamin D dapat diperoleh dengan mengonsumsi ikan patin. Dalam 143 gram ikan patin, kamu akan mendapatkan 181 persen nilai harian vitamin D yang dibutuhkan tubuh.

5. Memberikan Perlindungan pada Sistem Saraf

Ikan patin merupakan jenis ikan yang rendah merkuri. Makanan laut yang kadar merkurinya tinggi dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti kerusakan saraf, terutama pada anak-anak.

Nah, karena kandungan merkuri pada ikan patin rendah, kamu bisa makan ikan patin tanpa perlu khawatir. Namun, tetap perlu perhatikan cara pengolahannya ya.

Ikan patin yang digoreng dapat meningkatkan asupan lemak jenuh tidak sehat akibat dari minyak goreng. Cobalah untuk mengolah ikan patin dengan cara lain, seperti merebus, menumis, mengukus, atau memanggangnya. 

6. Baik untuk Kesehatan Mata

Ikan patin dapat membantu menjaga kesehatan mata. Asam lemak omega-3 membantu melindungi kesehatan mata. Kandungan asam lemak omega-3 juga baik untuk pengidap degenerasi makula terkait usia.

Adapun degenerasi manula adalah suatu kondisi ketika retina mengalami degenerasi dan penglihatan menjadi kabur. Umumnya lansia yang paling rentan mengalami kondisi ini. 

7. Menurunkan Depresi

Kadar omega-3 pada ikan patin juga dapat mencegah dan menurunkan depresi. Itulah sebabnya mengapa ikan patin disarankan untuk dikonsumsi sebagai bagian dari upaya menurunkan depresi.

Nah, itulah manfaat ikan patin yang kaya gizi sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kalau kamu punya masalah kesehatan tertentu dan butuh pemeriksaan dokter, segera buat janji pemeriksaan medis ke rumah sakit lewat aplikasi Halodoc. Belum punya aplikasinya, yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Is Catfish Healthy? Nutrients, Benefits, and More.
Livestrong.com. Diakses pada 2022. 3 Health Benefits of Catfish That Make It Worth Eating.
Health Guide.ng. Diakses pada 2022. 5 Amazing Health Benefits Of Catfish.